Mengapa Blog Tidak Muncul di Google dan Cara Mengatasinya

Bagi para blogger tentu ingin melihat situs atau konten artikelnya tampil di halaman pencari Google. Tapi bagaimana kalau ternyata blog tidak ditemukan di Google sama sekali? Apakah ini murni kesalahan sistem atau justru blog Anda memang belum dioptimasi sehingga tidak terdeteksi oleh Google?

Mengapa blog tidak muncul di Google

Untuk menjawab pertanyaan itu, maka sebaiknya Anda baca dulu ulasan di bawah ini. Penulis akan menjelaskan beberapa alasan mengapa blog tidak muncul di Google dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Blog Tidak Muncul di Google dan Cara Mengatasinya

Perlu Anda ketahui bahwa Google memiliki algoritma unik yang selalu berganti-ganti sehingga tidak ada yang tahu 100% bagaimana persisnya. Sejauh ini orang-orang hanya bisa meningkatkan peluang untuk membuat blog atau situsnya tampil di Google. Namun apabila blog atau situsnya tidak kunjung muncul di halaman pencarian Google, maka ada beberapa penyebab yang perlu diatasi, yaitu:

1. Kesalahan dalam Konfigurasi Visibilitas

Kalau Anda bertanya mengapa blog tidak muncul di Google, jawaban pertama adalah soal konfigurasi. Saat ini platform blog seperti WordPress membutuhkan konfigurasi agar muncul di mesin pencari Google.

Konfigurasi ini sengaja dihadirkan supaya Anda bisa mengatur kapan situs blog tersebut bisa tampil di Google. Apabila sedang dalam perbaikan maka konfigurasinya dapat diatur agar tidak ditampilkan di mesin pencari.

Cara Mengatasi:

Untuk mengatasi permasalahan konfigurasi ini sebenarnya mudah. Anda hanya perlu masuk ke halaman dashboard WordPress lalu buka Settings > Reading. Setelah itu di bagian “Search Engine Visibility” pastikan tidak diberi tanda ceklis.

2. Konten Terdeteksi Plagiat

Alasan lain mengapa blog tidak muncul di Google adalah konten yang terdeteksi plagiat. Inilah alasan utama kenapa blog Anda tidak boleh diisi dengan konten yang copy paste milik orang lain. Google saat ini sudah sangat pintar dan canggih untuk mendeteksi tiap kata dari konten yang Anda unggah. Apakah isi konten tersebut unik atau hanya copy paste saja.

Selain itu, copy paste juga bisa terdeteksi apabila Anda mengunggah konten yang sebelumnya sudah pernah dibuat. Kondisi ini umumnya terjadi ketika Anda mengunggah konten dengan URL yang baru sedangkan isinya masih sama persis dengan yang sebelumnya.

Cara mengatasi:

Dalam kasus seperti ini maka saran terbaik adalah menghindari konten plagiasi dan pastikan Anda hanya mengunggah konten yang benar-benar unik. Hindari juga mengunggah konten yang sebelumnya sudah pernah ada di blog Anda.

3. Keyword Stuffing

Istilah keyword stuffing mungkin masih belum asing di telinga Anda. Keyword Stuffing adalah teknik SEO yang membuat konten dengan 400-500 kata dengan jumlah kata kunci yang berlebihan. Teknik ini sudah tidak dapat digunakan karena cara kerjanya melanggar ketentuan Google. Sebuah artikel yang mengandung terlalu banyak kata kunci nantinya juga bisa terdeteksi sebagai keyword stuffing sehingga tidak dapat tampil di mesin pencari Google.

Cara mengatasi:

Anda bisa mengatasi masalah keyword stuffing dengan menggunakan beberapa variasi kata kunci. Hindari menuliskan kata kunci yang sama dalam jumlah yang berlebihan dan tidak ideal.

4. Link Building yang Tidak Natural

Tautan link yang tidak natural juga bisa menjadi alasan mengapa blog tidak muncul di Google. Link building memang menjadi salah satu teknik SEO yang banyak digunakan untuk meningkatkan reputasi web. Apalagi kalau Anda menggunakan backlink dari website yang kredibel, tentu mempermudah artikel Anda muncul di halaman pertama pencarian Google.

Tapi kalau ternyata Anda membangun link building yang tidak natural dari website yang kualitasnya buruk, maka hal ini hanya akan merugikan blog Anda. Google mendeteksi hal itu sebagai kecurangan yang tidak natural dan blog Anda semakin sulit masuk di peringkat pencarian pertama.

Baca juga : Pengertian Link Building dan Bagaimana Cara Menerapkannya

Cara mengatasi:

Untuk mengatasi permasalahan di atas maka Anda bisa menggunakan tools Google Search Console dan mencari situs mana saja yang memberi backlink. Apabila ada situs yang kualitasnya buruk dan tidak jelas, maka langsung lakukan disavow untuk menghilangkan backlink tersebut.

5. Malware

Alasan mengapa blog tidak muncul di Google yang terakhir adalah website Anda terkena malware. Hal ini bisa terjadi ketika Anda tidak sengaja membuka email atau mengklik tautan yang dikirim oleh hacker. Google akan mengamankan website yang terkena malware sehingga tidak bisa terdeteksi di laman pencariannya.

Cara mengatasi:

Permasalahan malware yang terjadi pada blog Anda sebaiknya segera diatasi oleh tim IT terkait. Anda bisa menghubungi tim IT atau penyedia web host yang Anda gunakan.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja yang menjadi alasan mengapa blog tidak muncul di Google? Kalau begitu Anda sebaiknya menghindari berbagai penyebab di atas agar blog Anda selalu muncul di halaman pertama mesin pencari Google.

Mengapa Blog Tidak Muncul di Google dan Cara Mengatasinya | Malik | 4.5
error: Content is protected !!