Mengenal Whatsapp Marketing dan Berbagai Tools yang Bisa Anda Manfaatkan

Tahukah Anda bahwa saat ini hampir semua jenis sosial media juga digunakan sebagai media promosi, termasuk salah satunya whatsapp marketing? Memang tidak dipungkiri bahwa di era digital saat ini, keberadaan sosial media memberikan banyak kemudahan salah satunya membuka peluang pengembangan usaha atau bisnis secara gratis.

Tidak hanya digunakan sebagai platform pesan instan, saat ini whatsapp juga mulai banyak digunakan untuk berbisnis yaitu melalui whatsapp marketing. Jadi sebenarnya, apakah whatsapp marketing ini da apa saja jenisnya?

Pengertian Whatsapp Marketing

whatsapp marketing

whatsapp marketing

Whatsapp merupakan salah satu platform pesan instan yang dapat digunakan untuk mengirim pesan teks, video, audio, gambar dan dokumen lainnya. Whatsapp juga memiliki fitur obrolan grup, stories, broadcast dan banyak lagi lainnya.

Saat ini whatsapp mulai banyak digunakan sebagai media untuk berbisnis, salah satunya untuk melakukan promosi suatu produk. Inilah yang kemudian dikenal dengan istilah whatsapp marketing.

Mengenal Berbagai Jenis Whatsapp Tools Marketing

Whatsapp menyediakan beberapa tools yang dapat digunakan untuk menunjang kegiatan bisnis di platform pesan instan tersebut. Tools ini selain bisa membantu penggunanya untuk mencapai target bisnis juga dapat dimanfaatkan untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Adapun beberapa tools yang dimaksud diantaranya:

1.      WhatsApp Bulk Sender atau Blast

Tools ini memungkinkan Anda untuk mengirim pesan ke banyak pengguna sekaligus. Tools ini juga memiliki satu kelebihan yang cukup istimewa, yaitu bisa membuat Anda mengirim pesan blast meski sang penerima pesan belum menyimpan nomor kontak Anda

Berbeda dengan fitur whatsapp broadcast, fitur whatsapp bulk ini tidak memiliki batasan jumlah kontak yang bisa menerima pesan blast dari Anda.

2.      Pengiriman Pesan Terjadwal

Tools ini memungkinkan Anda untuk mengirim pesan otomatis sesuai jadwal yang telah Anda buat sebelumnya. Tentunya ini mempermudah pekerjaan Anda dalam menjalankan bisnis.

3.      Whatsapp Chat Panel

Tools ini berguna untuk memantau semua pesan yang masuk dan keluar dari nomor whatsapp bisnis Anda. Tentu saja tools ini juga dapat mempermudah pekerjaan Anda, dimana Anda tidak perlu melakukan pengecekan chat satu per satu setiap harinya.

4.      Auto Responder atau Auto Reply

Tools ini membantu Anda untuk dapat membalas atau merespon chat pelanggan secara otomatis dengan cepat. Tools ini sangat menolong ketika pelangan Anda sudah mencapai ratusan atau bahkan ribuan.

5.      Personalisasi Pesan

Mengirim pesan secara personel sesuai nama pelanggan merupakan salah satu cara membangun engagement yang baik. Meski begitu,, hal ini tentu bukan hal yang mudah dilakukan jika pelanggan Anda sangat banyak jumlahnya.

Nah, disinilah Anda bisa memanfaatkan tools personalisasi pesan. Dimana Anda bisa mengirim pesan personal sesuai nama pelanggan secara otomatis.

Bagaimana Cara Kerja Whatsapp Marketing?

Cara kerja marketing whatsapp sebenarnya tidak jauh berbeda dengan media marketing lainnya. Anda harus membuat sebuah konten promosi yang unik dan menarik agar orang tertarik untuk membeli atau mencoba produk Anda.

Baca juga : Bisnis Online Terbaik yang Menguntungkan

Berikut adalah beberapa cara kerja marketing whatsapp yang bisa Anda lakukan:

1.      Branding Melalui Fitur Grup

Fungsi lain dari whatsapp grup selain untuk berbagi pesan adalah juga untuk membangun branding sekaligus engagement dengan calon konsumen. Salah satu caranya Anda bisa membuat sebuah online class melalui fitur grup chat, atau biasanya disebut dengan kuliah whatsapp.

Materi kulwap ini tentu saja harus disesuaikan dengan produk Anda. Jika misalnya Anda memiliki produk makanan sehat bayi, maka Anda bisa membuat kulwap dengan materi parenting khususnya mengenai gizi.

2.      Promosi Melalui Pesan Broadcast

Mengirimkan pesan broadcast pada calon konsumen Anda juga bisa dilakukan untuk kegiatan marketing atau promosi. Isi pesan broadcast ini bisa seperti materi iklan, promo diskon, dan lain sebagainya.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan cara broadcast, maka sebaiknya bahwa Anda tidak melakukan broadcast terlalu sering. Hal ini akan mengganggu kenyamanan calon konsumen Anda, dan bisa jadi Anda justru diblokir oleh mereka.

3.      Berbagi Iklan dengan Whatsapp Stories

Salah satu teknik marketing yang paling sering Anda jumpai adalah dengan berbagi konten iklan melalui whatsapp stories. Umumnya para pelaku bisnis memang sering membagikan konten promosi melalui stories, baik itu promo diskon, informasi produk dan sebagainya.

Agar iklan Anda dapat dilihat lebih banyak orang, maka tentunya harus lebih banyak juga database kontak whatsapp yang menyimpan atau disimpan di nomor whatsapp bisnis Anda.

4.      Penawaran Produk Secara Privat

Jika menggunakan cara ini berarti Anda harus menawarkan produk Anda secara langsung pada calon konsumen Anda, terutama jika sebelumnya sudah terbangun interaksi yang bagus. Anda juga bisa mulai menawarkan produk Anda dari orang terdekat, seperti keluarga, kerabat, teman, sahabat, kolega, dan sebagainya.

Cara ini akan lebih cocok dilakukan pada tahap awal Anda menggunakan whatsapp marketing, dimana pelanggan Anda mungkin masih belum terlalu banyak.

 

Mengenal Whatsapp Marketing dan Berbagai Tools yang Bisa Anda Manfaatkan | Malik | 4.5
error: Content is protected !!