Banyak Untungnya! Ini Dia 4 Manfaat YouTube untuk Bisnis yang Bisa Anda Dapatkan!

Manfaat YouTube untuk bisnis – Aset digital seperti YouTube ini sangat penting untuk aset bisnis. Aset ini dikategorikan dalam aset likuid yang bisa Anda jadikan sebagai tempat untuk mendapatkan banyak views dan juga subscriber. Bahkan YouTube ini menjadi tempat video sharing dan dijadikan ladang empuk penghasil uang.

YouTube ini menjadi saluran sosial media yang mana memungkinkan banyak orang yang ada di seluruh dunia saling berinteraksi. YouTube juga menjadi tempat berbagi dan juga membuat konten melalui komunitas online. Jika Anda sudah memiliki brand sendiri maka Anda bisa menggunakan YouTube ini sebagai media untuk promosi bisnis.

Mengingat saat ini YouTube memiliki banyak pengguna, dengan beriklan di YouTube atau mempromosikan bisnis Anda ke YouTube membuat semua penggunanya bisa melihat iklan Anda kemudian tertarik dan melirik produk Anda. Saat itulah penjualan bisnis Anda akan meningkat. Ada beberapa manfaat YouTube untuk bisnis yang bisa Anda dapatkan seperti berikut ini:

Meningkatkan Traffic Website

Anda akan bisa meningkatkan traffic website Anda. YouTube ini merupakan platform yang saat ini sedang digandrungi. Jika Anda merasa traffic website Anda stagnan atau menurun maka bisa mempertimbangkan YouTube ini. Agar mendatangkan traffic yang lebih maksimal diletakkan di awal video animasi yang mengetikkan alamat website bisnis Anda. Penonton yang melihat video Anda akan bisa mengingat website Anda.

Selain membuat animasi bisa membuat rekaman layar. Di layar tersebut sedang mengetikkan alamat website Anda. Anda bisa meningkatkan traffic melalui audio yang dimunculkan dalam video Anda misalnya adalah jangan lupa kunjungi website. Setelah itu Anda bisa menambahkan kalimat promosi seperti temukan berbagai macam informasi menarik dan uptodate dan sebagainya.

Yang terakhir menggunakan cara biasa. Misalnya saja adalah Anda bisa meletakkan link pada deskripsi video, atau bisa juga meletakkan di header channel maupun kartu. Cara yang terakhir ini cocok untuk Anda yang menyukai kesederhanaan sehingga tidak perlu repot dalam membuat animasi, rekaman layar maupun rekaman video.

Membangun Brand Awareness

Manfaat YouTube untuk bisnis selanjutnya adalah membangun brand awareness. Hal ini dilakukan oleh produsen supaya produk buatannya selalu diingat konsumen melalui logo, gambar, video maupun slogan. Di YouTube ini kesempatan bagi Anda untuk membangun brand awareness ini sangat terbuka dengan lebar karena jumlah pengguna dan penontonnya yang sangat besar dari tahun ke tahun.

Bahkan banyak brand yang sudah besar memanfaatkan YouTube untuk brand awareness bisnis. Brand tersebut misalnya saja adalah Adidas, JD.ID, Bebelac, dan masih banyak lagi lainnya. Seperti Bebelac misalnya, video yang mereka buat untuk brand awareness sangat inspiratif. Tujuan akhirnya tetap sama yaitu pemasaran produk agar penjualannya semakin laris manis.

Dalam membangun brandnya, Bebelac menampilkan video anak A yang sedang minum susu. Setelah itu ia ikut ayahnya pergi ke masjid dengan menggunakan sandal baru. Saat pulang dari masjid ada anak lain sebut saja si B yang mencari sandalnya yang hilang. Si A melihatnya kemudian memberikan sandal barunya tersebut ke anak yang kehilangan sandal tadi.

Video ini memang inspiratif dan juga sangat luar biasa. Jika di logika sulit diterima karena anak yang belum terlalu dewasa ini masih suka mempertahankan barang miliknya. Mereka juga enggan berbagi dengan orang lain. Hal tersebutlah yang disebut dengan brand awareness dimana inti dari video tersebut adalah membuat anak yang minum susu Bebelac bisa berubah menjadi lebih dewasa atau senang membantu sesama.

Mengenalkan Produk

Manfaat YouTube untuk bisnis selanjutnya adalah Anda akan bisa mengenalkan produk Anda. Salah satu brand besar yang menyasar YouTube ini untuk mengenalkan produk mereka adalah Lenovo. Lenovo mengenalkan Lenovo 17 Inch Passage Backpack Product Video yang mana dalam videonya mereka memperlihatkan keunggulan tas yang mereka buat. Keunggulannya tersebut adalah USB eksternal, ruang penyimpanan yang besar dan sebagainya.

Hal ini bisa ditiru dan modifikasi yaitu menggunakan YouTube sebagai media pemasarannya. Dengan YouTube produk atau jasa yang Anda tawarkan jauh lebih mudah dilihat oleh jutaan penonton pengguna YouTube.

Monetisasi

YouTube ini akan menambah penghasilan Anda. Dengan menggunakan Google AdSense iklan yang ditayangkan di channel Anda mendapatkan bayaran dari YouTube. Hal ini bisa membuat Anda mendapatkan penghasilan ganda dari hasil marketing Anda dan juga hasil dari channel YouTube Anda tersebut.

Baca juga : 9 Cara Membuat SEO YouTube Terbaru Bagi Pemula

Mengapa Harus YouTube?

YouTube ini menjadi jalan promosi yang bisa diambil untuk membuat bisnis lebih berkembang. Ada beberapa alasan mengapa Anda harus melebarkan sayap promosi bisnis Anda ke YouTube seperti berikut ini:

  • Jangkauannya luas. Riset membuktikan bahwa lebih dari 400 juta orang mengakses YouTube dari ponsel mereka per harinya.
  • Mudah diakses. Jaringan internet yang semakin luas dan cepat membuat YouTube mudah diakses.
  • Promosi beragam. Anda bisa menggunakan audio maupun secara visual. Akan lebih baik lagi jika disertai dengan promosi teks dari website Anda.
  • Murah. Dibandingkan Facebook, Google atau Bing, biaya iklan atau promosi YouTube ini jauh lebih murah.

Kini sudah saatnya bisnis Anda semakin bergerak maju. Jangan lewatkan manfaat YouTube untuk bisnis begitu saja, mulailah gunakan YouTube sebagai media promosi bisnis Anda sekarang juga, semoga informasi ini bermanfaat.

Banyak Untungnya! Ini Dia 4 Manfaat YouTube untuk Bisnis yang Bisa Anda Dapatkan! | Malik | 4.5
error: Content is protected !!