Rahasia Tips Sukses Membangun Bisnis Ala Bule

Ketika Anda memutuskan untuk merintis usaha Anda sendiri, maka salah satu hal yang harus selalu Anda lakukan adalah terus belajar dan terus upgrade ilmu serta pengetahuan. Belajar bukan hanya tentang bagaimana mengelola keuangan perusahaan, bagaimana mengelola karyawan, dan sebagainya. Akan tetapi juga belajar memperkaya diri dengan pengalaman orang-orang sukses, agar Anda termotivasi dan dapat mengambil nilai-nilai positif dari mereka.

Tips sukses membangun bisnis

Tahukah Anda, bahwa ternyata setiap pengusaha di beda negara punya prinsip dan etos kerja yang berbeda dalam mengembangkan bisnis mereka? Nah, berikut ini beberapa tips sukses membangun bisnis ala pengusaha di luar negeri yang wajib Anda pelajari.

Tips Sukses Membangun Bisnis Ala Pengusaha Amerika

Bagi sebagian besar pengusaha asal Negeri Paman Sam, ada beberapa prinsip yang harus dijalankan dan dipegang teguh saat akan menjalankan sebuah bisnis. Nah, berikut ini adalah beberapa tips sukses membangun bisnis ala pengusaha negeri Paman Sam tersebut:

  1. Memiliki Ide yang Out of The Box

Jika Anda pernah berkunjung atau berlibur ke Amerika, mungkin Anda akan menemukan banyak ide bisnis yang unik dan bisa jadi belum pernah terpikirkan oleh Anda. Itulah sebabnya, mengapa banyak pengusaha di Amerika dituntut untuk bisa menyajikan ide bisnis yang out of the box dan tidak banyak yang menyamainya.

Selain ide out of the box, tentunya ide bisnis ini juga bisa menjadi solusi atau alternatif bagi masalah atau kendala yang banyak dihadapi pelanggan. Dengan begitu bisnis Anda akan dapat berkembang dan menjawab kebutuhan pelanggan Anda.

2.      Fokuslah pada Satu Bisnis Saja

Saat ini memang ada begitu banyak peluang bisnis yang bisa dikerjakan, hingga mungkin membuat Anda serasa ingin membuka beberapa bisnis sekaligus. Akan tetapi, cobalah untuk fokus pada satu bisnis terlebih dahulu. Mengapa Anda harus fokus?

Saat Anda fokus pada satu bisnis, maka seluruh ide, kreativitas dan pikiran Anda hanya akan tertuju pada satu bisnis tersebut. Dengan begitu diharapkan bisnis Anda akan berkembang sesuai target dan visi misi bisnis yang sudah Anda rancang.

Tidak ada salahnya untuk merintis bisnis lainnya, namun pastikan bahwa bisnis Anda sudah berjalan dengan baik, baru cobalah kembangkan bisnis lainnya.

3.      Selagi Masih Ada Kesempatan, Habiskan Jatah Gagal Anda

Ada pepatah yang mengatakan bahwa, habiskanlah jatah kegagalan Anda hingga suatu hari Anda bisa merasakan kesuksesan. Hal inilah yang mungkin menjadi inspirasi bagi banyak pelaku bisnis di Negeri Paman Sam.

Mereka percaya bahwa gagal adalah salah satu jalan yang harus dilewati oleh seorang pebisnis untuk meraih kesuksesan. Saat Anda gagal, cobalah untuk belajar darinya dan teruslah bangkit hingga jatah kegagalan tersebut habis.

Tips Sukses Membangun Bisnis Ala Pengusaha Jepang

Berbeda dengan pengusaha di Negeri Paman Sam, banyak pengusaha di Jepang juga memiliki prinsip yang tak kalah hebat. Apalagi kita semua tahu bahwa Jepang memang sangat terkenal dengan kedisiplinannya, maka itu etos kerja mereka juga tidak jauh dari kata disiplin.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips sukses membangun bisnis ala Pengusaha Jepang.

1.      Kerja dengan Cekatan dan Terampil

Bekerja dengan cekatan dan juga terampil menjadi kunci utama bagi Anda yang tengah merintis bisnis. Jauhkan dari pikiran Anda waktu bermalas-malasan, sebab saat merintis usaha adalah saat yang akan menentukan nasib dari bisnis Anda kedepannya.

Tips sukses membangun bisnis ala Jepang, dimana Anda harus bisa bekerja secara terampil dan cekatan ini mestinya menjadi contoh yang wajib ditiru.

2.      Menjaga Loyalitas

Bersikap loyal tidak hanya berlaku pada rekan bisnis, akan tetapi juga pada bisnis itu sendiri. Bagaimana maksudnya? Artinya Anda harus tetap ulet mengelola bisnis yang tengah Anda jalani, apapun kondisi yang sedang dihadapi. Jangan merasa cepat bosan, hingga pada akhirnya Anda justru melangkah setengah jalan pada bisnis Anda sendiri.

Cobalah untuk terus mencari ide dan gagasan baru, sehingga Anda akan terpacu untuk terus memperbaiki bisnis yang sedang Anda jalani. Bukan justru menyerah begitu saja hanya karena alasan bosan. Bersikap loyal akan membawa Anda pada peluang kesuksesan yang lebih besar.

3.      Bersikap Disiplin Tinggi

Jika berbicara tentang kedisiplinan, rasanya Jepang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Masyarakat Jepang memang sudah terkenal dengan sikap disiplinnya yang tinggi, tak heran jika mereka juga mereka memiliki etos kerja yang disiplin dan baik. Sikap disiplin ini jugalah yang terus mereka bawa ketika sedang merintis dan menjalankan suatu bisnis.

Anda dapat meniru sikap disiplin tinggi ini. Disiplin bukan hanya tentang tepat waktu. Akan tetapi juga disiplin pada komitmen dan tujuan yang telah dibuat sebelumnya. Selain itu bersikap disiplinlah pada keuangan, pelayanan, dan segala aspek dalam bisnis Anda. Disiplin tidak akan membuat Anda merugi, jadi mulai sekarang terapkanlah sikap disiplin dalam setiap urusan bisnis Anda.

Baca juga : 10 Keuntungan Pembayaran Transaksi dengan e-Money

Merintis sebuah usaha bukanlah sesuatu yang mudah, akan tetapi jika Anda bersungguh-sungguh tentu akan mendapatkan hasil yang sebanding. Gagal dan jatuh di dalam suatu bisnis adalah sebuah pelajaran berharga, setidaknya begitulah yang dikatakan oleh para pengusaha yang sudah jauh lebih dulu sukses.

Untuk itu, tetap menjadi pribadi yang mau terus belajar, terbuka dengan perubahan zaman yang ada serta terus meng-upgrade kemampuan diri agar dapat terus berkembang. Beberapa tips sukses membangun bisnis diatas juga bisa dijadikan contoh dan inspirasi.

 

Rahasia Tips Sukses Membangun Bisnis Ala Bule | Malik | 4.5
error: Content is protected !!