Kenali Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online Berikut Sebelum Terjun di Dalamnya

Kelebihan dan kekurangan bisnis online – Saat ini bisnis online sangat diminati karena Anda dapat menghasilkan uang dan sukses bahkan tanpa harus mendirikan toko atau perusahaan. Anda bisa terhubung dengan pelanggan di mana saja karena Anda dapat memantau pelanggan melalui media sosial dan internet di smartphone Anda.

Namun, dibalik kesuksesan bisnis online sebenarnya ada proses panjang dan kerja keras. Faktanya, ada pula pebisnis online yang mengalami kegagalan dan sulit untuk bangkit. Maka dari itu, jika Anda ingin terjun ke dunia bisnis online cari tahu dulu kelebihan dan kekurangan bisnis online agar bisnis Anda berjalan lancar.

Kelebihan Bisnis Online

Berikut ini adalah beberapa kelebihan bagi Anda yang akan menjalankan bisnis online:

1.      Jangkauan Pasar Sangat Luas

Ketika Anda mulai berbisnis online, kemudahan yang akan Anda peroleh adalah jangkauan pasar yang luas. Bahkan sifatnya bisa dikatakan tidak terbatas karena basis utama bisnis online adalah internet yang dapat diakses oleh semua orang baik nasional maupun internasional. Inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk membuka bisnis online.

2.      Fleksibel Dan Mudah Dijalankan

Anda dapat mengelola bisnis secara fleksibel karena dapat menjalankan bisnis dimana saja. Anda tidak perlu bertemu pelanggan secara langsung karena bisa terus terhubung melalui internet.

Bisnis ini sangat mudah dijalankan karena tidak perlu repot melayani komplain pelanggan secara langsung yang kerap menguji kesabaran.

3.      Modal Awal Sesuai Kemampuan Anda

Berbisnis adalah soal modal. Tapi Anda tidak perlu khawatir jika memulai bisnis online karena modal awal dapat disesuaikan dengan kemampuan Anda. Bahkan jika Anda tidak memiliki produk, Anda bisa membantu mempromosikan dan menjual produk orang lain atau brand yang Anda inginkan dengan sistem reseller.

4.      Dapat Menjadi Usaha Sampingan

Saat pekerjaan utama tidak bisa menutupi kebutuhan Anda dan keluarga, memulai berbisnis online sebagai pekerjaan sampingan bisa menjadi solusi.

Tidak seperti bisnis offline yang harus selalu dipantau langsung, bisnis online sangat fleksibel untuk dijadikan usaha sampingan. Sebagian orang mengaku hanya menyisihkan sedikit waktu untuk berbisnis online ketimbang bisnis offline. Selain itu, keuntungannya relatif sama bahkan lebih dari bisnis offline.

5.      Ada Banyak Jenis Bisnis Online yang Dapat Dipilih

Ada banyak alternatif bisnis online yang dapat dipilih ketika Anda memulainya. Misalnya kuliner, furniture, fashion, elektronik, dan masih banyak lagi yang lainnya. Ada pula pilihan bisnis online yang bersifat perorangan maupun organisasi.

Anda dapat memilih jenis bisnis online yang sesuai dengan minat agar bisnis berjalan lancar dan nyaman. Jangan sampai salah memilih karena Anda akan mengalami dampak kelebihan dan kekurangan bisnis online itu sendiri.

6.      Mudah Dipantau atau di Monitorisasi

Tidak seperti bisnis offline, bisnis online mudah dipantau. Hal ini karena semua bisnis online dan seluruh aktivitas kegiatannya telah masuk dalam sistem komputerisasi.

Anda tidak perlu repot menyelidikinya karena sistem akan menyediakan laporan data secara menyeluruh sehingga Anda dapat melihat keuntungan dan kerugian selama jangka waktu tertentu.

Kekurangan Bisnis Online

Selain beberapa kelebihan diatas, ada juga beberapa kekurangan bisnis online, diantaranya:

1.      Persaingan Pasar Sangat Ketat Dan Berat

Jangkauan dan persaingan pasar menjadi kelebihan dan kekurangan bisnis online yang tidak dapat dipisahkan. Karena meskipun dalam bisnis online Anda dapat menjangkau banyak pelanggan, namun banyak pula pesaing dengan produk yang sama dengan Anda.

Persaingan yang sangat ketat dan berat ini kerap membuat pebisnis merasa pesimis dan bangkrut.

2.      Kerap Mengalami Masalah Pelanggaran Hak Cipta

Kendala utama saat berbisnis online adalah adanya pelanggaran hak cipta. Sebab kadang kala ada orang yang ingin mencuri ide produk atau brand  tanpa sepengetahuan Anda dan menjualnya dengan harga murah.

3.      Tergantung Pada Mesin Pencari

Pelanggan biasanya akan mencari barang atau jasa yang dijual pebisnis online dari mesin pencari (search engine) di internet maupun platform jual-beli. Karena bergantung pada mesin pencari, maka bisnis berkembang akan terus maju dan yang tersisih akan semakin tersisih. Ini adalah kelebihan dan kekurangan bisnis online yang kerap menghantui.

4.      Membutuhkan Skill Dan Pengetahuan Khusus

Saat menjalankan bisnis online, Anda harus memiliki skill dan pengetahuan yang memadai tentang tools dan strategi bisnis yang Anda pilih. Sebab, jika Anda tidak memilikinya maka bisnis online yang Anda jalankan tidak akan pernah sukses.

Baca juga : 6 Cara Mudah Mendapatkan Rating Tinggi di Shopee

5.      Kepercayaan Konsumen Kurang

Karena barang dan jasa yang Anda tawarkan pada konsumen tidak dapat dilihat langsung, maka sulit untuk mendapatkan kepercayaan mereka. Kecuali jika barang atau jasa yang Anda tawarkan  mendapatkan nilai tinggi di internet.

Selalu ada perdebatan jika membahas kelebihan dan kekurangan bisnis online, namun hal ini bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang ingin memulai bisnis online sebagai penghasilan tambahan maupun penghasilan utama.

Kenali Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online Berikut Sebelum Terjun di Dalamnya | Malik | 4.5
error: Content is protected !!