Waktu Terbaik untuk Upload YouTube, Dijamin Banyak Viewers!

Setiap orang memiliki tujuan berbeda saat menggunakan YouTube. Ada yang hanya menjadi penonton setia, mengunggah video sebagai kenang-kenangan, atau menjadi youtuber profesional. Bagi mereka yang sekedar mengunggah video untuk kenang-kenangan tentu tidak perlu memerhatikan algoritma YouTube karena konten tersebut hanya sebatas konsumsi pribadi.

Waktu terbaik untuk upload YouTube

Sedangkan bagi Anda yang serius menjadi youtuber, algoritma YouTube menjadi sangat penting, bahkan untuk urusan jam upload yang optimal. Waktu terbaik untuk upload YouTube pada dasarya sangat bervariasi dan tidak ada yang mengetahuinya secara pasti. Tetapi berdasarkan banyak riset dari para youtuber dan analitik YouTube, maka Anda bisa menemukan beberapa waktu yang paling ramai di YouTube.

Waktu Paling Ramai untuk Upload Video YouTube

Setiap media sosial memiliki waktu ramainya masing-masing. Mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, hingga TikTok pun memiliki jam ramai yang berbeda. Tak terkecuali dengan YouTube yang saat ini menjadi platform streaming video online terbesar di dunia dan memiliki jam ramai yang variatif.

Bagi beberapa orang, YouTube telah menjadi pusat informasi dan hiburan yang tidak bisa digantikan oleh media sosial lainnya. Tak heran jika YouTube menjadi media sosial dengan angka pengguna yang sangat tinggi, lebih dari 2 miliar orang di seluruh dunia. Hal ini pun berdampak pada waktu terbaik untuk upload YouTube karena di setiap daerah memiliki pola hidup berbeda.

Sejauh ini pukul 12 siang sampai 4 sore dianggap sebagai waktu terbaik dengan jumlah trafik pengunjung YouTube tertinggi. Kebanyakan orang di seluruh dunia memiliki kebiasaan untuk menonton YouTube di sela-sela waktu istirahat pada siang hari dan sore hari sepulang kerja.

Selain itu, waktu terbaik untuk upload YouTube adalah pada hari Kamis dan Jumat. Berdasarkan trafik YouTube, hari Kamis dan Jumat memiliki angka pengunjung paling tinggi dibanding biasanya. Ada juga beberapa data rilisan YouTube yang menunjukkan bahwa hari Sabut dan Minggu bisa menjadi hari terbaik untuk mengunggah konten YouTube.

Pada hari Sabtu dan Minggu Anda bisa memilih pukul 9 hingga 11 pagi untuk mengunggah konten YouTube. Di saat itulah angka trafik pengunjung YouTube sedang tinggi-tingginya karena banyak orang yang bersantai pada waktu tersebut.

Tips Membuat Konten YouTube yang Disukai Penonton

Selain memaksimalkan waktu terbaik untuk upload YouTube, Anda juga bisa meningkatkan jumlah viewers dan subscriber dengan membuat konten yang disukai penonton. Ada beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan saat membuat konten YouTube, yaitu:

  1. Kejernihan dan Intensitas Cahaya

Anda boleh saja membuat video menggunakan perekaman smartphone, tapi pastikan gambar yang dihasilkan jernih dan intensitas cahaya tercukupi. Hindari merekam video di ruangan yang kurang cahaya atau di luar ruangan dengan intensitas cahaya yang menyilaukan. Gunakan lighting atau cahaya tambahan bila diperlukan agar hasil perekaman video lebih jernih dan nyaman ditonton.

  1. Audio yang Jelas

Sebagus apapun video dan isi konten Anda, tidak akan bisa tersampaikan dengan baik apabila audionya buruk. Audio yang terlalu pelan atau berisik akan membuat penonton tidak nyaman dan langsung meninggalkan video Anda di 1 menit pertama.

Agar hal tersebut tidak terjadi, maka Anda bisa menggunakan mic eksternal atau merekam video di ruangan tertutup yang tidak berisik. Poin audio bisa dibilang tidak kalah penting jika dibandingkan waktu terbaik untuk upload YouTube karena bisa meningkatkan kenyamanan penonton.

  1. Editing yang Tidak Berlebihan

Saat mengunggah konten YouTube, pastikan Anda tidak menambah editing yang berlebihan. Proses editing sebaiknya meliputi penambahan musik background sesuai kebutuhan, pemotongan klip, transisi minimalis, dan tambahan beberapa elemen seperti teks atau gambar. Selain itu Anda juga bisa menambahkan color grading untuk membuat tampilan video lebih natural.

  1. Berinteraksi dengan Penonton

Saat membuat video YouTube, maka Anda harus mengetahui bahwa konten tersebut bukan untuk dinikmati sendiri. Pastikanlah Anda mampu berinterkasi dengan penonton seperti memberi salam, menyapa penonton, menanyakan pertanyaan yang sesuai konten, hingga meminta mereka meninggalkan saran dan kritik. Bentuk interaksi seperti ini dibutuhkan, khususnya bagi Anda para youtuber pemula yang baru merintis channel YouTube.

Baca juga : 5 Tips Membuat Konten YouTube yang Menarik dan Viral

  1. Konsistensi Unggahan

Meskipun Anda sudah tahu waktu terbaik untuk upload YouTube, tapi bukan berarti konten Anda 100% ramai. Justru hal itu hanya sebagian kecil dari kiat-kiat membuat video YouTube yang ramai viewers dan subscriber.

Sejatinya Anda perlu mengunggah konten secara konsisten. Apabila sejak awal Anda mengunggah 3 konten dalam 1 minggu, maka pastikan hal itu bisa berlangsung secara konsisten. Dalam beberapa bulan, maka konsistensi Anda pasti membuahkan hasil dan bisa mendapat banyak viewers.

Nah, itulah beberapa ulasan yang bisa disampaikan seputar waktu terbaik untuk upload YouTube. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Waktu Terbaik untuk Upload YouTube, Dijamin Banyak Viewers! | Malik | 4.5
error: Content is protected !!