10 Keuntungan Pembayaran Transaksi dengan e-Money

Keuntungan pembayaran dengan e-money – Perkembangan teknologi yang semakin maju memudahkan masyarakat untuk bertransaksi. Kini Kita tidak perlu repot membawa uang tunai kemana-mana, karena sudah ada teknologi uang elektronik atau lebih dikenal dengan e-money.

E-money memiliki banyak manfaat karena dapat digunakan untuk banyak transaksi, mulai dari naik transportasi umum, berbelanja, membayar tol, membayar tagihan restoran, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika saat ini Anda belum menggunakan e-money, maka Anda sudah melewatkan keuntungan finansial yang diberikan oleh e-money.  Lantas apa saja keuntungan pembayaran dengan e-money? Berikut ini 10 keunggulan yang bisa dirasakan pengguna e-money.

1.      Praktis dan Mudah Dibawa ke Mana Saja

Kemudahan adalah salah satu keunggulan utama e-money. Bentuknya tipis seperti kartu sehingga dapat dibawa dan dimasukkan ke dalam dompet maupun saku. Anda juga bisa melakukan transaksi kecil hingga jutaan dengan e-money.

Penggunaannya pun praktis, Anda cukup menempelkan e-money  pada mesin untuk melakukan transaksi pembayaran.

2.      Memperoleh Diskon dan Promo Spesial

Keuntungan pembayaran dengan e-money ­yang kedua adalah banyaknya penawaran diskon, promo, dan cashback dari penerbit yang dapat diterima.

Ini jarang Anda dapatkan jika melakukan transaksi pembayaran menggunakan uang tunai.

3.      Hemat Waktu Tidak Perlu Memikirkan Kembalian dari Penjual

Seringkali saat Anda membayar tagihan belanja dan transportasi menggunakan uang tunai sehingga penjual harus menghitung uang tunai Anda dan memberikan uang kembalian. Proses ini memakan waktu yang cukup lama terlebih jika penjual tidak memiliki uang kembalian.

Berbeda jika Anda berbelanja dengan e-money maka Anda tidak perlu memikirkan hal tersebut karena Anda hanya tinggal tap kartu e-money.

4.      Mencegah Terjadinya Kejahatan

Meskipun Anda membawa kartu e-money dengan saldo jutaan rupiah, tapi orang di sekitar Anda tidak akan tahu. Berbeda jika Anda membawa uang tunai jutaan rupiah di dompet maka akan memicu tindakan kriminal yang membahayakan keselamatan diri Anda.

Dengan menggunakan e-money Anda dapat mengantisipasi hal tersebut.

5.      Mencegah Peredaran Uang Palsu di Sekitar Anda

Anda pasti merasa rumit jika setiap belanja harus melakukan 3D (dilihat, diraba, diterawang) untuk memastikan uang kembalian Anda asli atau palsu.

Jika menggunakan e-money, Anda tidak perlu melakukannya lagikarena Anda menggunakan uang elektronik. Tak heran jika keberadaan e-money akan menekan peredaran uang palsu di sekitar Anda.

6.      Lebih Ramah Lingkungan

Semakin banyak pengguna e-money maka semakin sedikit pengguna uang kertas.

Berkurangnya pengguna uang kertas secara tidak langsung dapat mengurangi penebangan pohon sebagai bahan dasar uang kertas.

Jika dilakukan jangka panjang maka dampak pada lingkungan akan terasa. Ini adalah salah satu keuntungan pembayaran dengan e-money lainnya yang dapat Anda rasakan.

7.      Bisa Mengontrol Uang Belanja Anda

Meskipun uang di dalam kartu e-money tidak tampak, namun Anda bisa mengontrol pengeluaran dengan memantau saldonya.

Selain itu, Anda dapat membagi pengeluaran dalam beberapa e-money. Misalnya, e-money bank A untuk keperluan belanja, e-money bank B untuk keperluan transportasi, dan seterusnya.

Dengan begitu, Anda dapat menghemat dan lebih disiplin dalam mengontrol uang belanja Anda sehingga mengurangi kemungkinan untuk bertransaksi di luar rencana Anda.

8.      Lebih Akurat dan Efisien dalam Penggunaan

Anda pasti pernah merasa khawatir tentang uang kembalian saat  menggunakan uang tunai. Hal ini tidak bisa dipungkiri karena kadang penjual salah memberi uang kembalian.

Namun jika Anda menggunakan e-money maka Anda tidak akan khawatir karena kartu e-money dioperasikan dengan sistem dan koneksi internet sehingga selalu akurat dan lebih efisien.

9.      Naik Transportasi Umum dan Tol Jadi Lebih Mudah Tanpa Antri

Sudah tidak zaman antri di loket untuk mendapatkan tiket transportasi umum, karena dengan e-money Anda hanya tinggal tap kartu e-money pada mesin reader di pintu masuk dan keluar transportasi pilihan Anda.

Keuntungan pembayaran dengan e-money ini juga berlaku pada mesin e-toll sehingga mengurangi kemacetan yang kerap terjadi di sepanjang pintu tol.

10.  Mudah ­Top-up e-Money

Jika dulu mengisi ulang (top-up) saldo e-money cukup merepotkan karena kita harus ke bank, atm, atau merchant e-money seperti Alfamart, Alfamidi, Lawson, Family Mart,  Gramedia, Toko Buku Gunung Agung, Kantor Pos dan Indomaret.

Baca juga : 6 Strategi Jaga Mood Investor Tetap Tinggi Saat Pandemi

Saat ini Anda dapat mengisi ulang e-money secara online menggunakan berbagai pilihan e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blibli.com, dan lainnya menggunakan smartphone dimanapun Anda berada. Kini Anda tak perlu repot ke bank dan toko fisik untuk ­top-up e-money.

Itu adalah 10 keuntungan pembayaran dengan e-moneyyang dapat dirasakan oleh penggunanya.

10 Keuntungan Pembayaran Transaksi dengan e-Money | Malik | 4.5
error: Content is protected !!