Performa Bisnis Kurang Maksimal? Lakukan 5 Cara Pemasaran Bisnis dengan YouTube Ini!

Pemasaran bisnis dengan YouTube – Jika membahas tentang YouTube, pasti pikiran langsung mengarah ke konten video, YouTuber, Vlogger dan sebagainya. Padahal lingkup YouTube tidak sesempit itu, YouTube ini juga bisa dijadikan sebagai media pemasaran yang tepat untuk bisnis Anda.

YouTube bisa Anda jadikan sebagai tempat untuk mengungkap kepribadian merek Anda dan memantau feedback. Selain itu juga bisa memberikan layanan konsumen dan membantu konsumen menyebarkan info tentang bisnis Anda. Anda bisa mudah mempromosikan bisnis dengan menggunakan YouTube ini. Lalu bagaimana cara pemasaran bisnis dengan YouTube ini? simak caranya berikut ini:

Pahami Cara YouTube Bekerja

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah memahami cara kerja YouTube bekerja terlebih dahulu. Dengan hal ini Anda bisa mengetahui bagaimana cara Anda memaksimalkan bisnis Anda dengan menggunakan YouTube tersebut. Sejak berdiri tahun 2005 YouTube ini berkembang dengan pesat. Menurut data statistik, pengguna YouTube saat ini mencapai satu miliar.

Sepertiga pengguna internet menonton YouTube ini setiap harinya. Banyak orang menonton ratusan juta video setiap jamnya di YouTube. Selain itu YouTube mampu menghasilkan penayangan berjumlah milyaran. DI perangkat seluler, YouTube ini menjangkau audiens dengan usia 18-34 tahun dan di jaringan televisi atau kabel menyasar usia 18 – 49 tahun.

Seiring waktu YouTube ini terus tumbuh dan naik minima 50% per tahunnya. Hal tersebut terjadi selama 3 tahun berturut-turut. Bahkan YouTube ini menjadi mesin pencarian terbesar kedua di dunia setelah Google.  Tandanya adalah YouTube ini sering digunakan untuk mencari video informasi yang dianggap penting. Selain itu digunakan untuk mencari info yang sesuai dengan topic yang dicari.

Video berasal dari YouTube ini akan mudah dibagikan melalui platform lain seperti sosial media, email maupun website. Bahkan video ini bisa dimasukkan ke situs yang lain. Hal ini bisa menjadi angin segar untuk bisnis. Anda bisa mempromosikan produk atau jasa Anda di YouTube kemudian mudah membagikan video Anda tersebut.

YouTube ini akan mendorong audiens untuk bisa mengutarakan pendapat mereka di video. Selain itu YouTube bisa menyimpan video untuk bisa ditonton nanti atau sekedar berbagi video yang disukai. Untuk videonya Anda bisa membuat sifatnya publik, hanya bisa dilihat oleh orang-orang yang dipilih atau hanya bisa dilihat secara pribadi.

Masukkan CTA

CTA merupakan singkatan dari Call To Action. Jika Anda ingin menjadikan YouTube Anda sebagai media pemasaran maka Anda bisa menggunakan CTA. Idealnya promosi bisnis setelah menonton video customer Anda akan diarahkan untuk melakukan sesuatu. Misalnya saja seperti membeli produk, promosi bisnis melalui jaringan sosial media, memberikan feedback atau mencari informasi lebih lanjut tentang bisnis atau produk Anda.

CTA yang bisa Anda berikan adalah mengundang orang untuk meninggalkan tanggapan di kolom komentar. Selain itu Anda bisa mengajak audiens untuk menilai video, berbagi video, subscribe video atau berlangganan notifikasi dari channel Ada untuk melihat video terbaru.

Agar efektif jangan lupa Anda memberikan CTA untuk mengarah ke situs Anda. Anda juga bisa meminta audiens untuk menelepon perusahaan bisnis Anda jika membutuhkan info lebih lanjut tentang perusahaan Anda. Audiens atau penonton juga sangat senang jika mendapatkan kode promosi untuk bisa mendapatkan layanan gratis atau diskon.

Kelola Feedback

Cara pemasaran bisnis dengan YouTube yang efektif dan efisien selanjutnya adalah Anda bisa menjalin interaktif dengan orang yang memberikan rating video dan juga komentar. Kegiatan interaktif ini akan menjadi kekuatan yang sebenarnya karena dengan memberikan feedback secara langsung Anda akan bisa segera mendapatkan respons.

Anda harus bersikap aktif. Lakukan monitoring komentar dan juga rating video Anda. Tanggapi feedback dengan menekan tombol like dan juga berbalas komentar. Karena YouTube juga rawan mendapatkan komentar yang jelek Anda bisa menonaktifkan komentar jika video Anda menjadi rusuh dengan komentar jelek.

Branding dan Memperkuat Merek Anda

Hal sederhana yang Anda masukkan ke dalam video bisa membuat video Anda jauh lebih menarik. Hal sederhana tersebut memasukkan logo perusahaan bisnis Anda di awal maupun di akhir video. 

Tujuan memasukkan logo tersebut adalah untuk selalu terhubung dengan perusahaan bisnis Anda. Hal ini sangat penting  untuk memastikan jika gaya yang Anda gunakan di dalam YouTube ini selalu konsisten dan melekat pada merek Anda.

Tingkatkan SEO Anda

Agar bisa melakukan pemasaran secara maksimal hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan meningkatkan SEO Anda. Memasukkan video ke dalam konten web misalnya embedding video ke dalam situs web Anda. Hal itu bisa meningkatkan nilai Anda di mesin pencarian Google. Saat pencarian di Google ini pengunjung kemungkinan besar menemukan website Anda.

Baca juga : SEM vs SEO Mana yang Bagus Untuk Promosi Bisnis?

Untuk bisa membantu orang untuk bisa menemukan video Anda bisa memberikan tag kepada mereka. Anda bisa memilih keyword yang banyak dicari. Untuk research keyword ini yang sedikit memakan watu karena dengan pemilihan keyword yang salah akan membuat traffic tidak sebagus keyword yang pemilihannya tepat.

Jika Anda merasa penjualan tidak mencapai target dan kurang memuaskan maka sudah saatnya Anda merambah pemasaran ke YouTube yang saat ini sedang tren. Anda bisa melakukan pemasaran bisnis dengan YouTube agar hasil penjualan lebih maksimal, semoga informasi ini bermanfaat.

Performa Bisnis Kurang Maksimal? Lakukan 5 Cara Pemasaran Bisnis dengan YouTube Ini! | Malik | 4.5
error: Content is protected !!