Cara Memulai Usaha Online yang Menguntungkan dari Nol

Sebagian besar pekerja kantoran mengeluh karena gaji bulanannya belum mencukupi kebutuhan sehari-hari. Wajar saja, kebutuhan hidup memang semakin tinggi dan gaji bulanan tak kunjung meningkat. Kalau sudah begini, sudah sepatutnya mencari penghasilan tambahan lewat usaha yang tidak terikat waktu. Seperti salah satunya usaha online yang dapat Anda lakukan di mana saja dan kapan saja Anda mau.

Memulai usaha online yang menguntungkan

Memulai usaha online yang menguntungkan

Namun permasalahan lain yang muncul ketika Anda ingin memulai usaha online adalah konsep bisnis dan modal yang terbatas. Tapi tenang saja, pada ulasan ini kami akan membagikan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk segera memulai usaha online yang menguntungkan. Penasaran bagaimana caranya? Kalau begitu langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Step by Step Cara Memulai Usaha Online dari Nol

Untuk memulai usaha online, sebaiknya Anda memilih jenis usaha yang bisa dilakukan tanpa harus berhenti dari kantor. Idealnya usaha online dirintis dari nol tanpa harus mengorbankan penghasilan utama Anda. Setelah usaha online lancar dan menghasilkan profit maksimal, barulah Anda bisa memperhitungkan langkah yang selanjutnya dilakukan.

Dan berikut ini beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk memulai usaha online yang menguntungkan:

1. Memilih Bisnis yang Dekat dengan Diri Sendiri

Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah mengenali diri sendiri agar dapat menemukan ide bisnis yang paling dekat dengan Anda. Jika Anda suka mengoleksi mainan, maka Anda bisa memulai ide bisnis yang berhubungan dengan action figure dan berbagai benda koleksi lainnya. Sedangkan bagi Anda yang hobi kulineran maka Andabisa memilih konsep bisnis seputar camilan, makanan, atau minuman kekinian.

Bisnis yang dekat dengan Anda jauh lebih mudah dieksplorasi sehingga Anda bisa memberikan inovasi dan kreatifitas di dalamnya. Hal inilah yang nantinya akan membuat usaha Anda lebih menonjol dibanding kompetitor dan bisa survive di tengah ketatnya persaingan bisnis online.

2. Bangun Brand

Sebelum Anda meluncurkan produk atau jasa yang ingin ditawarkan secara online, alangkah baiknya Anda membangun brand terlebih dulu. Silahkan buat logo, nama brand, nama produk, hingga berbagai detail lainnya yang bisa menunjukkan nilai lebih dari usaha Anda. Setelah itu barulah Anda bisa membangun sistem pemasaran digital lewat media sosial.

Sampaikan kepada publik bahwa Anda ingin memulai usaha tersebut. Bisa dengan membuat konten di Facebook, Instagram, hingga YouTube. Setelah orang-orang mengenali brand Anda, mulailah meluncurkan produk andalan. Memulai usaha online yang menguntungkan jauh lebih mudah dilakukan setelah banyak konsumen di luar sana yang mengenali brand Anda.

3. Perluas Relasi

Bisnis online bisa lebih mudah menyebar apabila Anda memiliki banyak relasi. Apabila Anda sudah meluncurkan akun media sosial atas nama brand usaha Anda, maka silahkan perluas relasi. Bangun hubungan yang baik dengan rekan-rekan di komunitas atau kerabat terdekat Anda. Pastikan relasi yang Anda bangun juga berhubungan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Seperti contohnya meminta tolong rekan-rekan komunitas untuk mengunggah konten iklan produk Anda atau mengirimkannya ke grup chat.

4. Jaga Kepercayaan Konsumen

Memulai usaha online yang menguntungkan harus didasari kepercayaan sehingga Anda harus menyampaikan hal yang sesungguhnya terkait kualitas produk. Jangan runtuhkan kepercayaan konsumen dengan menampilkan gambar palsu atau menulis deskripsi palsu. Apabila produk Anda berkualitas, silahkan sampaikan kualitasnya secara detail dan tidak perlu dilebih-lebihkan.

Selain itu, Anda juga sebaiknya menggunakan gambar asli yang Anda foto sendiri. Pengambilan gambar asli bisa meningkatkan kepercayaan konsumen hingga 3 kali lipat. Konsumen akan menilai bahwa produk yang Anda tawarkan jauh lebih baik dibanding kompetitor yang menggunakan gambar dari Google.

5. Sebarkan di Marketplace

Memulai usaha online yang menguntungkan juga bisa Anda lakukan lewat marketplace. Buatlah akun marketplace dengan nama brand dan sebarkan produk Anda di sana. Hubungkan juga link marketplace tersebut ke semua media sosial yang Anda miliki. Jangan lupa share link marketplace ke rekan-rekan Anda, baik lewat media sosial atau via chat.

Angka penjualan di marketplace bisa mendongkrak kesuksesan bisnis dalam waktu singkat. Hal ini sudah banyak terbukti di kalangan UMKM maupun orang-orang yang merintis usahanya dari rumah dengan modal terbatas.

Baca juga : Cara Mendaftar Bantuan UMKM dari Pemerintah Agar Diterima

6. Metode Pembayaran yang Beragam

Salah satu alasan kenapa konsumen mau membeli produk dari sebuah toko online adalah tersedianya metode pembayaran yang beragam. Ketika Anda menawarkan alternatif pembayaran lewat dompet digital, transfer bank, atau bahkan lewat marketplace, maka konsumen lebih mudah mengambil keputusan dalam waktu singkat.

Konsumen tidak akan berpikir dua kali untuk mencari toko lain yang menyediakan metode pembayaran lebih lengkap. Anda bisa closing lebih cepat tanpa harus bersaing ketat dengan kompetitor.

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana caranya memulai usaha online yang menguntungkan? Selamat mencoba dan semoga beruntung dengan usaha yang akan Anda rintis setelah ini.

 

Cara Memulai Usaha Online yang Menguntungkan dari Nol | Malik | 4.5
error: Content is protected !!