Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Uang Dollar

Perkembangan teknologi di era digital telah terbukti mampu menghasilkan uang dengan cara yang lebih mudah. Bahkan tanpa harus keluar rumah, seseorang tetap bisa mendapatkan penghasilan hingga jutaan rupiah setiap bulannya. Seperti salah satunya dengan membuat blog yang mendatangkan banyak trafik dan menghasilkan uang.

Membuat blog yang menghasilkan banyak uang juga bisa dilakukan oleh siapa saja. Bahkan bagi Anda yang masih pemula juga bisa melakukannya asalkan mau mempelajari cara-caranya. Untuk itu pada kesempatan ini kami sudah siapkan beberapa cara membuat blog yang menghasilkan uang dan bisa Anda lakukan mulai sekarang hanya dari rumah saja.

7 Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Banyak Uang

Untuk mendapatkan uang dari blog, maka ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan, yaitu:

1. Membuat Blog di Platform Terbaik

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah pemilihan platform untuk membuat blog. Sejauh ini platform yang paling direkomendasikan adalah WordPress karena memiliki banyak template dan plugin gratis yang bisa mengoptimalkan blog Anda.

Selain itu, WordPress juga bisa diakses secara gratis maupun berbayar. Tak heran kalau data statistik sejauh ini menunjukkan bahwa ada lebih dari 59% blog yang menggunakan platform WordPress di seluruh dunia.

2. Membuat Konten yang Bermanfaat

Cara membuat blog yang menghasilkan uang selanjutnya adalah memastikan konten di dalamnya bermanfaat untuk kepentingan orang banyak. Nantinya para pengunjung blog Anda adalah para pembaca yang sedang mencari solusi atas sebuah permasalahan. Dan tugas Anda tentu saja menyajikan blog yang di dalamnya memuat berbagai konten sebagai solusi tersebut.

Dari sinilah kebutuhan pembaca akan terpenuhi dan trafik pengunjung blog bisa terus naik. Selain itu, pastikan Anda juga membuat konten yang menarik. Seperti misalnya mengambil topik dengan sudut pandang yang unik dan berbeda dari situs lain hingga membuat judul yang kreatif namun tetap relevan dengan isinya.

3. Optimasi SEO Blog

Jika Anda berhasil membuat konten yang berkualitas, maka sayang sekali apabila tidak mampu dioptimasi dengan baik. Anda harus mengoptimasi SEO dari setiap konten yang Anda unggah di blog agar masuk ke halaman pertama hasil pencarian Google. Algoritma Google akan membaca konten Anda dengan cara yang unik sehingga tidak bisa hanya mengandalkan kualitas artikel saja.

Dengan optimasi SEO, maka otomatis blog Anda juga akan mendapat lebih banyak pengunjung. Dan itu artinya trafik blog semakin tinggi sehingga Anda bisa lebih mudah menghasilkan uang dari blog. Namun tentu saja optimasi SEO tidak bisa dilakukan dalam semalam. Anda membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk konsisten mengunggah konten berkualitas dengan SEO yang tepat.

4. Bagikan Blog di Media Sosial

Membagikan blog di media sosial menjadi salah satu cara membuat blog yang menghasilkan uang dan wajib Anda lakukan. Seperti yang Anda ketahui, saat ini media sosial memiliki jumlah pengguna yang sangat banyak di seluruh dunia. Semakin viral media sosial Anda, maka semakin banyak calon pembaca yang akan melihat blog tersebut.

Ada banyak platform media sosial yang bisa Anda manfaatkan untuk membagikan link blog. Mulai dari Instagram, Twitter, YouTube, Facebook, hingga TikTok. Pastikan juga Anda tidak sekedar membagikan link, namun juga membuat konten menarik yang relevan lewat media sosial tersebut.

5. Menjaga Kualitas Konten

Berbagai hal di atas tidak akan ada artinya apabila Anda tidak mampu menjaga kualitas konten. Anda bisa dengan mudah memulai sebuah blog dengan konten yang berkualitas namun mempertahankannya menjadi hal yang lebih sulit.

Anda harus konsisten dalam menjaga kualitas blog untuk meningkatkan trafik pengunjung setiap harinya. Selain itu, blog yang konsisten juga akan mendapat kepercayaan pembaca sehingga mereka kembali lagi.

6. Mulai Monetisasi Google AdSense

Sekarang adalah saat yang Anda tunggu-tunggu, yaitu cara membuat blog yang menghasilkan uang dengan monetisasi Google AdSense. Layanan Google AdSense diperuntukkan bagi para pemilik website yang ingin menayangkan iklan. Nantinya Anda bisa mendapatkan uang dari setiap iklan yang tampil di blog Anda.

Untuk proses monetisasi Google AdSense juga cukup mudah, yaitu:

  • Sebagai pemilik blog, Anda memasukkan kode Adsense di website tersebut.
  • Pengiklan atau pihak yang ingin memasang iklan akan melakukan penawaran untuk Anda dengan harga terbesar agar bisa menampilkan produk iklan di blog.
  • Anda segera mendapat bayaran setiap kali iklan tersebut diklik oleh pengunjung blog Anda.

Baca juga : Cara Membuat Blog Micro-Niche untuk Optimasi Adsense

Google AdSense akan menganalisa konten blog Anda dengan algoritma yang kompleks. Nantinya pihak Google AdSense yang akan melakukan penagihan ke pihak pemasang iklan untuk memastikan Anda mendapat bayaran. Bayaran setiap klik iklan juga bervariasi, mulai dari USD 0,1 sampai USD 5. Semakin banyak trafik pengunjung blog Anda maka semakin tinggi kemungkinannya jumlah orang yang mengklik iklan.

Cara membuat blog yang menghasilkan uang ternyata sangat mudah kan? Anda bisa mulai membangun blog dari sekarang untuk segera mengunggah konten-konten berkualitas yang akan mendatangkan banyak pengunjung sampai proses monetisasi.

Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Uang Dollar | Malik | 4.5
error: Content is protected !!