Dijamin Berbuah Lebat, Ini 5 Teknik Budidaya Jambu Kristal Tanpa Biji yang Benar!

Jambu kristal merupakan tanaman buah unggulan, yang mana buah ini banyak berkembang di berbagai daerah seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DIY, Lampung, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Bengkulu dan juga NTB.  Yang membuat jambu ini banyak digemari adalah teksturnya yang renyah dan memiliki cita rasa manis. Tekstur dari jambu ini mirip dengan buah import seperti apel dan juga pir.

Teknik Budidaya Jambu Kristal

Dengan pemeliharaan yang baik, jambu kristal ini akan bisa dipanen sepanjang tahun sehingga bisa selalu tersedia tanpa harus mengenal musim. Untuk menghasilkan hasil panen yang melimpah diperlukan teknik budidaya yang baik dan benar. Berikut ini adalah teknik budidaya jambu kristal tanpa biji yang bisa Anda lakukan:

Syarat Tumbuh

Sebelum Anda tahu bagaimana tekniknya yang baik dan benar ada baiknya jika Anda tahu syarat tumbuh jambu kristal tersebut. Untuk syarat tumbuh ketinggiannya bisa hidup di daerah dengan ketinggian 5 sampai dengan 1200 mdpl. Selain itu curah hujan yang optimal untuk pertumbuhan jambu kristal antara 1000 – 2000 mm per tahunnya sepanjang tahun.

Jenis tanah yang cocok untuk jambu kristal adalah yang subur, gembur, liat dan juga sedikit berpasir. Suhu udara yang cocok untuk tumbuh kembang jambu kristal adalah 25 sampai dengan 30 derajat celcius. Pastikan jika tempat untuk budidaya jambu kristal ini mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Pastikan kelembaban udaranya 30 sampai dengan 50%. Bisa dikatakan bahwa syarat tumbuh untuk jambu kristal ini cukup mudah. Artinya adalah Anda bisa memulai penanaman jambu kristal tersebut jika syaratnya sudah terpenuhi.

Siapkan Benih

Teknik budidaya jambu kristal tanpa biji yang bisa Anda lakukan pertama adalah Anda bisa menyiapkan benihnya terlebih dahulu. Anda bisa memilih benih jambu kristal yang sudah masak di pohon dimana buah tersebut memiliki kulit yang sudah kekuningan. Buka perlahan jambu kristal kemudian ambil bijinya. Jangan sampai biji yang akan Ada jadikan sebagai pembibitan ini terluka atau tidak sempurna. Jika biji terbaik sudah terkumpul Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan air yang mengalir sampai daging yang masih melekat di biji ini bersih dengan sempurna. Anda bisa mengeringkan dan juga mengangin-anginkan sampai biji benar-benar kering.

Siapkan Media Semai

Teknik yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah Anda bisa menyiapkan media semai terlebih dahulu. Siapkan kotak kayu dengan lebar 1 meter, sesuaikan panjangnya sesuai dengan ketersediaan tempat dan juga jumlah bibit yang akan Anda buat. Anda bisa meletakkan tempat pembibitan di lokasi yang terhindar dari terik matahari langsung maupun guyuran air hujan.

Silahkan isi dengan tanah yang subur, gembur, liat dan juga berpasir sampai penuh. Anda bisa menyirami tanahnya sampai basah. Silahkan Anda siapkan tangki sprayer yang terisi air, tuangkan 1 gelas konsentrat kemudian aduk sampai tercampur dengan merata. Anda bisa menyemprotkannya ke seluruh permukaan tanah. Konsentrat yang baik ini akan bisa menghilangkan bibit penyakit, menghilangkan unsur yang berbahaya di dalam tanah, menggemburkan dan menyuburkan tanah dan lain sebagainya.

Agar media semai semakin bagus dan berkualitas hal yang bisa dilakukan adalah menaburkan pupuk secara merata ke seluruh permukaan tanah. Pupuk ini akan bisa menutrisi tanah agar bisa menjadi lebih subur dan bisa memenuhi kebutuhan hara tanaman jambu kristal. Anda bisa mendiamkan media semai tersebut semalaman.

Penanaman

Teknik budidaya jambu kristal tanpa biji yang penting untuk diperhatikan adalah penanamannya. Anda bisa menaburkan biji jambu kristal ke seluruh permukaan tanah pembibitan.  Tutup taburan biji jambu kristal dengan tanah sampai ketebalannya 0,5 cm. Anda bisa menyirami dengan air secukupnya.

Lakukan perawatan dengan cara menyirami tanaman tersebut pada pagi dan juga sore hari. Selain itu Anda bisa memantau perkembangan gulma maupun hama penyakit di tanaman jambu kristal. Di hari ke 20 sampai dengan 30 biji akan mulai tumbuh. Anda bisa terus melakukan perawatan bibit dengan cara menyiram, mengendalikan serangan OPT dan juga mencabuti gulma secara berkala.

Baca juga : Cara Budidaya Jambu Tanpa Biji, Jambu Merah Dan Jambu Kristal

Pindah Tanaman Jambu Kristal dari Penyemaian ke Polybag

Jika jambu kristal sudah mencapai ketinggian 20 cm Anda bisa memindahkannya ke polybag. Anda bisa menyiapkan media tanam di polybag dengan cara mencampurkan tanah dengan pupuk. Jika sudah tercampur dengan merata Anda bisa menyiramnya dengan air sampai lembab.

Anda bisa menyiapkan tangki sprayer yang sudah berisi konsentrat kemudian Anda bisa menyemprotkannya ke polybag sampai dengan mendekat bibir batas polybag.  Cabut bibit kemudian Anda bisa menanamnya ke polybag. Sirami bibit secukupnya.

Jika bibit sudah besar dan kuat Anda bisa memindahkannya ke lahan tanam. Lahan ini pun harus Ada siapkan sebelumnya. Lahan tersebut sudah dibuat lubang dengan kedalaman 5 cm. Lubang sudah diberikan pupuk dan juga disemprot dengan konsentrat, diamkan selama 7 hari. Setelah itu tanaman jambu kristal tanpa biji bisa dipindahkan ke lubang tersebut.

Teknik budidaya jambu kristal tanpa biji yang Anda lakukan berhasil atau tidak akan terlihat saat masa panen, jika teknik berhasil jambu kristal akan berbuah saat berumur 1,5 sampai dengan 2 tahun, semoga informasi tentang budidaya jambu kristal ini bermanfaat untuk Anda.

Dijamin Berbuah Lebat, Ini 5 Teknik Budidaya Jambu Kristal Tanpa Biji yang Benar! | Malik | 4.5
error: Content is protected !!