https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3327328018275889

5 Langkah Meneruskan Usaha Orang Tua yang Telah Meninggal

Langkah meneruskan usaha orang tua yang telah meninggal mungkin terlihat mudah dan tanpa hambatan, padahal sebenarnya ini adalah hal yang juga sulit untuk dilakukan. Terlebih jika pada dasarnya anak tidak pernah tahu-menahu mengenai bisnis yang dijalankan orang tuanya. Tentu saja untuk melanjutkan bisnis orang tua yang sudah dibangun susah payah akan menjadi semakin sulit.

Jika Anda adalah salah satu anak yang mendapatkan wasiat untuk  melanjutkan usaha milik orang tua yang sudah meninggal, beberapa hal berikut mungkin bisa jadi bahan pertimbangan untuk Anda.

Mengapa Usaha Orang Tua Harus Tetap Dilanjutkan?

usaha warisan orang tua

Meskipun orang tua sudah meninggal, akan tetapi usaha yang sudah dibangun harus tetap diteruskan. Bagi sebagian anak, melanjutkan usaha yang sudah dibangun orang tua mungkin akan membangun kesan bahwa mereka tidak bisa mandiri, bergantung pada orang tua, atau sebagainya.

Tapi tahukah Anda, mengapa usaha yang dirintis orang tua Anda justru harus dipertahankan dan diteruskan oleh keturunannya? Beberapa alasannya antara lain:

  • Meneruskan usaha orang tua adalah salah satu bentuk bakti anak kepada orang tua yang sudah meninggal.
  • Tak semata tentang uang, melanjutkan bisnis orang tua juga merupakan bentuk menjaga agar nilai perjuangan dan kenangan dalam keluarga tidak hilang begitu saja.
  • Bisa menjadi tempat belajar terbaik bagi Anda yang ingin serius menjalani dunia wirausaha.

Langkah Meneruskan Usaha Orang Tua yang Telah Meninggal

Bicara tentang cara atau langkah meneruskan usaha orang tua yang telah meninggal, tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan, dipelajari dan dimulai lagi dari 0.

Bagi Anda yang mungkin baru saja ditinggalkan orang tua, berikut ini adalah beberapa langkah melanjutkan bisnis orang tua.

1.      Tenangkan Hati dan Siapkan Mental

Langkah meneruskan usaha orang tua yang telah meninggal, pertama tenangkan hati dan siapkan mental terlebih dahulu. Anda mungkin masih dalam kondisi berduka sebab baru saja kehilangan orang tua. Akan tetapi, Anda juga tak bisa selamanya hidup dalam duka, ada saatnya bangkit dan memperjuangkan kembali apa yang sudah dibangun oleh orang tua Anda.

Bagi Anda yang sebelumnya belum pernah terjun di dunia bisnis, siapkan mental juga bahwa mungkin Anda akan memasuki dunia yang benar-benar baru. Anda harus siap mengosongkan gelas dan belajar banyak hal baru.

2.      Pelajari Sistem Bisnisnya

Jika sebelumnya Anda belum pernah ikut terjun langsung dalam usaha orang tua Anda, maka langkah meneruskan usaha orang tua yang telah meninggal yang perlu diambil adalah dengan mempelajari seluruh sistem bisnisnya. Mulai dari sistem produksi, pemilihan dan pembelian bahan baku, sistem penjualan, tata kelola keuangan, kepegawaian, dan segala hal tentang bisnis tersebut.

Jika bisnis orang tua Anda sudah besar, Anda juga bisa melakukan semacam training di masing-masing divisi agar lebih mendalami bisnis itu sendiri. Salah satu bagian terpenting di mana Anda harus benar-benar mempelajarinya adalah tata kelola keuangan, sebab ini merupakan hal paling krusial dalam suatu bisnis.

3.      Laksanakan Rapat Koordinasi

Jika Anda sudah mulai paham alur dari masing-masing divisi, lakukanlah rapat koordinasi bersama pihak yang bertanggung jawab pada masing-masing divisi tersebut. Bahas semua masalah yang ada selama ini, lalu diskusikan solusi terbaik untuk  mengatasinya.

Buka semua masalah yang ada agar nantinya Anda dapat mengelola bisnis dengan penuh rasa percaya dan tanpa ada curiga satu sama lain.

4.      Tak Ada Salahnya Menghubungi Konsultan Perusahaan

Langkah meneruskan usaha orang tua yang telah meninggal jika Anda menemui masalah yang rumit dan sulit untuk memecahkannya sendiri adalah bisa dengan menghubungi konsultan perusahaan. Tentu hal ini bukan semata-mata agar Anda dapat meminta keputusan tindakan, akan tetapi lebih kepada saran dan masukan.

Anda mungkin membutuhkan konsultan untuk lebih melihat lebih detail, apa sebenarnya masalah yang sedang dihadapi. Saran dari konsultan dapat dijadikan bahan pertimbangan, dan sebaiknya harus perlahan dalam menentukan keputusan.

Baca juga : Cara Mendaftar Bantuan UMKM dari Pemerintah Agar Diterima

5.      Menjalin Ulang Hubungan Relasi Perusahaan

Dalam suatu bisnis, perusahaan tentu pada umumnya memiliki relasi dengan perusahaan lain. Entah itu distributor produk, penyedia bahan baku, dan lain sebagainya. Saat orang tua Anda meninggal dan Anda ditunjuk menjadi pemimpin selanjutnya maka hal penting yang harus dilakukan adalah menjalin kembali hubungan dengan relasi.

Ini untuk menunjukkan bahwa usaha tersebut masih dijalankan, dan relasi bisnis masih akan berjalan di bawah kepemimpinan Anda.

Menjalankan bisnis orang tua mungkin bagi sebagian orang terkesan sepele, namun sebenarnya ada nilai perjuangan yang juga tak bisa dianggap remeh. Selain menjadi tanda bakti anak, mengelola bisnis peninggalan orang tua juga sekaligus menjadi tantangan tersendiri bagi anak muda. Beberapa langkah meneruskan usaha orang tua yang telah meninggal di atas bisa jadi pedoman untuk Anda agar setidaknya tahu apa yang perlu dilakukan.

 

5 Langkah Meneruskan Usaha Orang Tua yang Telah Meninggal | Malik | 4.5