8 Ide Usaha Online Tanpa Modal Besar, Kamu Wajib Coba!

Memiliki penghasilan sampingan meski hanya di rumah saja tentu menjadi impian banyak orang. Bisnis online menjadi salah satu cara terbaik untuk bisa memperoleh penghasilan tambahan atau bahkan tetap tanpa harus sering keluar rumah, apalagi saat pandemi seperti saat ini. Sayangnya, tidak semua orang memiliki modal besar untuk memulai bisnis online ini.

reseller

Nah, Anda tak perlu khawatir. Berikut ini terdapat beberapa rekomendasi usaha online tanpa modal besar yang bisa Anda coba di rumah. Penasaran? Mari kita simak ulasannya.

Penulis Lepas

Jika Anda memiliki keahlian dalam menulis konten artikel, baik itu artikel hiburan maupun SEO maka salah satu usaha online tanpa modal besar yang bisa Anda jalani adalah dengan menjadi penulis lepas. Untuk menjadi penulis lepas ini Anda bisa bergabung menjadi freelancer di website agen artikel, atau bisa juga dengan membuka penawaran di portal freelance seperti freelancer, fastwork, dan sebagainya.

Jika usaha ini bisa berkembang, Anda juga bisa mengembangkannya menjadi agen penulis. Dimana Anda akan mempekerjakan penulis freelance untuk memenuhi permintaan artikel dari perusahaan atau pihak pemesan.

Dropshiper

Kalau Anda hobi dengan kegiatan jual beli dan punya bakat marketing yang bagus, maka Anda bisa mencoba usaha dropship. Usaha online tanpa modal besar ini bahkan bisa Anda kerjakan di mana saja, termasuk sambil bekerja kantoran sekalipun. Anda hanya perlu mencari produk yang sesuai dengan target Anda lalu mempromosikannya.

Pada sistem dropship ini Anda tidak perlu membeli barang terlebih dahulu. Akan tetapi di sini Anda hanya berperan sebagai pihak penghubung antara pemilik barang dan pembeli. Jadi ketika ada konsumen Anda hanya perlu menyampaikan pesanan pada penjual, dan mereka akan mengirim barang sesuai permintaan dari pembeli.

Anda akan mendapatkan keuntungan berupa komisi, atau bisa juga dari selisih harga yang didapat.

Reseller

Jika usaha dropship dinilai kurang membawa keuntungan yang besar,maka Anda bisa mencoba bisnis reseller. Berbeda dengan dropship, pada bisnis reseller ini Anda harus membeli dan menyetok barang terlebih dahulu baru kemudian menjualnya kembali.

Untuk mempermudah pemasaran, alangkah baiknya jika Anda memilih produk yang sudah banyak dikenal di kalangan masyarakat luas. Sehingga Anda tidak perlu susah payah lagi mengenalkan produk tersebut. Tantangan dari bisnis ini adalah banyaknya saingan, sehingga Anda harus lebih kreatif dalam menyusun strategi penjualan.

Jasa Desain Grafis

Di era digital seperti saat ini jasa desain grafis sebenarnya sangat dibutuhkan. Jika Anda menyukai pekerjaan freelance, maka anda bisa membuka jasa desain grafis sendiri di rumah atau bisa juga dengan membuka penawaran jasa di portal freelancer.

Berbagai macam desain grafis yang bisa Anda buat misalnya infografik, konten sosial media, microblog, logo, dan banyak lagi lainnya. Jika Anda juga memiliki keahlian dalam hal editing video,maka ini akan menjadi perpaduan yang cukup menarik. Karena saat ini memang mulai banyak brand yang lebih senang membuat konten video sebagai media promosi mereka, sehingga ini akan menjadi peluang yang bagus untuk Anda.

Les Privat

Anda punya hobi mengajar dan punya skill yang cukup mumpuni? Kini Anda bisa menjalankan usaha online tanpa modal besar dengan cara menjadi seorang guru les privat. Di musim pandemi seperti sekarang ini banyak les yang dilakukan secara daring atau online. Anda bisa bergabung ke lembaga privat atau bisa juga berdiri mandiri.

Pilihlah bidang ilmu yang memang Anda kuasai atau sesuai dengan bidang pendidikan Anda. Tidak melulu memberikan les  privat pelajaran, Anda juga bisa memberikan les berupa keahlian. Seperti misalnya editing foto, editing video, publik speaking, dan sebagainya.

Penerjemah

Saat ini kemampuan bahasa asing seperti Inggris, Korea, Jepang, China dan sebagiannya tidak hanya bermanfaat untuk pekerjaan kantor. Keahlian bahasa asing nyatanya juga bisa dimanfaatkan sebagai jalan untuk mencari penghasilan tambahan dengan cara menjadi seorang penerjemah.

Jika Anda mencari informasi di Google mengenai penerjemah, Anda mungkin akan menemukan banyak lowongan jasa penerjemah untuk berbagai macam konten. Mulai dari buku, novel, komik, jurnal ilmiah, bahkan film.

Jenis usaha online tanpa modal besar ini bisa Anda coba, terutama jika Anda memang memiliki keahlian yang mumpuni dalam bidang bahasa asing tertentu.

Web Designer

Masih seputar dunia digital, saat ini banyak para web designer atau programmer justru lebih menyukai pekerjaan yang sifatnya freelance per proyek. Hal ini karena membuat mereka berkesempatan untuk bekerja dengan lebih bebas namun tetap tertarget. Selain itu menjadi freelancer programmer atau web designer juga membuka kesempatan bagi Anda yang memiliki keahlian untuk mengambil lebih banyak proyek. Dengan begitu Anda juga memiliki kesempatan untuk menghasilkan lebih banyak uang.

Baca juga : 7 Ide Bisnis Digital yang Bisa Anda Kerjakan di Rumah dengan Modal Minim

Jual Tema Blog

Anda memiliki hobi dan keahlian dalam hal membuat tema blog yang unik? Jika iya, Anda bisa menjadikannya sebagai salah satu peluang usaha online tanpa modal besar.

Ketika akan menjual tema blog, alangkah baiknya jika Anda memperhatikan kriteria tema yang paling banyak diminati,  diantaranya:

  • Mobile  friendly atau bisa diakses dengan mudah di smartphone.
  • SEO optimized atau mendukung optimasi SEO.
  • Loading yang cepat dan tidak lemot.
  • Memiliki desain yang unik dan menarik.

Saat ini pengguna wordpress cukup banyak, sehingga Anda mungkin akan lebih baik membuat tema blog di wordpress. Anda bisa mencari inspirasi dari Themeforest atau ID Theme.

Nah dari sekian banyak ide usaha online tanpa modal besar diatas, mana yang paling sesuai untuk Anda?

 

8 Ide Usaha Online Tanpa Modal Besar, Kamu Wajib Coba! | Malik | 4.5
error: Content is protected !!