9 Skill untuk Bisnis Rumahan yang Wajib Diasah dan Dikembangkan

Saat ini tidak sedikit orang yang memanfaatkan waktu luang mereka untuk mencari penghasilan tambahan, utamanya bagi mereka yang memang memiliki skil atau keahlian khusus. Beberapa orang mungkin mengambil pekerjaan sampingan karena ingin mengasah skill mereka, namun ada juga yang sengaja melakukannya untuk menambah penghasilan.

bisnis rumahan merangkai bunga

bisnis rumahan merangkai bunga

Nah, jika Anda memiliki skill atau keahlian khusus, maka tak ada salahnya juga untuk mencoba mencari pekerjaan sampingan yang cocok dengan skill yang Anda punya. Berikut ini beberapa macam skill untuk bisnis rumahan yang bisa Anda jadikan inspirasi.

Menjahit

Salah satu skill untuk bisnis rumahan yang bisa Anda tekuni adalah menjahit. Selain bisa membuat pakaian untuk diri dan keluarga sendiri, Anda juga bisa menawarkan jasa jahit pada teman, rekan kerja atau tetangga Anda. Selain dapat terus meningkatkan skill menjahit dengan adanya beragam permintaan mode dari pelanggan, Anda juga tentunya bisa menambah penghasilan.

Jika Anda ingin menjadikan menjahit sebagai pekerjaan utama Anda, maka pastikan bahwa Anda sudah memiliki peralatan yang lengkap dan juga berbagai contoh desain mode jahitan yang bisa menarik calon pelanggan.

Memasak

Anda hobi dan pintar memasak? Jika iya, maka Anda mungkin tidak menyadari bahwa ini bisa jadi kesempatan yang bagus untuk peluang usaha sambilan Anda. Anda bisa memulai bisnis katering makanan rumah untuk rekan-rekan kantor Anda, atau bisa juga menawarkannya secara online.

Jika Anda lebih suka baking atau memasak kue dan sejenisnya, maka Anda bisa membuat sistem pre-order untuk aneka menu kue yang akan Anda jual. Sehingga Anda punya lebih banyak waktu untuk mengerjakan pesanan, misalnya saat weekend. 

Menghias dan Merangkai Bunga

Salah satu skill untuk bisnis rumahan lainnya yaitu ketrampilan menghias dan merangkai bunga, atau sering juga disebut dengan bouquet bunga. Teruntuk Anda yang sangat suka dengan kegiatan menghias bunga sebetulnya ini juga bisa menjadi salah satu ide bisnis untuk mengisi waktu luang Anda di sela waktu pekerjaan utama Anda.

Anda bisa menerima pesanan bouquet bunga untuk berbagai acara, misalnya untuk acara ulang tahun, pernikahan, lamaran, dan sebagainya. Selain menerima pesanan rangkaian bunga, Anda juga bisa membuat aneka bouquet dengan bahan makanan ringan, uang, emas, dan sebagainya. Kerajinan semacam ini sudah mulai umum digunakan masyarakat untuk memberikan kejutan pada pasangan atau orang terkasih.

Menulis

Meski pada dasarnya menulis adalah sebuah kemampuan dasar bagi setiap orang, namun faktanya tidak semua orang memiliki keahlian untuk bisa membuat tulisan yang baik. Itulah mengapa keahlian menulis seperti menulis artikel SEO, cerpen, puisi atau buku juga bisa jadi salah satu skill untuk bisnis rumahan.

Jika Anda handal dalam membuat tulisan-tulisan SEO friendly, maka Anda bisa menjadi freelance writer untuk konten-konten SEO. Atau jika Anda senang menulis karya fiksi, maka Anda bisa membuat buku novel, kumpulan cerpen atau antologi puisi.

Otomotif

Satu lagi skill untuk bisnis rumahan adalah otomotif. Beberapa ide usaha yang bisa Anda jalani misalnya membuka bengkel di rumah, atau bisa juga dengan menjadi vlogger dengan tema seputar otomotif. Cara ini sebetulnya sudah dilakukan oleh para pemuda di salah satu wilayah di Banyumas, dimana anak-anak muda yang memiliki keahlian mulai membuat konten seputar otomotif.

Channel youtubenya kini pun sudah menghasilkan cukup banyak  uang, bahkan tempat tinggal mereka kini dijuluki sebagai kampung youtube Banyumas. Ini tentu bisa jadi inspirasi bagi Anda, untuk tetap bisa berkarya dan berkreasi dengan keahlian yang Anda miliki.

Voice Over

Punya suara merdu dan berbakat menjadi voice over atau pengisi suara? Skill ini mungkin memang cukup langka, bahkan orang yang memiliki suara merdu saja belum tentu bisa menjadi pengisi suara.

Nah, jika Anda memiliki bakat dan keahlian di bidang voice over ini, maka tidak ada salahnya Anda mencoba peruntungan untuk berkarya di media. Mulai dari televisi, production house dan sebagainya.

Musik

Bermain musik juga bisa jadi salah satu ide skill untuk bisnis rumahan, apalagi jika di rumah Anda sudah memiliki peralatan yang mendukung. Seperti  misalnya alat musik, alat rekaman dan sebagainya. Anda bisa membuat konten video seperti cover musik, cover lagu, aransemen ulang lagu, menciptakan lagu dan sebagainya.

Anda dapat mengunggah hasil karya musik Anda melalui berbagai media, termasuk diantaranya youtube, instagram, spotify dan sebagainya.

Baca juga : Peralatan Buat Youtuber Gaming Pemula dengan Harga Terjangkau

Dekorasi Seserahan

Saat ini pernikahan yang estetik menjadi impian hampir semua pasangan muda yang akan menikah. Yang menjadi salah satu aspek paling diperhatikan adalah dalam menyusun dan membuat dekorasi seserahan. Anda tentu sering kali melihat, seserahan di pernikahan zaman sekarang begitu cantik, indah dan fotogenik.

Untuk Anda yang punya bakat mendekorasi seserahan dengan unik, cantik dan indah, ini bisa jadi peluang usaha yang sangat menjanjikan. Anda juga bisa sekaligus membuka jasa penyewaan kotak seserahan.

Merias

Bakat merias tidak hanya terbatas pada wanita sajam tapi juga pada pria. Ta sulit rasanya saat ini menemukan make up artist seorang pria, yang bahkan terkadang hasil riasannya juga tak kalah bagus dengan para wanita.

Nah, jika Anda punya bakat merias yang cukup handal, maka cobalah untuk mengambil pelatihan khusus make up artist. Setelah itu Anda bisa membuka jasa make up artist untuk berbagai acara. Mulai dari lamaran, akad, resepsi, pesta, wisuda, kondangan dan sebagainya.

Memiliki skill bisa dibilang merupakan sebuah anugerah, tetapi harus terus diasah agar bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Beberapa skill untuk bisnis rumahan di atas bisa terus Anda perdalam jika memang sudah memiliki dasarnya, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai modal mencari pekerjaan sampingan.

 

9 Skill untuk Bisnis Rumahan yang Wajib Diasah dan Dikembangkan | Malik | 4.5
error: Content is protected !!