Pilih Mana Belanja di Tokopedia atau Shopee? Ketahui Dulu Perbedaannya!

Pilih mana belanja di Tokopedia atau Shopee?. Kedua marketplace raksasa tersebut begitu dicintai oleh masyarakat Indonesia. Bahkan traffic pengunjung keduanya setiap bulan fantastis, hal itu menandakan bahwa banyak yang menggunakan kedua marketplace ini untuk melakukan pembelian atau penjualan. Bahkan keduanya bersaing untuk menduduki posisi jawara marketplace di Indonesia, posisi satu dan dua selalu diduduki oleh kedua marketplace ini dan belum ada marketplace lain yang bisa menggantikan posisi keduanya.

 Tokopedia atau Shopee

Tokopedia atau Shopee

Pilih mana belanja di Tokopedia atau Shopee? Pertanyaan itu memang mewakili kebimbangan dari sejuta umat di Indonesia. Ada beberapa pertimbangan dalam memilih Shopee atau Tokopedia sebagai marketplace untuk melakukan pembelian seperti berikut ini:

Ingin Beli Apa

Hal pertama yang bisa Anda pertimbangkan adalah ingin membeli apa. Barang yang ditawarkan kedua marketplace ini berbeda karena memang pangsa pasarnya berbeda. Jika dilihat dari jenis produknya Shopee dan Tokopedia ini memiliki keunggulan barang yang berbeda. Shopee ini unggul dalam menyediakan produk seperti gaya terbaru, outfit dan juga pernak pernik yang lucu.

Shopee ini juga unggul dalam tren kecantikan maupun dekor yang sedang hype di pasaran. Oleh sebab itu jika Anda ingin membeli skincare maka Shopee ini bisa menjadi pilihan. Tokopedia ini unggul dalam penjualan gadget, alat berat dan juga alat kesehatan. Selain itu Tokopedia diunggulkan dalam produk kebutuhan untuk mendekorasi ruangan sampai dengan kebutuhan rumah tangga. Dengan mengetahui produk dan barang unggulan dari dua marketplace tersebut bisa tahu Anda harus berbelanja kemana.

Gender

Gender ini juga berpengaruh terhadap pertimbangan membeli di Tokopedia dan Shopee. Berdasarkan survei yang dilakukan di akhir tahun 2019 ini menyebutkan kecenderungan belanja sesuai dengan gender atau jenis kelamin.

Pada akhir tahun tersebut menyebutkan bahwa gender perempuan lebih banyak berbelanja di Shopee sedangkan laki-laki lebih banyak berbelanja di Tokopedia. Hal ini sangat wajar karena produk yang menjadi unggulannya berbeda. Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa Tokopedia identik dengan barang-barang yang dicari oleh laki-laki sedangkan Shopee lebih banyak produk kecantikan, fashion dan barang lucu yang sedang hype.

Aspek kedua adalah fiturnya. Jika Anda membuka Shopee Anda tidak hanya bisa berbelanja saja namun juga bisa bermain game dan bisa menanam benih. Anda juga bisa menyirami tanaman milik orang lain. Shopee ini juga memiliki fitur live yang sangat seru. Fitur ini yang banyak membuat kaum hawa menyukai Shopee.  Jika Anda ingin tidak hanya sekadar berbelanja maka Shopee bisa menjadi pilihan. Namun jika Anda ingin langsung berbelanja saja maka Tokopedia ini bisa menjadi pilihan.

Harga dan Ongkos Kirim

Pilih mana belanja di Tokopedia atau Shopee? Anda bisa mempertimbangkan harga dan juga ongkos kirim. Banyak pengguna yang mengulas jika Shopee ini sering menawarkan gratis ongkir dibandingkan dengan Tokopedia. Bahkan harga produk dari Shopee ini jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan Tokopedia.

Sebagai pembeli hal ini sangat menguntungkan karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk ongkos kirim tersebut. Namun jika Anda sebagai penjual, fitur gratis ongkir ini akan menyulitkan penjual bahkan imbasnya ke pendapatan kurir. Hal ini pernah ramai diberitakan dan menjadi trending topic yang ada di Twitter.

Cash atau Bayar Nanti

Ada banyak pertimbangan saat Anda ingin memilih belanja di Tokopedia atau Shopee ini. Hal itu karena ada beberapa aspek yang mempengaruhinya. Salah satunya adalah apakah Anda ingin membayarnya dengan cash secara langsung atau membayarnya nanti. Aspek ini penting karena sistem pembayaran yang diberlakukan oleh kedua marketplace ini berbeda.

Untuk fitur pembayaran ini Shopee memiliki Shopee PayLater sehingga Anda bisa membeli saat ini dan dibayarnya nanti. Hal ini memudahkan bagi Ada yang tidak memiliki sejumlah uang untuk membayar secara langsung. Pembayarannya bisa ditangguhkan sampai dengan tanggal jatuh tempo.

Baca juga : Apa Saja Keuntungan dan Jenis Layanan PayLater?

Misalnya saja adalah Anda memilih jatuh tempo tanggal 5 maka tagihannya akan muncul pada tanggal 25. Jika Anda memilih jatuh tempo pada tanggal 11 maka tagihan ini akan muncul pada setiap tanggal 1 sehingga tanggal jatuh tempo ini bisa Anda pilih sendiri. Limit yang akan Anda dapatkan ini sudah ditentukan oleh Shopee dimana batas maksimalnya 15 juta rupiah.

Tokopedia pun sebenarnya bisa untuk membayar nanti namun pendanaannya terpisah dengan sistem Tokopedia itu sendiri. Tokopedia ini bekerja sama dengan platform lain seperti Indodana PayLater, OVO PayLater, Kredivo dan sebagainya sehingga Anda harus melakukan pendaftaran pada platform tersebut terlebih dahulu.

Dari segi kepraktisan tentu Shopee ini lebih praktis karena di satu platform yang sama Anda sudah bisa melakukan berbagai macam transaksi. Anda tidak harus mendaftar di platform yang lainnya sehingga hal ini membuat Anda lebih praktis dalam berbelanja.

Pilih mana belanja di Tokopedia atau Shopee? Beberapa hal diatas bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan sebelum berbelanja karena memang setiap platform memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, semoga informasi ini bermanfaat.

Pilih Mana Belanja di Tokopedia atau Shopee? Ketahui Dulu Perbedaannya! | Malik | 4.5
error: Content is protected !!