7 Ide Bisnis Digital yang Bisa Anda Kerjakan di Rumah dengan Modal Minim

Zaman sudah berganti, dan kini strategi bisnis pun terus mengalami perubahan. Salah satunya adalah bergesernya bisnis konvensional menjadi bisnis digital. Hal ini juga turut didukung oleh program-program pemerintah yang terus mendukung perkembangan bisnis digital di era teknologi saat ini. Karenanya tak heran jika sampai dengan saat ini sudah sangat banyak lini bisnis yang mulai merambah ke dunia digital.

Jika berbicara tentang bisnis digital, sudahkah Anda memahami apa itu sebenarnya bisnis digital? Lalu apa saja contoh ide bisnis digital yang bahkan bisa dijalankan hanya dari rumah saja? Nah, berikut ini ulasannya untuk Anda.

Memahami Apa Itu Bisnis Digital?

Bisnis Digital

Bisnis Digital

Bisnis digital merupakan sebuah bisnis yang dalam proses pengoeprasiannya memanfaatkan teknologi khususnya internet, baik dalam proses produksi maupun pemasarannya. Artinya setiap usaha yang dijalankan dengan memanfaatkan teknologi internet termasuk dengan memanfaatkan sosial media, website dan lain sebagainya juga sudah masuk dalam kategori bisnis digital ini.

Produk dari bisnis digital ini juga beragam, bisa berupa produk berwujud bisa juga jasa. Produk yang berwujud misalnya olahan makanan, pakaian, make up dan banyak lagi lainnya. Sedangkan contoh bentuk produk jasa bisnis digital misalnya jasa desain grafis, pembuatan aplikasi, dan banyak lagi lainnya.

Berbagai Macam Ide Bisnis Digital

Ada berbagai macam ide bisnis digital yang bisa dijalankan hanya dari rumah saja. Apa sajakah itu?

1.      Online Shop

Salah satu contoh ide bisnis digital yang paling mudah dijalankan adalah online shop. Jika Anda memiliki stok barang, memiliki smartphone, dan juga jaringan internet maka membuat online shop adalah hal yang paling mudah untuk dilakukan.

Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu membuat toko di salah satu marketplace ternama lalu mulai mengunggah produk yang Anda miliki. Meski terlihat sederhana namun sudah sangat banyak online shop yang bisa menghasilkan omset ratusan juta rupiah tiap bulannya.

2.      Dropshipper

Jika Anda memiliki hobi atau bakat berdagang namun tidak memiliki modal uang atau barang, maka ide bisnis digital yang bisa Anda jalankan adalah dengan menjadi dropshipper. Tugas Anda saat menjadi dropshipper adalah mempromosikan barang pada calon konsumen. Nantinya ketika ada orang yang akan membeli, maka Anda hanya perlu menghubungi si pemilik barang agar mengirimkan produk tersebut pada sang pembeli.

Keuntungan didapatkan dari selisih harga jual dari pemilik barang. Bisnis ini memang memiliki keuntungan yang cukup kecil, akan tetapi cocok untuk Anda yang tidak memiliki modal.

3.      Web Designer

Saat ini profesi web designer juga dapat dikerjakan secara online dan tidak harus terikat pada satu perusahaan saja. Artinya Anda bisa menjadi seorang freelancer web designer dengan mengambil job lepas di banyak platform yang menyediakan projek-projek tersebut.

Untuk bisa mendapatkan banyak projek tentunya Anda harus membangun portofolio yang meyakinkan, agar calon konsumen Anda mau mempercayakan projek mereka pada Anda.

4.      Online Teacher

Saat ini menjadi pengajar online bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Dengan adanya dukungan teknologi canggih, saat ini Anda bahkan bisa melakukan kegiatan pembelajaran jarak jauh dengan mudah dan lancar.

Anda bisa menjadi pengajar online untuk mata pelajaran yang memang Anda kuasai, misalnya biologi, bahasa Inggris dan lain sebagainya.

5.      Jasa Pembuatan Aplikasi

Jika Anda memiliki keahlian dalam coding, maka salah satu ide bisnis yang bisa Anda jalani adalah dengan membuka jasa pembuatan aplikasi baik untuk android maupun iOs. Saat ini banyak platform, brand maupun perusahaan yang sudah mulai memanfaatkan aplikasi khusus untuk menjangkau konsumen mereka. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini sebagai ladang bisnis yang menjanjikan.

Sama halnya dengan web designer, Anda juga harus membangun portofolio terlebih dahulu agar mendapat kepercayaan dari klien Anda.

Baca juga : 9 Aplikasi Bisnis untuk Mendukung Bisnismu yang Harus Dicoba

6.      Creator Konten Sosial Media

Hampir semua bisnis digital selalu memanfaatkan sosial media untuk  memasarkan produk mereka. Namun tidak sedikit juga pelaku bisnis yang merasa tidak mampu untuk membuat konten yang berkualitas dan profesional.

Saat ini kesempatan untuk menjalankan bisnis content creator untuk sosial  media sudah cukup terbuka. Anda yang suka dengan tantangan, punya ide kreatif yangout of the box, akan cocok dengan bisnis digital yang satu ini.

7.      Content Writer

Bedanya dengan content creator sosial media adalah ketika menjadi content writer tugas Anda adalah membuat konten artikel yang sesuai dengan produk, dan umumnya sebisa mungkin konten tersebut SEO friendly. Sedangkan pada content creator sosial media tugas Anda adalah membuat materi posting untuk sosial media klien Anda.

Beberapa ide bisnis digital di atas dapat Anda kerjakan di rumah, bahkan Anda bisa mengambil beberapa pekerjaan sekaligus jika memiliki kemampuan yang memadai.

7 Ide Bisnis Digital yang Bisa Anda Kerjakan di Rumah dengan Modal Minim | Malik | 4.5
error: Content is protected !!