5 Bisnis Tahan Krisis Saat Pandemi Covid 19

Perasaan cemas dan panik pasti mendarat di benak para pelaku usaha, terlebih dengan kondisi pandemi Covid-19 yang saat ini tak kunjung reda. Hampir di seluruh negara di dunia mengalami krisis ekonomi akibat pandemi. Hanya ada beberapa saja yang mampu menjaga bisnis tahan krisis saat pandemi global.

bisnis tahan krisis saat pandemi

bisnis tahan krisis saat pandemi

Bahkan beberapa lini bisnis ada yang terpaksa pailit dan gulung tikar karena tidak mampu bertahan di tengah gempuran krisis ekonomi. Agar terhindar dari kepanikan, Anda sebaiknya mengetahui sektor bisnis apa saja yang mampu bertahan di tengah krisis pandemi sekarang ini.

Menjalankan Bisnis yang Tahan Krisis saat Pandemi

Kondisi krisis ekonomi yang terjadi telah menyisahkan ketidakpastian. Baik perusahaan besar maupun kecil terkena imbas dari persoalan yang masif ini. Dengan mengamati situasi yang ada, dapat disimpulkan bahwa peluang bisnis yang muncul setelah pandemi membutuhkan lebih banyak jasa dan produk yang tak terikat momentum.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak ulasan di bawah ini untuk beberapa jenis bisnis tahan krisis saat pandemi Covid-19 yang mendunia:

1. Jasa atau Produk Kesehatan

Di masa normal maupun saat pandemi, publik tetap membutuhkan layanan dan produk kesehatan. Maka dari itu, di tengah krisis ekonomi akibat pandemi saat ini Anda tetap bisa survive apabila menggerakkan bisnis yang menyediakan jasa atau produk kesehatan.

Krisis akibat pandemi Covid-19 yang terjadi di seluruh dunia bahkan membutuhkan lebih banyak jasa dan produk kesehatan yang bisa membantu meringankan tenaga kesehatan. Terlebih saat ini sudah banyak Rumah Sakit maupun tenaga kesehatan yang merasa kewalahan untuk menyediakan tempat bagi para pasien Covid-19.

Tak heran jika kemudian jasa layanan kesehatan seperti merawat pasien di rumah, menyediakan obat, hingga angka penjualan vitamin dan obat bisa naik drastis. Kebutuhan untuk menjaga imun agar terhindar dari Covid-19 juga bisa menjadi peluang bisnis yang baru. Anda dapat menyediakan berbagai multivitamin maupun minuman herbal untuk menjaga daya tahan tubuh.

2. Food and Beverage (F&B)

Food and beverage dianggap sebagai salah satu sektor bisnis tahan krisis saat pandemi yang selanjutnya. Sektor bisnis ini berpeluang mendapat lebih banyak omzet di tengah pandemi karena publik membutuhkan pasokan makan dan minum.

Sektor usaha F&B juga sangat mudah untuk disalurkan ke konsumen karena bisa dijual secara online. Layanan pemesanan online turut berperan dalam memudahkan bisnis F&B untuk bisa mengantarkan makanan ke pintu rumah konsumen tanpa harus bersentuhan atau keluar rumah.

Selain itu, bisnis F&B juga membutuhkan modal relatif kecil, tenaga kerja yang tidak terlalu banyak, dan margin yang besar sehingga bisa mempercepat perputaran arus kas.

3. Kebutuhan Pokok

Selama pandemi Covid-19 berlangsung, apakah ada barang kebutuhan pokok yang mengalami penurunan harga? Bisa dipastikan bahwa kebutuhan pokok mampu bertahan di tengah gempuran pandemi dan krisis ekonomi global.

Tak jarang kebutuhan pokok justru mengalami kelangkaan akibat panic buying yang dilakukan masyarakat. Hal ini justru membuat harga-harga kebutuhan pokok meroket naik dan tidak pernah kehilangan konsumen.

Sekalipun terjadi fluktuasi harga komoditas, hal itu tidak menjadi persoalan besar karena kebutuhan pokok merupakan sektor bisnis tahan krisis saat pandemi yang tetap dibutuhkan banyak orang. Dalam bisnis ini, Anda hanya perlu mengelola keuangan dengan cermat, terutama dalam pengelolaan modal kerja agar dapat mengambil peluang terbaik.

Selain itu Anda juga perlu mencari celah untuk mempertahankan bisnis di tengah kondisi pandemi dan krisis ekonomi global.

4. Jasa Pendidikan dan Pelatihan

Momen krisis ekonomi, kesehatan, sosial, dan politik tak lantas menurunkan laju perkembangan sektor pendidikan. Jasa pendidikan dan pelatihan justru menjadi bisnis tahan krisis saat pandemi karena ada lebih banyak orang yang membutuhkannya.

Masyarakat mulai menyadari bahwa keilmuan yang dimiliki saat ini masih belum memadai untuk dapat bertahan hidup di tengah krisis ekonomi. Ada banyak peluang yang bisa Anda terapkan dalam bisnis jasa pendidikan dan pelatihan, khususnya yang berhubungan dengan dunia digital.

Seperti kursus dan pelatihan memasak, bisnis online, digital marketing, videografi, editing, dan lain sebagainya. Kebutuhan akan ilmu baru menjadi peluang bisnis yang bisa Anda manfaatkan karena ada banyak masyarakat yang membutuhkannya.

Baca juga : 7 Ide Bisnis Digital yang Bisa Anda Kerjakan di Rumah dengan Modal Minim

5. IT atau Bisnis Digital

Sektor IT dan digital menjadi bisnis tahan krisis saat pandemi yang terakhir. Bisnis ini tetap bertahan meski dunia sedang krisis sekalipun karena mampu memenuhi banyak kebutuhan masyarakat secara online.

Terlebih dengan kondisi pandemi Covid-19 sekarang ini yang mana orang-orang harus mengurangi mobilitasnya. Bisnis yang berhubungan dengan IT dan digital mampu membantu orang-orang untuk tetap di rumah saja sambil mendapatkan seluruh kebutuhannya.

Seperti berbelanja online, memesan makanan dan minuman secara online, hingga membeli obat dan berbagai produk kesehatan secara online. Ada juga berbagai sektor digital berupa media sosial dan aplikasi konferensi video yang justru naik dan menjadi bisnis tahan krisis saat pandemi Covid-19.

5 Bisnis Tahan Krisis Saat Pandemi Covid 19 | Malik | 4.5
error: Content is protected !!