Wajib Tahu, 9 Cara Membuat Proposal Usaha untuk Diajukan Ke Investor

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan modal pinjaman. Salah satunya adalah dengan mendapatkan dana dari investor.  Meski begitu untuk bisa menarik investor ini tidak mudah karena Anda harus membuat proposal usaha yang menarik.

cara membuat proposal usaha untuk diajukan ke investor

cara membuat proposal usaha untuk diajukan ke investor

Hal pertama yang akan dilihat oleh investor adalah proposal usaha yang Anda buat. Jika proposal usahanya menarik maka investor akan bisa menanamkan dananya di perusahaan atau bisnis Anda. Sayangnya belum banyak pebisnis yang mengetahui bagaimana cara membuat proposal yang baik dan menarik tersebut. Berikut ini adalah cara membuat proposal usaha untuk diajukan ke investor yang penting untuk Anda ketahui:

Buat BAB Pendahuluan

Cara membuat proposal usaha untuk diajukan ke investor yang pertama adalah Anda bisa membuat bab pendahuluan. Pendahuluan ini sangat penting untuk mengetahui latar belakang usaha yang Anda jalani. Di dalam pendahuluan tersebut Anda jadi tahu visi dan misi perusahaan Anda dan gambaran tujuan ke depan yang akan diraih oleh perusahaan Anda lebih jelas. Pendahuluan ini menjadi jaminan bahwa uang investor yang ditanamkan ini tidak akan hilang jika ditanamkan ke usaha Anda.

Buat Profil Usaha

Cara selanjutnya adalah dengan membuat profil badan usaha. Setelah Anda membuat bab pendahuluan maka buat profil badan usaha secara singkat. Ada 3 poin yang bisa Anda tulis di dalam profil badan usaha ini seperti jenis usaha, nama perusahaan dan juga lokasi perusahaan.

Profil usaha menjadi faktor penting dalam membuat proposal agar investor Anda tahu jenis usaha Anda bergerak di dalam bidang apa. Dari profil ini investor akan tahu seberapa besar potensi usaha Anda di pasaran. Investor ini akan memerlukan hal ini untuk bisa melakukan analisa pasar dan juga menentukan berapa banyak besaran dana yang bisa mereka kucurkan ke usaha Anda.

Struktur Organisasi Perusahaan

Setiap perusahaan pasti memiliki struktur organisasi. Struktur organisasi ini bisa dibuat antara owner dan juga pemilik maupun karyawan. Jika perusahaan Anda memiliki sistem baik tentang manajerial dan juga keorganisasian maka Anda harus menyebutkan nama pemilik perusahaan, nama manajer dan juga sistem marketing, HRD dan sebagainya. Struktur organisasi ini penting karena menunjukkan bahwa usaha Anda serius untuk dijalankan.

Tulis Produk Usaha

Cara membuat proposal usaha untuk diajukan ke investor selanjutnya adalah Anda bisa menulis produk usaha yang Anda jual. Tentunya setiap perusahaan ini memiliki barang atau jasa yang dijual. Ketika Anda menuliskan produk usaha pastikan jika Anda menulis jenis produk, pembuatan produk dan juga keunggulan produk.

Anda bisa menulis barang dan jasa, proses pembuatannya bagaimana dan juga kelebihan produk Anda jika dibandingkan dengan yang lainnya. Investor memiliki keingintahuan tentang hal ini selain itu juga memberikan dana kepada usaha yang unik dan memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan usaha yang lain.

Membuat Target Pasar

Tips untuk Anda yang ingin membuat proposal usaha untuk diajukan ke investor adalah membuat target pasar. Hal ini menjadi poin penting bagi Anda yang ingin membuat proposal usaha. Disini investor akan tahu seperti apa target pasar dari usaha dan bisnis yang Anda jalankan. Anda bisa melihatnya dari sisi pekerjaan, usia, daerah atau kota.

Anda bisa membuat kelas ekonomi target pasar Anda apakah jelas menengah, bawah atau kelas atas. Hal ini bisa menjadi nilai plus untuk proposal karena Anda tahu untuk siapa usaha Anda ini ditujukan. Selain itu target pasar juga akan menunjukkan bawa Anda memang memiliki pasar.

Bab Promosi dan Pemasaran

Pada bagian ini Anda bisa menjelaskan lebih jauh tentang strategi marketing dari usaha yang Anda lakukan. Selain itu Anda bisa mengatur bagaimana promosi itu akan dilakukan sehingga investor lebih mudah dan juga bisa melakukan analisa keuntungan yang bisa Anda dapatkan nantinya.

Membuat Laporan Keuangan

Hal ini menjadi yang vital dalam laporan keuangan. Proposal usaha yang Anda buat ini jangan lupa untuk diberikan laporan keuangan karena hal ini menjadi bagian yang vital.  Anda bisa membuat laporan keuangan perusahaan Anda secara terperinci dan juga transparan. Anda bisa membuat alokasi dana yang Anda butuhkan kemudian Anda bisa membuat skema perhitungan laba yang akan Anda dapatkan nantinya. Hal ini aka memudahkan investor untuk tahu seberapa besar dana yang bisa mereka keluarkan. Selain itu mengetahui seberapa besar keuntungan yang bisa mereka dapatkan.

Penutup

Cara membuat proposal usaha untuk diajukan ke investor yang terakhir adalah membuat penutup. Pastikan jika Anda membuat penutup dengan kata yang tepat. Kata penutup ini menjadi senjata pamungkas untuk meyakinkan mereka agar mau investasi di bisnis Anda.

Baca juga :  6 Strategi Jaga Mood Investor Tetap Tinggi Saat Pandemi

Lampiran dan Kemasan

Anda bisa menyertakan lampiran berupa biodata pemilik usaha, surat izin usaha, sertifikat usaha dan pelatihan yang masuk ke dalam surat perjanjian. Yang tidak boleh Anda lupakan adalah kemasan proposal Anda. Banyak investor malas membuka proposal usaha dengan tampilan biasa seperti skripsi, Anda bisa mengemas proposal dengan kemasan unik dan menarik agar mereka mau membuka dan membaca proposal Anda.

Demikianlah beberapa cara membuat proposal usaha untuk diajukan ke investor yang baik dan menarik, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Wajib Tahu, 9 Cara Membuat Proposal Usaha untuk Diajukan Ke Investor | Malik | 4.5
error: Content is protected !!