Apa Itu Youtube Marketing dan Bagaimana Memulainya?

Youtube marketing bukanlah hal yang baru dalam dunia bisnis, sebab sejak kemunculannya tahun 2005 lalu platform ini memang sudah cukup menarik banyak perhatian. Saat ini Youtube sendiri merupakan salah satu platform terbesar kedua di dunia setelah Google yang banyak digunakan untuk pencarian berbagai informasi dalam bentuk video.

Tidak kurang dari 1, 3 miliar penduduk dunia merupakan pengguna aktif Youtube. Hal ini membuat platform video online ini menjadi tempat yang potensial untuk melakukan promosi atau kegiatan marketing sebuah produk melalui Youtube marketing.

Mengenal Apa Itu Youtube Marketing

Youtube marketing

Youtube marketing

Sesuai dengan namanya Youtube marketing ini merupakan sebuah kegiatan promosi, pemasaran atau marketing produk atau brand yang memanfaatkan youtube sebagai medianya. Secara umum konten marketing yang ditayangkan berupa video mengenai produk maupun bisnis yang dijalankan.

Video dengan konten marketing ini nantinya akan diunggah pada channel Youtube bisnis yang sudah dibuat oleh pelaku usaha, dengan harapan para subscriber maupun penonton tertarik untuk membeli produk mereka.

Untuk menjalankan Youtube marketing ini tentunya Anda juga harus mengetahui beberapa tips agar kegiatan pemasaran Anda dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

Tips Marketing Melalui Platform Youtube

Menjalankan strategi pemasaran menggunakan Youtube memang terkesan mudah, namun ternyata tak semudah yang dibayangkan. Anda harus membuat konten yang unik, menarik dan juga banyak dilihat orang. Semakin banyak orang yang melihat dan tertarik dengan konten yang Anda buat, maka kemungkinan besar akan semakin besar pula potensi untuk meningkatkan penjualan.

Berikut adalah beberapa tips menjalankan Youtube marketing untuk bisnis Anda:

1.      Mulailah dari Membuat Channel Youtube Bisnis

Untuk melakukan kegiatan promosi sebuah bisnis sebaiknya Anda memang membuat channel khusus bisnis, agar nantinya channel ini bisa diakses dan dikelola oleh tim secara bersama. Saat bisnis Anda sudah cukup besar dan trafik youtube Anda sudah cukup tinggi, Anda mungkin akan membutuhkan tim khusus yang bertanggung jawab untuk membuat dan mengunggah konten, menjaga hubungan dengan penonton, dan sebagainya.

2.      Melakukan Verifikasi Channel Youtube Bisnis Anda

Penting bagi Anda untuk melakukan verifikasi pada channel Youtube bisnis yang sudah berhasil Anda buat. Dengan melakukan verifikasi Anda dapat menikmati berbagai fitur pendukung yang dapat membantu kegiatan bisnis Anda. Seperti misalnya custom thumbnail, live stream, unggah video dengan durasi yang lebih lama dan sebagainya.

3.      Pilihlah Jenis Video yang Sesuai dengan Bisnis Anda

Pada awalnya Anda mungkin harus menentukan jenis video seperti apa yang akan Anda gunakan untuk proses marketing. Penentuan jenis video tentu harus disesuaikan dengan target marketing dan juga jenis produk.

Ada beberapa jenis video yang bisa Anda buat, diantaranya:

  • Video panduan, umumnya berisi materi edukasi tentang suatu hal misalnya saja “panduan memasak cepat dan enak hanya 5 menit”.
  • Video listikel, yang biasanya berisi tentang daftar atau lit seperti misalnya “10 rekomendasi hotel instagramable di Bandung”.
  • Video behind the scene, biasanya untuk menampilkan suatu proses di balik layar terutama yang berkaitan dengan bisnis Anda. Misalnya “Melihat proses di balik layar pembuatan sepatu handmade” yang Anda kembangkan.
  • Video produk, yang tentunya isinya merupakan informasi mengenai produk baru Anda. Bisa juga Anda isi dengan review produk baru Anda.

4.      Optimasi SEO Youtube Anda

Salah satu hal yang wajib Anda lakukan dalam mengelola marketing youtube adalah optimasi SEO. Mengapa? Sebab orang akan mencari suatu video berdasar kata kunci tertentu. Jika konten Anda memiliki SEO skor yang baik, kemungkinan besar video Anda akan tayang paling atas, sehingga lebih mungkin ditonton banyak orang.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk optimasi SEO, diantaranya:

  • Lakukan research keyword dengan bantuan keyword planner atau tools lainnya.
  • Selipkan kata kunci pada bagian judul, tag, meta deskripsi, deskripsi, dan juga hastag.
  • Selalu rajin lakukan riset untuk topik yang sedang hits.

Baca juga : 9 Cara Membuat SEO YouTube Terbaru Bagi Pemula

5.      Unggah Konten di Channel Bisnis Secara Konsisten

Mengunggah konten dengan konsisten di channel youtube bisnis Anda adalah sebuah keharusan. Tidak harus setiap hari, namun sebaiknya Anda buat jadwal sesuai dengan kemampuan tim konten Anda. Misalnya saja, channel Anda memiliki banyak pengunjung setiap hari Sabtu, maka Anda bisa mengunggah konten setiap hari Sabtu.

6.      Pelajari Kompetitor Anda

Kompetitor tidak selalu berarti buruk jika Anda jeli mengambil sisi positif dari mereka. Sebenarnya Anda bisa mengamati dan meniru ide-ide konten yang cukup berhasil dari kompetitor Anda. Tapi pastikan Anda memodifikasinya kembali agar tidak menjadikannya plagiat, yang justru bisa menjadikan citra buruk bagi bisnis Anda.

7.      Lakukan Interaksi Aktif dengan Subscriber

Karena youtube juga merupakan ruang sosial untuk berinteraksi, maka tidak ada salahnya untuk Anda tetap bisa aktif berinteraksi dengan subscriber atau penonton Anda. Hal ini tentu akan membuat hubungan yang lebih dekat dengan calon konsumen Anda, dan tentu bisa berefek baik bagi bisnis Anda.

8.      Gaet Influencer

Agar Youtube marketing Anda makin berhasil, Anda juga bisa melakukan kerja sama atau endorsement influencer, selebgram, atau artis jika memang punya dana lebih. Dengan mengajak kerja sama orang yang sudah terkenal, secara otomatis pengikut mereka juga akan mulai melirik brand atau produk Anda.

Itulah sekilas tentang Youtube marketing yang harus Anda ketahui dan pahami, semoga bermanfaat.

Apa Itu Youtube Marketing dan Bagaimana Memulainya? | Malik | 4.5
error: Content is protected !!