Pusing Terlilit Hutang? Ini 8 Cara Agar Terbebas Hutang Di Masa Pandemi Paling Jitu!

Cara agar terbebas hutang di masa pandemi wajib diketahui oleh semua orang. Pasalnya di ekonomi yang tidak pasti dan semakin memburuk ini hutang menjadi salah satu cara untuk mendapatkan dana segar, namun yang sering menjadi permasalahan adalah saat pembayaran. Banyak yang mengeluh tidak bisa membayar hutang saat waktu pelunasan tiba.

Cara agar terbebas hutang di masa pandemi

Cara agar terbebas hutang di masa pandemi

Tentunya di saat pandemi yang serba susah ini Anda tidak ingin kondisi semakin susah akibat hutang menumpuk, oleh sebab itu penting untuk tahu bagaimana cara mengatur finansial Anda. Berikut ini adalah beberapa cara agar terbebas hutang di masa pandemi yang bisa Anda lakukan:

Maksimal Utang 35%

Cara agar terbebas hutang di masa pandemi yang pertama adalah maksimal utang 35%. Jika lebih dari 35% akan membuat finansial Anda akan menjadi terganggu. Cicilan yang terlalu banyak di masa pandemi ini akan membuat kualitas hidup ini menjadi menurun. Kemampuan Anda untuk mencukupi kebutuhan hidup per bulan ini bisa menjadi terganggu. Anda akan semakin sulit di dalam menyisihkan uang khusus dana darurat, kebutuhan proteksi sampai dengan investasi jangka panjang.

Ketahui Estimasi Cicilan

Cara agar terbebas hutang di masa pandemi adalah Anda bisa mengetahui estimasi cicilannya. Sebelum Anda mengajukan cicilan kredit Anda wajib untuk menghitung perkiraan cicilan yang akan dibayarkan. Hal ini untuk bisa memudahkan Anda dalam memperkirakan cicilan. Hitung dengan cermat agar Anda tidak salah mengestimasi.

Hindari Hutang Jika Dana Darurat Tidak Cukup

Cara yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah hindari hutang jika dana darurat yang Anda miliki tidak cukup. Besar kemungkinannya rasio hutang terhadap aset atat DSR Anda ini masih sehat. Jika jumlah aset lancar sedikit hal ini akan sangat berbahaya. Idealnya dana darurat Anda ini tiga sampai dengan enam kali dari pengeluaran bulanan. Besaran dana ini juga sangat tergantung dengan status maupun resiko perjalanan Anda.

Jika masih lajang dan juga tidak memiliki tanggungan maka Anda cukup memiliki dana darurat tiga kali dari pengeluaran bulanan namun jika sudah berkeluarga dana darurat ini tiga kali pengeluaran tidak akan cukup maka minimal enam kali dari pengeluaran darurat. Pastikan dana itu sudah ada sejak Anda mengajukan kredit.

Analisis Hutang

Cara agar terbebas hutang di masa pandemi yang bisa dilakukan selanjutnya adalah Anda bisa melakukan analisis soal hutang. Anda perlu mencari tahu jenis hutang apa saja yang Anda miliki misalnya saja adalah KPR, KTA atau kartu kredit. Anda juga harus mengetahui pola jumlah dari hutang itu, bunga dan juga pola cicilan apa akan semakin berkurang atau sebaliknya. Jika pernah terkena denda maka Anda harus menghitung jumlah hutang Anda. Tujuannya adalah untuk tahu berapa jumlah dana dan uang yang harus Anda sisihkan untuk bisa bebas dari hutang tersebut.

Evaluasi Keuangan

Hal ini yang sering dilewatkan oleh Anda. Banyak yang tidak mencatat pengeluaran maupun menilai keuangan karena anggap hal itu membuang waktu. Padahal hal ini penting untuk dilakukan. Tujuannya adalah untuk tahu apa saja yang terjadi dan apa pengeluaran itu bisa dikurangi atau dana bisa dialihkan ke hal yang lebih penting yaitu untuk melunasi hutang.

Terbuka Soal Hutang

Agar bisa terbebas dari hutang di masa pandemi penting bagi Anda untuk terbuka dalam soal hutang.  Banyak yang menganggap jika hutang ini adalah aib sehingga tidak mengherankan jika banyak yang kemudian tertutup soal hutang yang dimiliki ini. Namun yang harus Anda ketahui adalah terbuka soal hutang ini bisa mendatangkan solusi.

Terbuka dengan keluarga tentang hutang ini akan bisa menumbuhkan dukungan dari segi mental bahkan bisa juga dari finansial.  Faktor ikatan keluarga ini juga bisa membuat mereka sukarela membantu Anda terbebas dari hutang.

Bantuan Profesional

Jika Anda sudah kesulitan untuk menemukan solusi yang tepat untuk melunasi hutang Anda maka hal yang bisa Anda lakukan adalah mencari bantuan profesional.  Bantuan yang bisa Anda dapatkan adalah konsultan keuangan. Memang jasanya ini tidak gratis namun mereka memiliki skill dan ilmu yang mumpuni untuk memecahkan masalah hutang Anda.

Baca juga : 7 Peluang Usaha Saat Pandemi yang Menjanjikan

Hasil yang didapatkan ini memuaskan dan akan benar-benar membantu Anda, serahkan pemecahan masalah hutang Anda kepada ahlinya. Setelah itu Anda bisa fokus ke tenaga dan pikiran agar lebih produktif dalam mendapatkan penghasilan tambahan supaya bebas dari hutang.

Restrukturisasi

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan adalah melakukan restrukturisasi utang. Langkah terakhir ini bisa dilakukan bagi Anda yang kesulitan dalam membayar hutang sehingga pembayaran macet di tengah jalan. Kebijakan yang bisa Anda dapatkan adalah menurunkan suku bunga kredit, perpanjangan jangka waktu kredit, mengurangi tunggakan bunga kredit, mengurangi tunggakan pokok kredit, menambah fasilitas kredit dan yang terakhir adalah konversi kredit menjadi penyertaan modal sementara.

Jangan berhutang jika memang kondisinya tidak mendesak. Jika sudah berhutang, lakukan cara agar terbebas hutang di masa pandemi di atas, Anda bisa melakukannya satu per satu atau bisa juga beberapa sekaligus agar hutang tidak membebani kehidupan Anda lagi, semoga informasi ini bermanfaat.

Pusing Terlilit Hutang? Ini 8 Cara Agar Terbebas Hutang Di Masa Pandemi Paling Jitu! | Malik | 4.5
error: Content is protected !!