Inilah 6 Plus Minus Bisnis Musiman Yang Perlu Anda Pahami

Istilah bisnis musiman sudah sangat sering terdengar di tengah masyarakat Indonesia. Bisnis musiman ini mengacu pada jenis bisnis yang hanya ada pada musim atau waktu-waktu tertentu saja. Misalnya saja saat musim panen buah durian, maka sangat mudah bagi Anda untuk menemukan para penjual duren dadakan di pinggir-pinggir jalan. Begitu juga saat musim hujan mulai datang, pasti Anda akan melihat banyak pedagang jas hujan dadakan di sepanjang jalan.

Melakoni bisnis musiman tentu saja memiliki beberapa nilai kelebihan dan kekurangan. Berikut ini adalah beberapa nilai plus minus bisnis musiman:

Permintaan yang Tinggi Karena Adanya Rasa Penasaran dari Konsumen

Sudah menjadi rahasia umum jika masyarakat Indonesia selalu suka merasa penasaran terhadap sesuatu yang memang sedang menjadi tren, termasuk juga pada suatu produk baru entah itu makanan, minuman dan sebagainya. Tingginya rasa penasaran konsumen ini memberikan keuntungan bagi para pebisnis dadakan yang menawarkan berbagai produk tren dan viral.

Konsumen bahkan tidak segan untuk berburu produk tren ini meski lokasi penjualannya cukup jauh, semata untuk ikut eksis dan tidak tertinggal tren yang sedang viral tersebut. Hal ini membuat penjual cepat mendapatkan keuntungan yang cukup besar tanpa harus susah payah melakukan promosi besar-besaran.

Tidak Sulit Menemukan Supplier untuk Bisnis Anda

Salah satu nilai plus minus bisnis musiman adalah Anda tak perlu susah payah untuk menjaga stok barang atau produk, karena akan lebih mudah menemukan supplier yang bisa menyediakan produk tersebut untuk Anda. Hal ini karena supplier juga akan melihat potensi pada berbagai produk yangs edang viral, sehingga banyak juga supplier yang menyediakan produk yang sedang tren tersebut demi mendapatkan omset yang besar juga.

Misalnya saja saat ini sedang musim buah durian, maka jika Anda ingin menjadi penjual durian dadakan maka tidak akan sulit menemukan supplier yang bersedia menjaga pasokan durian agar tetap aman. Suplier ini bisa saja dari petani langsung, atau bisa juga dari pengepul durian.

Tak Perlu Repot Memikirkan Tempat

Nilai plus minus bisnis musiman selanjutnya adalah Anda tidak perlu repot memikirkan tempat untuk membuka bisnis Anda. Mengapa demikian? Bisnis musiman umumnya hanya berlaku di waktu tertentu saja, sehingga mungkin akan cepat menurun seiring meredupnya tren pada produk tersebut. Umumnya para pelaku bisnis musiman ini justru lebih senang membuka bisnis mereka di pinggir jalan, di tepi lapangan atau di tempat ramai yang potensial terlihat banyak orang.

Hal ini berbeda dengan bisnis jangka panjang yang umumnya membutuhkan persiapan tempat yang matang. Anda bahkan juga perlu menyediakan tempat khusus dengan cara membeli atau menyewa ruko dan sebagainya.

Modal yang Cukup Minim

Karena bisnis ini seringnya tidak membutuhkan tempat yang permanen sehingga biaya modal Anda juga akan lebih kecil ketimbang bisnis yang ditujukan untuk jangka panjang. Selain itu bisnis musiman ini juga hanya menyediakan satu jenis produk saja, sehingga umumnya modal yang harus disediakan cukup kecil. Bahkan ada juga penjual musiman yang bermodal produk pinjaman, artinya mereka mengambil produk  terlebih dahulu dan membayarnya ketika sudah laku.

Banyaknya Pesaing yang Bermunculan

Nilai plus minus bisnis musiman yang selanjutnya adalah banyaknya bermunculan pesaing, ini karena banyak orang yang juga menargetkan omset besar saat ada tren tertentu. Contoh mudahnya saat musim durian tiba, Anda akan sangat mudah menemukan pedagang buah berbau menyengat ini hampir di semua ruas jalan kota. Bahkan dari pagi hingga malam penjual buah ini akan selalu ada.

Umur Bisnis yang Umumnya Hanya Sementara

Karena sifatnya hanya mengikuti musim dan tren, maka bisnis musiman ini hanya akan berlaku sementara saja. Seiring menurunnya tren atau hilangnya musim tertentu maka otomatis bisnis musiman yang Anda jalani juga akan menjadi sepi peminat.

Inilah yang membuat bisnis musiman cepat berakhir dan hanya memiliki umur yang sementara. Anda mungkin harus memikirkan peluang bisnis musiman lainnya yang bisa Anda jalani setelah bisnis yang sebelumnya sudah tutup.

Baca juga : Simak 5 Cara Agar Bisnis Mudah Ditemukan di Internet!

Masa Bisnis yang Singkat Membuat Anda Harus Cermat Memanfaatkan Kesempatan

Jika Anda bisa mengambil strategi pemasaran yang tepat Anda pasti akan berhasil mendapatkan omset dan keuntungan yang besar saat menjalankan bisnis musiman ini. Karena masanya yang singkat, para pelaku bisnis musiman harus kreatif dalam menyajikan produk dan melakukan pemasaran.

Misalnya saja saat Anda menjual aneka kebutuhan menjelang perayaan valentine, tentu saja bukan hanya Anda yang akan membuka bisnis serupa. Nah, untuk menarik lebih banyak pelanggan Anda bisa memberikan inovasi, seperti misalnya paket bungam hadiah dan cokelat dengan harga yang cukup terjangkau.

Itulah beberapa nilai plus minus bisnis musiman yang perlu Anda ketahui, semoga bermanfaat.

Inilah 6 Plus Minus Bisnis Musiman Yang Perlu Anda Pahami | Malik | 4.5
error: Content is protected !!