Cara Daftar Bansos Kemensos dan Syarat Penerimanya

Pemberlakuan PPKM Darurat di Jawa-Bali kembali diperpanjang hingga 30 Agustus 2021. Dalam periode tersebut, pemerintah mengeluarkan bantuan sosial (bansos) yang dapat dicairkan oleh masyarakat yang berhak menerimanya. Maka dari itu Anda perlu mengetahui cara daftar bansos Kemensos agar nilai bantuan bisa segera dicairkan.

 Bansos Kemensos

Bansos Kemensos

Sebagai tambahan informasi, bansos diprioritaskan oleh pemerintah untuk masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Sejauh ini pemerintah telah mengeluarkan beberapa program bansos dengan nilai lebih dari Rp 36 triliun.

Macam Macam Bansos dari Pemerintah Indonesia

Sebelum membahas cara daftar bansos Kemensos, ada baiknya Anda mengetahui macam-macam bantuan yang sudah dikeluarkan pemerintah. Sejak Covid-19 ditetapkan sebagai pandemi dan bencana nasional, pemerintah telah aktif berperan menggelontorkan dana bansos sebagai bentuk bantuan kepada masyarakat.

Setidaknya ada 10 jenis bansos yang selama ini telah dikeluarkan, yaitu:

  1. Bantuan Program Keluarga Harapan atau PKH.
  2. Bantuan Pangan Non Tunai atau BPN.
  3. Bantuan Sosial Tunai yang disalurkan lewat Kantor Pos.
  4. Bantuan Sembako Pangan atau BSP.
  5. Bantuan sosial Tunai yang disalurkan lewat Himpunan Bank Milik Negara.
  6. Bantuan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau Bantuan UMKM.
  7. Bantuan Langsung Tunai atau BLT Dana Desa.
  8. Subsidi gaji karyawan atau Kartu Prakerja.
  9. Bantuan tunai dan sembako dari Provinsi dan Kabupaten Dareah atau Kota.
  10. Subsidi listrik.

Berbagai bantuan sosial telah diberikan oleh pemerintah untuk membantu kebutuhan masyarakat yang terdampak Covid-19, baik secara langsung maupun tak langsung. Harapannya lewat bantuan tersebut beban masyarakat bisa sedikit teringankan sehingga tetap dapat menjaga kesehatan sekaligus mempertahankan perekonomian.

Syarat Mendapat Bansos Kemensos 2021

Bagi masyarkat yang merasa berada dalam kondisi keluarga kurang mampu dan terdampak Covid-19, maka berhak mendapatkan bantuan sosia dari pemerintah. Dan berikut ini beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum Anda mengaplikasikan cara daftar bansos Kemensos tahun ini:

  1. Penerima bansos adalah masyarkat yang masuk dalam daftar yang sudah didata oleh Rukun Tetangga (RT) atau Rukun Warga (RW) setempat.
  2. Penerima bansos termasuk golongan yang terdampak Covid-19 dan kehilangan pekerjaan di masa pandemi.
  3. Penerima bantos bukan bagian dari daftar penerima bantuan lain seperti Kartu Sembako, PKH, BPNT, dan Prakerja.

Jika beberapa syarat di atas terpenuhi, maka Anda bisa segera mengajukan cara daftar bansos Kemensos. Namun apabila Anda tidak memenuhi syarat, sebaiknya Anda tidak mengajukan diri dan membagikan informasi ini kepada orang lain yang lebih berhak menerimanya.

Bagaimana Cara Daftar Bansos Kemensos?

Pendaftaran bantuan sosial dari Kemensos sudah bisa dilakukan mulai sekarang. Berikut beberapa cara daftar bansos Kemensos perlu Anda lakukan:

  1. Cara yang paling mudah adalah melakukan konfirmasi langsung ke pihak pengurus desa atau RT RW setempat apabila data Anda belum dimasukkan ke daftar penerima bansos.
  2. Jika Anda memenuhi syarat dari penerima bansos, Anda akan mendapat surat pemberitahuan yang berisi teknis pendaftaran di tempat yang telah ditentukan.
  3. Setelah itu Anda diminta untuk membawa beberapa berkas data diri seperti KTP, KK, dan kode untuk keluarga dalam data terpadu.
  4. Data yang sudah dikumpulkan akan diproses oleh bank negara, kelurahan, dan kantor walikota/kabupaten.
  5. Untuk penerima BPNT, Anda akan diberikan rekening bank untuk mendapat KKS atau Kartu Keluarga Sejahtera.
  6. Setelah terdaftar, Anda bisa memeriksa apakah termasuk di daftar penerima bansos Kemensos atau tidak.

Itulah 6 langkah yang perlu Anda lalui sebagai cara daftar bansos Kemensos. Sejauh ini, pendaftaran bansos bisa dilakukan dengan langsung mendatangi kantor kelurahan setempat di domisili tinggal Anda.

Cara Cek Daftar Penerima Bansos

Setelah Anda melakukan pendaftaran, maka Anda bisa melakukan pengecekan untuk mengetahui apakah nama Anda sudah terdaftar sebagai calon penerima bansos. Biasanya butuh waktu sekitar 1-3 hari kerja setelah pendaftaran agar database berhasil menyimpan nama Anda sebagai penerima bansos.

Baca juga : Mengenal Whatsapp Marketing dan Berbagai Tools yang Bisa Anda Manfaatkan

Berikut beberapa langkah untuk cek penerima bansos Kemensos:

  1. Buka situs resmi cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Setelah itu Anda akan masuk ke laman pertama dan diharuskan menginput data diri.
  3. Isi data diri Anda sesuai KTP.
  4. Masukkan empat kode yang tertera di kotak yang tersedia.
  5. Jika data sudah lengkap, klik “Cari” lalu akan muncul data penerima bansos.
  6. Kemudian Anda bisa melihat keterangan jenis bansos apa yang diberikan.

Apabila nama Anda belum terdaftar sebagai penerima Bansos maka Anda bisa melakukan konfirmasi ke perangkat desa atau kelurahan setempat. Namun ada juga kemungkinan jika nama Anda tidak termasuk sebagai golongan masyarakat yang berhak menerima bansos.

Demikianlah beberapa ulasan singkat yang bisa dibagikan seputar cara daftar bansos Kemensos dan syaratnya, semoga bermanfaat!

Cara Daftar Bansos Kemensos dan Syarat Penerimanya | Malik | 4.5
error: Content is protected !!