Tips Memulai Usaha Digital Printing di Tengah Pandemi

Kondisi pandemi membuat banyak orang harus rela kehilangan pekerjaan mereka. Namun disisi lain, banyak juga orang yang justru mulai bangkit dengan usaha kecil-kecilan yang mereka jalani. Salah satu usaha yang justru mulai berkembang di tengah pandemi ini adalah bisnis digital printing.

Usaha Digital Printing

Usaha Digital Printing

Menurut beberapa pelaku usaha, bisnis digital printing di musim pandemi ini justru naik karena adanya peningkatan permintaan. Untuk Anda yang berencana memulai usaha digital printing di tengah pandemi, berikut hal yang perlu Anda perhatikan.

Alasan Mengapa Anda Harus Memulai Usaha Digital Printing di Tengah Pandemi

Tidak hanya bisnis makanan sehat dan obat herbal yang ternyata mulai ramai peminat di kala pandemi, namun bisnis digital printing juga mengalami peningkatan permintaan.  Hal ini tentunya bisa menjadi momentum yang tepat bagi Anda yang akan memulai usaha digital printing di tengah pandemi.

Ada beberapa alasan mengapa bisnis ini cukup potensial untuk dikembangkan di musim pandemi ini, diantaranya:

1.      Banyaknya Permintaan Pencetakan Banner

Jika Anda sadari, selama pandemi masih berlangsung Anda dengan mudahnya menemukan banner berisi himbauan untuk menjaga protokol kesehatan di berbagai sudut bangunan apapun. Mulai dari pasar, bank, sekolah, perkantoran, rumah makan, dan sebagainya. Hampir seluruh sektor memesan banner yang berisi himbauan atau peringatan akan virus covid-19.

Itu artinya bahwa permintaan pencetakan banner saat ini memang sedang meningkat, dan ini yang membuat bisnis digital printing justru sedang naik daun.

2.      Peningkatan Permintaan Panel Pemisah

Saat ini banyak ruang publik yang terus melakukan perubahan interior demi mengantisipasi penyebaran virus corona, salah satunya dengan memasang panel pemisah. Hal ini juga membuat jumlah permintaan pembuatan panel pemisah terus meningkat. Hal ini tentun juga membawa pengaruh positif bagi industri percetakan digital.

3.      Pembuatan Masker dan Face Shield

Dalam penerapan gaya hidup new normal setiap orang yang akan beraktifitas di luar rumah wajib menggunakan masker dan face shield. Saat ini mulai banyak instansi maupun organisasi yang membuat kreasi masker dan face shield untuk nama brand mereka sendiri. Karena selain untuk branding, tentunya juga untuk memperlihatkan identitas penggunanya.

Nah, ini menjadi peluang yang sangat bagus bagi bisnis digital printing. dimana akan semakin banyak pesanan untuk pencetakan logo maupun teks pada masker dan face shield.

Tips  Memulai Usaha Digital Printing di Tengah Pandemi

Jika Anda memiliki rencana untuk ikut terjun di bisnis ini, maka berikut ini beberapa tips cara  memulai usaha digital printing di tengah pandemi.

1.      Persiapkan Modal Sekaligus Dana Darurat

Sebenarnya tak hanya dalam bisnis digital printing saja, apapun bisnis yang akan Anda geluti tentu membutuhkan modal dan juga dana darurat. Dana ini sangat penting, terutama dana darurat, mengingat saat ini masih pandemi dan segala kemungkinan bisa saja terjadi.

Untuk itu, agar bisnis Anda dapat tetap beroperasi dengan baik sebaiknya sediakan dana lebih untuk dana darurat.

2.      Berikan Kenyamanan Pada Konsumen

Saat pandemi seperti sekarang ini, banyak calon konsumen yang sebenarnya enggan untuk banyak bertatap muka dengan orang lain. Untuk tetap bisa memberikan kenyamanan dan keamanan pada konsumen, Anda sebenarnya bisa memberikan bentuk pelayanan yang lain.

Misalnya saja, Anda bisa memberikan jasa desain dan konsultasi secara online, ataupun melalui email. Selain itu Anda juga bisa menyediakan jasa pesan antar bagi konsumen Anda. Dengan begitu konsumen merasa tetap  mendapatkan pelayanan yang baik meski tidak bertatap muka langsung.

3.      Perhatikan Penerapan Protokol Kesehatan

Penerapan protokol kesehatan di toko atau outlet sangatlah penting. Selain untuk menjaga kenyamanan para konsumen yang berkunjung, juga untuk menjaga agar bisnis Anda tetap aman dari razia petugas berwajib. Saat ini petugas berwajib tidak segan untuk menyegel sementara tempat usaha yang tidak patuh pada aturan penerapan protokol kesehatan.

Dengan menerapkan aturan protokol kesehatan dengan baik, selain berefek positif bagi bisnis Anda juga sebagai tanda bahwa Anda turut mendukung program pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran cocid-19.

4.      Pilih Mesin Printing yang Sesuai

Pemilihan mesin ini sangat penting demi kelancaran operasional bisnis digital printing Anda. sebelum memutuskan untuk membeli sebuah mesin, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan teknisi yang lebih paham tentang mesin printing.

Pilihlah mesin yang perawatannya cukup mudah, sehingga tidak merepotkan jika terjadi error atau kerusakan.

Baca juga : 7 Strategi Digital untuk Bertahan di Masa Pandemi

5.      Tawarkan Jasa Anda pada Instansi Maupun Organisasi

Saat ini pihak yang lebih banyak memerlukan jasa digital printing adalah instansi pemerintahan, sekolah, organisasi dan lembaga lainnya. Anda bisa secara langsung menawarkan kerja sama dengan pihak tersebut, atau dengan kata lain sistem jemput bola.

Meski bisnis digital printing ini memiliki prospek yang bagus di masa pandemi ini, namun Anda juga tetap harus berusaha ekstra agar keuntungan yang didapat bisa lebih besar lagi. Setidaknya dengan begitu Anda dapat membuka lapangan k=pekerjaan baru bagi orang yang terdampak pandemi.

Semoga ulasan mengenai tips memulai usaha digital printing di tengah pandemi ini bisa menjadi inspirasi untuk Anda.

 

Tips Memulai Usaha Digital Printing di Tengah Pandemi | Malik | 4.5
error: Content is protected !!