Ini 10 Urutan E-Commerce Terlaris di Indonesia, Traffic Pengunjung Fantastis!

Urutan e-commerce terlaris di Indonesia kadang berubah setiap tahunnya. Namun ada juga yang tetap bisa mempertahankan posisinya sebagai jawara. Di Indonesia sendiri terdapat berbagai macam e-commerce terbaik yang ikut meramaikan perdagangan online. Di masa pandemi seperti saat ini transaksi online yang terjadi setiap harinya meningkat. Pembatasan mobilitas menjadi penyebab mengapa transaksi online ini lebih banyak disukai dibandingkan dengan offline.

Urutan e-commerce terlaris di Indonesia

Urutan e-commerce terlaris di Indonesia

Beberapa e-commerce yang ada di Indonesia pun sudah ada yang statusnya unicorn sehingga banyak orang tertarik untuk mengetahui apa saja e-commerce terbaik dan juga terlaris di Indonesia.  Berikut ini adalah urutan e-commerce terlaris di Indonesia yang menarik untuk diketahui:

Zalora

Pada posisi ke-10 ini ditepati oleh Zalora. Sebagai marketplace fashion dan kecantikan Zalora mampu menorehkan jumlah pengunjung sebesar 2 juta per bulan. Sistem bisnis yang diusung oleh marketplace satu ini adalah bisnis inventory. Pertama kali didirikan pada tahun 2012, platform ini menyediakan berbagai macam produk. Kurang lebih ada 500 brand lokal dan internasional. Selain kedua produk tersebut Zalora juga menjual aneka produk peralatan rumah tangga dan juga produk gaya hidup.

JD.ID

Urutan e-commerce terlaris di Indonesia ke-9 ada JD.ID. Marketplace satu ini beroperasi di Indonesia pada November 2015. JD.ID ini memiliki jumlah pengunjung yang cukup banyak yaitu 4 juta per bulannya. Berdasarkan survei, alasan mengapa banyak yang berbelanja adalah tagline “Dijamin ORI” yang membuat banyak orang tertarik berbelanja di JD.ID ini. Di platform ini Anda juga akan mendapatkan gratis ongkir sehingga tidak mengeluarkan biaya untuk pengiriman.

Ralali

Merupakan marketplace B2B yang memiliki kunjungan sebesar 4,4 juta per bulan. Produk yang bisa ditemukan disini adalah keperluan Horeca, bahan bangunan bahkan peralatan kantor. Hal yang membuat marketplace ini menarik adalah permintaan harga, bantuan modal, layanan logistik, penghubung brand dan juga distributor, layanan logistik dan sebagainya.

Orami

Merupakan marketplace parenting dengan total pengunjung yang cukup banyak yaitu 5,3 juta per bulan. Marketplace ini sedikit beda dengan yang lainnya. Yang menjadi target market dari Orami ini adalah segmentasi orang tua dan juga ibu hamil.

Orami ini juga berbeda dibandingkan dengan marketplace sebelumnya yang mana akan mengambil barang dari sebuah brand kemudian menjual. Artinya adalah penjualan ini dilakukan oleh marketplace langsung. Beberapa kategori produk yang dijual adalah produk untuk ibu hamil dan juga menyusui. Ada juga kategori perabotan kamar bayi, mainan, perawatan bayi dan anak serta lainnya.

Bhinneka

Bhinneka ini menjadi marketplace keenam yang memiliki kunjungan cukup banyak. Setiap bulan kunjungan sebesar 6 juta. Marketplace ini hadir pada tahun 1999 dan hanya menjual produk elektronik saja. Hingga saat ini Bhinneka memiliki merchant yang mana menjual berbagai macam produk mula dari otomotif, keperluan industri dan lain sebagainya. Selain itu Bhinneka menguatkan posisinya sebagai marketplace dengan memenuhi bisnis B2B, selain itu juga kerjasama dengan pemerintah atau B2G.

Blibli

Di posisi lima besar ditempati oleh Blibli. Marketplace satu ini memiliki traffic 4,8% dimana kunjungan Blibli perbulannya mencapai 18,52 juta. Pengunjung unik bulanan mencapai traffic 9,64 juta. Blibli ini milik dari Djarum Grup. Konsumen membeli di platform satu ini karena reputasinya yang baik dan produk juga otentik.  Kategori produk yang ditawarkan adalah elektronik, fashion dan juga bahan makanan.

Lazada

Urutan keempat ditempati oleh Lazada yang mana dimiliki oleh Alibaba Group. Pengunjung 30 juta per bulan dan banyak yang membeli disini karena harganya terjangkau dan memiliki reputasi yang baik.  Produk yang dicari di Lazada ini adalah elektronik dan juga fashion. Lazada ini memiliki jumlah pengikut Facebook yang jauh lebih banyak dibandingkan marketplace lain.

Bukalapak

Posisi ketiga ada Bukalapak. Setiap bulannya mendapatkan kunjungan sebanyak 34 juta. Pengunjung unik dari Bukalapak ini sebesar 12,83 juta. Marketplace ini sudah unicorn dan alasan banyak konsumen yang memilih Bukalapak karena harganya jauh lebih murah dan pilihan produknya pun beragam.

Baca juga : Cara Berjualan di Shopee dan Bukalapak untuk Pemula

Produk yang banyak dicari adalah elektronik, fashion, hobi maupun gaya hidup. Marketplace ini juga memiliki beragam fitur yang bisa mendukung pebisnis seperti untuk inventaris barang, memantau saingan dan sebagainya.

Shopee

Di urutan kedua besar ada Shopee. Tentu marketplace satu ini sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat. Shopee di tahun 2020 menempati posisi jawara namun tahun ini posisinya harus bergeser. Dengan marketplace posisi pertama Shopee selalu berkejaran. Kedua marketplace tersebut posisinya belum pernah tergantikan oleh marketplace lain. Shopee ini porsi trafficnya 29,73% atau sebanyak 117 juta per kunjungan dan pengunjung unik 35,74 juta.

Baca juga : Anti Bokek, Ini Dia 8 Cara Pesan Shopee Food Gratis Ongkir!

Tokopedia

Jawaranya ada Tokopedia sang penguasa traffic. Pada Maret tahun ini trafficnya meningkat pesat menjadi 33,07% dimana jumlah kunjungan bulanan mencapai 126,4 juta dan pengunjung unik bulanan mencapai 38,93 juta.

Yang menjadi daya tarik dari platform ini adalah memiliki banyak pilihan produk yang tersedia dan yang paling banyak dicari adalah elektronik, fashion dan bahan makanan. Untuk mendukung merchant, marketplace memiliki banyak fitur misalnya adalah promosi, broadcast dan statistik toko sampai dengan keuangan dimana Anda sebagai pebisnis bisa mengembangkan bisnis lebih baik lagi.

Demikianlah urutan e-commerce terlaris di Indonesia yang sangat menarik diketahui, semoga informasi ini bermanfaat.

Ini 10 Urutan E-Commerce Terlaris di Indonesia, Traffic Pengunjung Fantastis! | Malik | 4.5
error: Content is protected !!