Tips Supaya Blog Muncul di Google Paling Atas

Mengelola blog saat ini memang tidak semudah beberapa tahun yang lalu. Sekarang para blogger membutuhkan usaha ekstra untuk membuat blog atau tulisannya muncul di halaman utama pencarian Google. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan supaya blog berhasil muncul di Google paling atas. Mulai dari mengoptimalkan search engine hingga membuat konten yang menarik dan relevan.

number one Google

Selain itu, Anda juga perlu memahami beberapa aspek lainnya yang dapat meningkatkan peringkat blog di mesin pencari Google. Penasaran apa saja tips supaya blog muncul di Google paling atas? Kalau begitu langsung saja simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

7 Tips Supaya Blog Muncul di Peringkat Pertama Google

Untuk mendapatkan peringkat Google yang baik, maka blog Anda harus dikelola secara optimal. Dan berikut ini beberapa tips supaya blog muncul di Google paling atas:

1. Tentukan Niche Market yang Spesifik

Niche market atau target pasar adalah hal paling mendasar yang harus Anda tentukan sebelum mengelola blog lebih jauh. Pastikan Anda sudah menentukan niche market yang spesifik agar memudahkan Anda dalam membuat konten ataupun memilih kata kunci.

Niche market juga menjadi karakter dari blog Anda sehingga pembaca bisa mengetahui apa value yang mereka dapat ketika berkunjung di blog tersebut. Dengan niche market yang spesifik, Anda tidak sekedar meningkatkan peringkat blog di mesin pencari Google, tapi juga mendapat trafik pengunjung yang loyal.

2. Persaingan Keyword yang Rendah

Setelah memiliki niche market, maka tips supaya blog muncul di Google paling atas yang selanjutnya adalah memilih keyword atau kata kunci yang rendah. Beberapa keyword yang terlalu familiar dan sudah banyak dicari tentu memiliki persaingan yang sangat tinggi. Bahkan Anda akan kewalahan untuk menggeser posisi dari blog lainnya.

Namun berbeda dengan kata kunci yang persaingannya masih rendah. Di sini persaingan tidak setinggi kata kunci populer sehingga Anda memiliki peluang lebih baik untuk masuk di pencarian pertama Google.

3. Artikel yang Sesuai Keyword

Setelah menentukan keyword, maka Anda harus memastikan bahwa artikel yang ditulis sesuai dengan kata kunci tersebut. Hal ini bertujuan agar pengguna nyaman saat mencari informasi dan berhasil menemukan apa yang mereka cari. Artikel blog yang tidak sesuai judul atau kata kunci justru akan ditinggalkan oleh pembaca kurang dari 30 detik. Kalau sudah begini, peringkat blog Anda tentu saja akan terjun dan semakin sulit mendapat posisi paling atas di pencarian Google.

4. Artikel yang Padat dan Jelas

Dalam menulis artikel, sebaiknya Anda tidak terlalu banyak bertele-tele. Pembaca internet di masa sekarang memiliki banyak alternatif sumber informasi dari berbagai platform maupun situs blog. Apabila Anda menulis artikel yang terlalu bertele-tele, maka pembaca akan segera pergi dan mencari informasi di situs lain.

Sebaiknya gunakan bahasa yang padat dan jelas. Susunan kalimat juga harus diupayakan seefektif mungkin dan tidak ada pengulangan kata yang sama. Artikel yang padat dan jelas akan lebih ramah bagi para pembaca sehingga mereka bisa menjadi pengunjung tetap.

5. Judul Artikel

Tips supaya blog muncul di Google paling atas yang selanjutnya adalah menulis judul yang mengandung kata kunci. Pastikan juga judul artikel tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek. Usahakan proporsional saja dan mampu menjabarkan isi artikel dengan jelas.

Hindari penggunaan judul yang ambigu atau multitafsir. Meskipun judul semacam itu mampu menjadi clickbait, tapi kalau tidak sesuai dengan isi artikel hanya akan menurunkan trafik pengunjung blog Anda.

6. Deskripsi Artikel

Anda pastinya sudah familiar dengan kolom deskripsi yang ada di blog. Namun beberapa blogger seringkali meremehkan fungsi kolom deskripsi. Padahal deskripsi inilah yang nantinya dicari oleh robot algoritma Google. Jadi pastikan Anda menuliskan deskripsi dengan jelas dan menambahkan kata kunci di dalamnya.

Penggunaan deskripsi bisa memaksimalkan algoritma Google untuk meningkatkan posisi blog Anda di halaman pencarian utama.

7. Link atau URL

Link atau alamat URL juga memengaruhi pencarian. Mesin pencari Google akan membaca kata pada link sehingga Anda bisa menambahkan kata kunci di link atau URL tersebut. Pastikan juga Anda tidak membuat link terlalu panjang karena akan membingungkan pembaca.

Baca juga : 9 Cara Membuat SEO YouTube Terbaru Bagi Pemula

8. Hindari Plagiasi

Tips supaya blog muncul di Google paling atas yang terakhir adalah menghindari plagiasi. Agar skor blog Anda selalu baik di mata algoritma Google, maka sebaiknya Anda tidak pernah plagiasi konten orang lain. Banyak dampak yang bisa diakibatkan plagiasi, mulai dari menurunnya peringkat blog, penurunan skor artikel dalam mesin pencari Google, hingga permasalahan hukum seputar hak cipta.

Nah, sekarang Anda sudah tahu kan apa saja tips supaya blog muncul di Google paling atas? Selamat mencoba dan semoga berhasil mendapatkan peringkat terbaik untuk blog yang Anda kelola.

Tips Supaya Blog Muncul di Google Paling Atas | Malik | 4.5
error: Content is protected !!