Tips Menulis Artikel Traveling yang Menginspirasi

Bagi Anda para travel blogger pasti sudah tidak asing lagi dengan kegiatan menulis cerita perjalanan selama traveling. Ya, bagi beberapa orang traveling bukan sekedar jalan-jalan dan menikmati keindahan suatu destinasi, tapi juga mengabadikannya baik lewat foto maupun tulisan.

Tips menulis artikel traveling

Tips menulis artikel traveling

Membuat artikel traveling atau perjalanan pada dasarnya tidaklah terlalu sulit. Anda hanya perlu menyampaikan apa saja yang sudah dilalui dan seperti apa kesan maupun rintangan selama perjalanan tersebut. Tapi kalau Anda ingin membuat artikel traveling yang menginspirasi, maka sebaiknya Anda baca dulu ulasan di bawah ini. Kami sudah menyiapkan beberapa tips menulis artikel traveling yang mampu menginspirasi pembaca.

6 Tips Membuat Artikel Traveling yang Penuh Inspirasi

Sebelumnya perlu Anda ketahui kalau travel blogger di Indonesia jumlahnya ada banyak sekali. Untuk itu Anda perlu membuat artikel perjalanan yang beda dari yang lain. Hal itu akan menjadi karakter tulisan Anda yang akhirnya mampu memiliki pembaca setia. Seperti salah satunya dengan penulisan artikel traveling yang menginspirasi. Setiap pembaca yang mampir di blog Anda akan mendapat kesan berbeda ketika menikmati pengalaman perjalanan Anda.

Dan berikut ini beberapa tips menulis artikel traveling yang bisa Anda coba lakukan:

1. Sudut Pandang yang Berbeda

Informasi tentang perjalanan atau liburan ke destinasi wisata tentu bukanlah hal aneh. Bahkan saat ini orang-orang bisa dengan mudah menemukan informasi tersebut di berbagai platform digital. Tapi berbeda cerita apabila Anda mampu menggali sudut pandang yang berbeda dari tulisan tersebut. Anda bisa memberi prespektif berbeda untuk menghadirkan pengalaman cerita yang lebih bermakna dan penuh inspirasi.

Menurut Isabel Choat, salah seorang editor perjalanan online menyarankan Anda perlu melibatkan diri lebih banyak dengan masyarakat lokal saat traveling. Dengan cara ini Anda akan mendapat informasi yang jarang diketahui oleh orang lain maupun travel blogger lainnya. Bahkan bisa dipastikan informasi tersebut juga tidak akan didapat di platform ataupun website traveling pada umumnya.

2. Jujur dan Apa Adanya

Inspirasi datang dari kejujuran penulis ketika menyampaikan pengalaman perjalanannya. Oleh sebab itu kejujuran menjadi poin penting ketika Anda ingin menghasilkan artikel traveling yang menginspirasi. Saat Anda mengalami pengalaman tak terduga yang belum pernah dialami, sebaiknya ceritakan hal itu apa adanya.

Tips menulis artikel traveling yang satu ini bisa membuat tulisan Anda lebih relate dengan pembaca. Besar kemungkinan pengalaman tersebut juga pernah dialami oleh mereka. Dari sanalah kemudian artikel perjalanan yang Anda tulis akan menjadi lebih dekat dan menginspirasi pembaca.

3. Tidak Perlu Terlalu Panjang

Menulis artikel traveling yang menginspirasi sebaiknya juga tidak terlalu panjang. Sebagai travel blogger tentu Anda memahami bahwa tidak semua pembaca mau meluangkan waktu terlalu lama untuk membaca suatu artikel di internet. Jadi sebaiknya tulislah hal-hal penting dan informatif secara padat dan tidak terlalu bertele-tele. Selebihnya barulah Anda bisa menambahkan beberapa sudut pandang atau kesan lewat prespektif berbeda di dalam tulisan itu.

4. Manfaatkan Kekuatan Foto

Tips menulis artikel traveling yang selanjutnya adalah memanfaatkan kekuatan foto. Travel blogger tidak hanya dituntut mampu menulis dengan baik, namun juga memiliki skill fotografi. Anda harus menangkap momen terbaik selama dalam perjalanan. Untuk menghasilkan foto yang baik Anda juga tidak harus memiliki kamera DSLR profesional karena cukup menggunakan smartphone.

Cari spot atau objek foto yang ikonik dan menarik. Ambil sudut pandang yang berbeda untuk mempertegas tulisan Anda tentang kesan foto tersebut. Bahkan Anda juga bisa menambahkan foto beberapa aktifitas warga lokal untuk menambah kesan real dalam tulisan tersebut.

5. Tambahkan Dialog dalam Cerita

Selayaknya novel, dialog mampu menghidupkan sebuah cerita. Begitupula dengan tips menulis artikel traveling yang menginspirasi, Anda perlu menambahkan dialog. Lewat dialog ini para pembaca akan memahami alur cerita perjalanan dengan lebih baik. Setiap kalimat yang keluar dari masyarakat lokal bisa Anda kutip menjadi dialog sehingga pembaca merasakan betul pengalaman berbincang itu.

Baca juga : Ini Dia Beberapa Contoh Usaha yang Jarang Tapi Dibutuhkan Banyak Orang

6. Tutup dengan Perubahan

Pengalaman sepanjang perjalanan mampu mengubah stigma seseorang. Ungkapan itu yang menjadi modal terakhir Anda sebelum menutup artikel perjalanan yang menginspirasi. Tutuplah artikel tersebut dengan perubahan yang terjadi. Sampaikan pengalaman apa yang Anda dapat sehingga mampu mengubah stigma dan pandangan hidup terhadap dunia.

Bentuk perubahan yang Anda alami, baik itu besar maupun kecil akan berdampak bagi para pembaca. Dan dari sanalah artikel traveling yang menginspirasi akan lahir dengan tulisan yang penuh karakter dan mampu mendapatkan banyak minat pembaca.

Jadi, sekarang sudah siap kan untuk menulis artikel perjalanan yang selanjutnya? Dan itulah beberapa tips menulis artikel traveling yang menginspirasi dan sebaiknya segera Anda coba lakukan. Tulislah berbagai artikel perjalanan dengan penuh kejujuran agar menghasilkan artikel yang menginspirasi dan mampu mengubah stigma pembaca.

Tips Menulis Artikel Traveling yang Menginspirasi | Malik | 4.5
error: Content is protected !!