Mengenal Berbagai Jenis Bisnis Online untuk Memulai Wirausaha

Kondisi pandemi yang mengharuskan semua orang membatasi kegiatan belanja di luar rumah membuat bisnis online kian berkembang di Indonesia. Tak heran jika mulai banyak bermunculan wirausahawan yang bergerak di bidang bisnis online, baik itu bisnis fashion, makanan, minuman, jasa dan sebagainya.

bisnis online

bisnis online

Untuk Anda yang juga berniat menjalankan bisnis online untuk memulai wirausaha,berikut ini adalah beberapa jenis bisnis online yang bisa Anda pilih.

Jenis Bisnis Online Berdasar Tempat Anda Berjualan

Jika ditinjau dari lokasi atau tempat Anda berjualan, ada dua jenis bisnis online untuk memulai wirausaha yang bisa Anda jalani yaitu:

1.      Bisnis Online Melalui Marketplace

Saat ini menjalankan bisnis online melalui marketplace adalah hal yang cukup lumrah dilakukan oleh banyak orang, bahkan bagi mereka yang sudah bekerja kantoran sekalipun. Di Indonesia sendiri ada banyak jenis marketplace yang bisa Anda pilih, diantaranya Shopee, BliBli, Lazada, Tokopedia, OLX dan banyak lagi lainnya.

Jenis bisnis online untuk memulai wirausaha yang satu ini memang dinilai lebih terorganisir, karena memang didesain untuk aktivitas jual beli. Selain itu melakukan transaksi jual beli melalui marketplace juga lebih aman dan nyaman, serta dapat menghindari adanya tindak penipuan dari penjual maupun pembeli yang tidak bertanggung jawab.

Berbisnis online di marketplace juga dinilai lebih menguntungkan, karena mayoritas konsumen saat ini memang lebih senang mencari atau berbelanja produk apapun melalui marketplace.

2.      Bisnis Online Melalui Website atau Sosial Media

Jika Anda lebih senang berbisnis online tanpa menggunakan marketplace, maka salah satu jenis bisnis online untuk memulai wirausaha yang bisa Anda coba adalah menggunakan website sendiri maupun sosial media. Saat ini Anda bisa dengan mudah membuat website menggunakan Blogspot maupun WordPress. Jika Anda tidak memiliki keahlian untuk membuat dan mengembangkan website sendiri, maka Anda bisa meminta bantuan jasa dari programmer.

Namun apabila Anda tidak ingin direpotkan dengan website, Anda juga bisa mulai berbisnis online melalui kanal media sosial yang Anda miliki. Mulai dari Facebook., Instagram, Twitter, Whatsapp, Telegram dan sebagainya.

Jenis Bisnis Online Berdasarkan Sistem

Jika dilihat dari tempatnya bisnis online terdiri atas dua jenis, lalu apabila ditinjau dari sistemnya jenis bisnis online terdiri atas 3 jenis, yaitu:

1.      Bisnis Online Dropship

Jika Anda ingin berbisnis online untuk memulai wirausaha namun tidak memiliki modal, maka salah satu jenis bisnis online yang bisa Anda jalani adalah bisnis dropship. Dropship merupakan sebuah bisnis yang melibatkan pihak ketiga sebagai penghubung antara penjual dan pembeli, dimana pihak ketiga tersebut adalah Anda.

Dengan sistem dropship ini Anda hanya perlu mengiklankan sebuah produk. Lalu ketika ada pembeli Anda hanya perlu menginformasikan pada penjual untuk mengirim, barang sesuai orderan dari pembeli. Keuntungan yang Anda dapat berasal dari selisih harga dari penjual dan pembeli.

Meski sistem bisnis online ini tidak butuh modal, namun keuntungan yang didapat memang cukup sedikit.

2.      Bisnis Online Reseller

Selain sistem bisnis online dropship, Anda juga bisa mencoba sistem bisnis online reseller. Sistem bisnis online ini sebetulnya hampir mirip dengan berjualan konvensional, dimana Anda harus membeli terlebih dahulu barang atau produk dari produsen. Dalam hal ini tentu saja Anda sebagai reseller harus memiliki modal untuk membeli produk yang akan Anda jual.

Tak hanya itu saja, Anda juga harus menyediakan tempat khusus di rumah Anda untuk menyimpan barang tersebut. Beberapa brand umumnya akan memberlakukan persyaratan khusus bagi Anda yang ingin mendaftar sebagai reseller produk mereka. Untuk itu pelajari dulu detail informasi mengenai produk yang Anda incar.

3.      Bisnis Online untuk Produk Handmade

Salah satu jenis bisnis online untuk memulai wirausaha yang juga bisa Anda coba adalah bisnis produk handmade atau buatan Anda sendiri. Kelebihan menjalankan bisnis produk handmade adalah Anda tidak tergantung pada produsen seperti pada sistem dropship maupun reseller. Dengan menjalankan bisnis ini Anda juga bisa menjaga standar kualitas produk sesuai yang Anda inginkan.

Ada berbagai macam produk handmade yang bisa Anda jual secara online. Beberapa diantaranya pakaian, sepatu atau sandal, aksesoris, tas, makanan, kerajinan dan lain sebagainya.

Baca juga : Apa Itu Youtube Marketing dan Bagaimana Memulainya?

Mengenal Jenis-Jenis Bisnis Online dengan Peminat Tinggi

Untuk bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari bisnis online, tentu saja Anda harus mencari jenis usaha atau bisnis yang memiliki banyak peminat. Meskipun saingan Anda juga sudah pasti banyak, tapi setidaknya kemungkinan produk Anda untuk dibeli juga lebih tinggi.

Ada beberapa jenis bisnis online yang kini banyak diminati, antara lain:

1.      Bisnis Make-Up atau Skincare

Kondisi pandemi juga mengharuskan banyak orang untuk menahan keinginan melakukan perawatan di salon, sehingga banyak orang yang kemudian memilih untuk melakukan perawatan di rumah dengan skincare dan juga make-up. Hal ini bisa jadi peluang yang bagus untuk Anda, apalagi akhir-akhir ini sudah banyak produk skincare yang berkualitas dan sudah viral.

Bisnis skincare yang sering dikatakan menyasar ke perempuan, ternyata saat ini juga sudah banyak dilirik kaum laki-laki. Karena faktanya perawatan kulit dan tubuh tak hanya dilakukan perempuan, tapi juga laki-laki.

2.      Bisnis Fashion

Selain skincare bisnis online yang ramai peminta adalah fashion. Meski orang lebih banyak memilih di rumah saja, nyatanya permintaan fashion juga tidak menurun. Banyak orang yang tetap berbelanja fashion demi update kostum ootd di sosial media mereka.

  1. Bisnis Kuliner

Tren membeli makanan secara online juga meningkat di tengah pandemi ini. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mencoba bisnis kuliner dan memasarkannya secara online. Anda bisa memanfaatkan sosial media, atau menjadi mitra GoFood atau GrabFood.

Nah, itu tadi beberapa jenis bisnis online untuk memulai wirausaha yang bisa Anda coba sesuai visi misi bisnis Anda.

 

Mengenal Berbagai Jenis Bisnis Online untuk Memulai Wirausaha | Malik | 4.5
error: Content is protected !!