https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3327328018275889

7 Contoh Tanaman Hias yang Tahan Panas Cocok bagi Yang Malas Ngerawat

Tanaman hias jadi ide menarik yang bisa dilakukan untuk mempercantik pekarangan rumah sekaligus menghabiskan waktu di masa pandemi. Tak hanya memberi kesan indah, namun tanaman hias juga memberi segudang manfaat untuk kesehatan, baik fisik maupun mental. Dan pada pembahasan ini kami akan memberikan beberapa contoh tanaman hias yang tahan panas matahari.

Dengan menanam tanaman hias yang tahan panas matahari, Anda tidak perlu repot-repot memindahkannya setiap saat. Selain itu, tanaman hias yang tahan panas juga cenderung mudah dirawat dan bisa tumbuh dengan baik sehingga cocok bagi pemula.

Contoh Tanaman Hias yang Tahan Panas Matahari

Merawat tanaman hias memang bukan perkara mudah, apalagi untuk pemula yang belum pernah melakukannya. Tapi tenang saja, beberapa contoh tanaman hias yang tahan panas matahari di bawah ini bisa jadi referensi yang cocok untuk Anda.

  1. Lili Paris

Lili Paris

Tanaman ini menjadi salah satu jenis tanaman hias yang populer di Indonesia. Lili Paris mampu bertahan hidup dengan baik di cuaca yang dingin maupun panas. Tanaman Lili Paris juga mudah dirawat dan mampu menyesuaikan diri dengan cuaca di sekitarnya.

Bentuknya memanjang dengan kombinasi warna hijau dan putih di area pinggirnya. Anda bisa menyimpan tanaman ini di pekarangan rumah maupun menjadikannya tanaman gantung di dalam ruangan untuk menambah kesan estetik.

  1. Kaktus

Selain Lili Paris, Anda bisa memilih kaktus sebagai tanaman hias yang tahan panas matahari dan perawatannya terbilang mudah. Kaktus merupakan tanaman dengan habitat yang cuacanya panas sehingga tak heran apabila tanaman ini mampu bertahan saat terkena panas matahari.

Kaktus juga menjadi tanaman yang cocok untuk pemula karena perawatannya terbilang mudah. Anda tidak perlu terlalu banyak menyiraminya, cukup satu minggu sekali saja. Merawat tanaman ini tidak membutuhkan banyak waktu dan tenaga sehingga cocok bagi Anda yang sibuk.

Selain itu, hal menarik lainnya dari kaktus adalah macam-macam jenis dan tipe yang beragam. Dijamin Anda tidak akan bosan karena tanaman ini memiliki banyak jenis berbeda.

  1. Euphorbia

Euphorbia

Tanaman Euphorbia atau yang sering disebut bunga kancing adalah tanaman hias yang juga tahan terhadap panas matahari. Meski belakangan ini Euphorbia mulai terlupakan, tapi bunga yang cantik ini tetap cocok dijadikan dekorasi rumah Anda agar terlihat lebih cantik.

Bunga Euphorbia memiliki warna pink yang menyala. Warnanya akan semakin cerah apabila intensitas cahaya matahari tercukupi dan Anda merawatnya dengan sungguh-sungguh. Selain cantik, bunga ini juga memiliki banyak manfaat. Di antaranya seperti mengontrol oksigen menjadi lebih baik hingga membuat suasana di sekitar rumah semakin asri.

  1. Bougenville

Anda pastinya sudah tidak asing dengan tanaman yang satu ini. Ya, bunga Bougenville memang terkenal sebagai tanaman yang perawatannya mudah dan tahan terhadap sinar matahari. Di suhu panas Bougenville justru mampu mengeluarkan bunga yang semakin banyak.

Bunga yang satu ini sangat cocok untuk pemula dan seringkali menjadi contoh tanaman hias yang tahan panas matahari dan mudah dirawat. Anda tidak perlu terlalu sering menyiramnya karena Bougenville cukup banyak menyimpan cadangan air.

Namun pastikan Anda menyiapkan media tanam yang tepat dan memangkas bunga Bougenville dengan baik agar dapat menghasilkan bunga yang rimbun.

  1. Lidah Mertua

Contoh tanaman hias yang tahan panas matahari selanjutnya adalah Lidah Mertua. Tanaman ini sangat populer di Indonesia dan mampu bertahan di suhu hingga 37 derajat celcius. Dengan kemampuan itu, tanaman Lidah Mertua hampir bisa tumbuh di seluruh daerah di Indonesia.

Selain mampu memperindah rumah, perawatan tanaman Lidah Mertua juga terbilang mudah. Bahkan tanaman ini memberi banyak manfaat, seperti antiseptik dan mampu membunuh kuman.

  1. Palem

Tanaman palem hias

Anda menyukai bentuk tanaman yang panjang dan sedikit meruncing? Kalau begitu, Palem bisa jadi salah satu contoh tanaman hias yang tahan panas matahari dan cocok buat Anda. Tanaman ini terbilang mudah dirawat karena asupan airnya langsung dari tanah sehingga tak perlu sering disiram.

Selain itu, sifatnya tahan panas dan matahari sehingga Anda tidak perlu repot memindahkannya kala hujan maupun saat matahari sedang menyengat terik. Tanaman ini juga bisa ditemukan dengan mudah di berbagai daerah dan cocok untuk menghiasi pekarangan rumah Anda.

Baca juga : 8 Tips Berbisnis Tanaman Hias Modal Terbatas yang Bisa Anda Lakukan!

  1. Kamboja

Untuk rekomendasi tanaman hias tahan panas yang terakhir adalah bunga Kamboja. Bunga berwarna putih cantik dengan sedikit aksen kuning di bagian tengahnya ini menjadi tanaman yang mudah ditanam dan mampu tumbuh dengan cepat.

Anda tak perlu khawatir kalau tanaman ini layu akibat sinar matahari karena bunga kamboja sangat kuat menahan suhu panas. Bahkan saat hujan pun tanaman ini tetap bisa tumbuh dengan cantik dan membuat pekarangan rumah semakin asri.

Demikianlah beberapa contoh tanaman hias yang tahan panas matahari dan cocok untuk pemula karena perawatannya sangat mudah, semoga bermanfaat!

7 Contoh Tanaman Hias yang Tahan Panas Cocok bagi Yang Malas Ngerawat | Malik | 4.5