Dijamin Laris, Begini 6 Tips Memulai Bisnis Masker Kain yang Benar!

Cara memulai bisnis masker ini banyak dicari. Pasalnya masker ini menjadi kebutuhan yang tidak pernah lekang oleh waktu, selama pandemi belum berakhir kebutuhan akan masker akan terus ada bahkan mengalami peningkatan. Karena adanya fenomena ini membuat masker khususnya adalah masker medis ini cukup langka dan harganya juga mahal.

bisnis masker

bisnis masker

Saat ini ada anjuran masker dobel sehingga industri atau usaha masker kain semakin menggeliat. Masker kain ini dijadikan sebagai masker luaran sehingga bisa memberikan manfaat dan proteksi yang lebih maksimal. Dengan adanya peluang ini membuat Anda bisa berbisnis masker karena akan banyak dicari. Berikut ini adalah cara memulai bisnis masker yang bisa Anda lakukan:

Tentukan Kain yang Akan Digunakan

Yang harus dipersiapkan ketika memulai usaha masker adalah kain yang akan digunakan membuat masker. Masker kain yang berkualitas ini terbuat dari kain yang berkualitas pula. Meski Anda memiliki modal yang terbatas namun jangan pernah mengabaikan kualitas dari kain yang ingin Anda gunakan.

Kain yang disarankan ini adalah tidak terlalu tipis. Disarankan juga jangan menggunakan kain tidak terlalu tebal supaya tidak sesak nafas saat digunakan. Hal yang tidak boleh dilupakan adalah jangan memilih kain dengan serat yang renggang karena membuat virus mudah masuk.

Kain terbaik yang bisa Anda pilih adalah yang tidak berubah bentuk meski dicuci dengan menggunakan mesin cuci. Kain yang buruk adalah yang longgar dan mudah menjadi ciut ketika dicuci dan dikeringkan dengan mesin cuci. Besaran modal yang dibutuhkan ini berbeda-beda tergantung dengan bahan kain yang Anda pilih.

Siapkan Peralatan Lainnya

Tips memulai bisnis masker selanjutnya adalah Anda bisa menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Anda bisa menyiapkan tali masker, benang untuk menjahit dan sebagainya. Rata-rata industri masker rumahan ini harus menyediakan modal kurang lebih 500 ribu rupiah untuk memproduksi masker.

Jika masker Anda berkualitas akan banyak yang membeli masker Anda. Harga jual per piecesnya ini bisa disesuaikan dengan modal yang Anda keluarkan. Meski begitu jangan membanderol dengan harga terlalu mahal dan terlalu murah, Anda bisa melakukan survey atau perbandingan harga. Umumnya satu pcs masker dibanderol mulai dari 5 ribu rupiah.

Buat Masker Kain Terbaik

Cara memulai bisnis masker kain selanjutnya adalah ketahui bagaimana cara membuat masker kain terbaik. Konsumen akan memperhatikan bagaimana jahitan dari masker tersebut, jika tidak rapi dan jahitan tidak kuat akan membuat masker tersebut mudah rusak.

Sebenarnya bisa saja Anda membeli masker kain dari konveksi atau produsen kemudian dijual kembali namun cara ini tidak direkomendasikan karena monoton dan kurang menarik. Anda bisa mendesain masker yang unik dengan jahitan rapi dan kuat sehingga lebih menarik.

Persiapkan Alatnya

Setelah semua bahan sudah tersedia maka hal yang bisa dilakukan adalah menyiapkan alat-alatnya. Beberapa alat yang dibutuhkan adalah menyiapkan mesin jahit. Anda juga harus menyiapkan jarum, gunting, jarum pentul, penggaris dan juga pensil. Sedangkan untuk bahannya adalah Anda bisa membuatnya dari kain katun atau spunbond.

Ketahui Standar

Cara memulai bisnis masker yang bisa dilakukan selanjutnya adalah Anda harus memperhatikan standar dan anjuran yang diberlakukan. Pemerintah ini menganjurkan masker kain yang dibuat dobel dan tidak hanya satu lapis saja supaya bisa memberikan perlindungan yang maksimal. Anda bisa melapisinya dengan kain spunbond non woven fabric. Kain ini cocok untuk masker kain  dengan 3 lapisan.

Baca juga : 6 Alasan Anda Perlu Ajukan Pinjaman Bisnis Saat Pandemi

Selain membuat beberapa lapis, Anda bisa memproduksi masker kain yang menutup bagian tepi wajah secara sempurna. Ada juga tali pengikat yang mengikat bagian telinga bagi yang berhijab bisa menambahkan tali yang mengikat sampai kepala belakang. Buat juga masker yang tidak menghalangi nafas.

Promosi yang Tepat

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah Anda bisa promosi dengan cara yang tepat. Promosi ini harus dilakukan dengan cara yang matang terlebih lagi aktivitas masyarakat di luar rumah dibatasi. Anda tidak bisa melakukan pemasaran offline secara maksimal sehingga pemasaran online ini bisa Anda lakukan.

Promosi ini bisa menggunakan sosial media seperti Facebook, Instagram dan juga status WhatsApp.  Anda bisa memanfaatkan marketplace seperti Shopee, Tokopedia dan sebagainya sehingga bisa menjangkau konsumen lebih dekat.

Kesalahan yang Harus Dihindari

Jika Anda ingin berbisnis masker kain Anda harus menghindari beberapa kesalahan seperti menggunakan warna polos. Hindari menggunakan warna biru maupun putih polos karena akan menyerupai masker bedah sekali pakai dan hal ini bisa membingungkan bagi pengguna. Anda juga bisa menghindari warna hijau sehingga masker kain bermotif bisa Anda pilih.

Hindari pula warna sisi luar dan juga dalam warna sama. Hal ini tidak disarankan karena pengguna akan terbalik sisi dalam dan sisi luar sehingga virus ini justru akan menjadi pindah ke wajah terutama sehabis dilepas dan ingin digunakan kembali. Buat warna luar dan dalaman masker ini berbeda. Jika terpaksa sama maka Anda harus memberikan tanda pada bagian luar masker.

Memulai bisnis masker ini mudah terlebih lagi saat ini menjadi barang yang banyak dibutuhkan oleh semua usia sehingga terjamin laku, lakukan beberapa cara diatas untuk membuat bisnis Anda berjalan sesuai dengan harapan, semoga informasi ini bermanfaat.

Dijamin Laris, Begini 6 Tips Memulai Bisnis Masker Kain yang Benar! | Malik | 4.5
error: Content is protected !!