6 Cara Mendapatkan Rating Tinggi di Tokopedia, Harus Anda Coba!

Cara mendapatkan rating tinggi di Tokopedia – Salah satu alasan mengapa seseorang memutuskan barang di toko online adalah karena adanya review atau ulasan dari pembeli sebelumnya. Mayoritas pembeli di Indonesia memang masih menggunakan review pembeli-pembeli sebelumnya untuk menentukan, apakah mereka juga akan membelinya atau justru berganti pindah ke toko lainnya. Begitu juga fenomena pada pembeli yang berbelanja melalui marketplace Tokopedia.

Jika saat ini Anda memiliki toko online di Tokopedia, maka penting bagi Anda untuk mengusahakan agar toko Anda selalu mendapatkan review bintang lima dari pelanggan. Lalu bagaimana  cara mendapatkan rating tinggi di Tokopedia?

Cara mendapatkan rating tinggi di Tokopedia berikut ini bisa Anda praktekkan untuk mendapatkan review bintang lima:

Sediakan Foto Produk Sejelas Mungkin

Jika Anda ingin mendapatkan review bintang 5 dari pelanggan, maka pastikan bahwa ketika mengunggah foto produk selalu gunakan foto yang berkualitas, jelas dan asli. Pelanggan akan lebih puas apabila barang yang mereka dapatkan adalah sesuai dengan foto aslinya.

Jika Anda punya dana untuk melakukan promosi yang baik, maka Anda bisa menggunakan jasa fotografer profesional agar bisa membuat foto produk Anda berkualitas tinggi. Namun jika tidak, maka cukup pastikan bahwa foto produk Anda dapat diamati dengan jelas oleh calon pembeli. Selain itu, pastikan bahwa foto produk Anda adalah asli, bukan barang yang berbeda dengan yang Anda jual.

Cantumkan Informasi atau Deskripsi Produk Sejelas-Jelasnya

Cara mendapatkan rating tinggi di Tokopedia selanjutnya yaitu membuat deskripsi, penjelasan atau informasi mengenai detail produk secara jelas. Melalui deskripsi ini para calon pelanggan akan mendapatkan gambaran mengenai produk yang akan mereka beli. Apabila deskripsi sesuai dengan apa yang mereka cari, maka mereka mungkin akan memutuskan untuk membelinya dari toko Anda. Ketika ekspektasi ini terpenuhi saat barang datang, otomatis Anda akan mendapatkan review yang baik.

Selalu Tepat Waktu dan Jangan Membuat Pelanggan Anda Menunggu Lama

Apabila pelanggan sudah memesan barang, maka informasikan dengan tepat dan jelas kapan barang akan di packing, dikirim dan sampai di tangan pelanggan. Sampaikan juga apabila ada kendala, seperti misalnya keterlambatan pengiriman karena order sudah lewat jam kerja atau sebagainya.

Selalu berikan penjelasan apabila Anda tidak bisa menepati jadwal yang seharusnya. Setidaknya dengan begitu pelanggan tidak harus menunggu lama dengan ketidakpastian. Namun jika memungkinkan, mengemas barang dan mengirimkan barang dihari yang sama saat pelanggan memesannya akan menjadi nilai plus yang membuat pelanggan Anda senang dan puas.

Buat Packing Serta Kemasan yang Rapi dan Menarik

Cara mendapatkan rating tinggi di Tokopedia selanjutnya adalah dengan membuat packing dan kemasan yang rapi serta menarik. Tahukah Anda bahwa ketika berbelanja online packing atau kemasan dapat memberikan pengalaman yang memuaskan bagi pembeli. Packing yang rapi didukung dengan kemasan yang menarik membuat pembeli merasa mendapatkan pelayanan yang baik, sehingga mereka juga tidak segan untuk memberikan review yang baik dengan bintang 5.

Berikan Respon yang Cepat pada Pembeli

Ada saatnya calon pembeli menanyakan beberapa hal atau meminta bantuan ketika mereka kesulitan saat akan melakukan order. Pastikan bahwa Anda dapat memberikan respon secepat mungkin agar calon pembeli Anda tidak kabur dan berpaling ke toko sebelah.

Selain memberikan respon yang cepat, Anda juga harus menanggapi setiap pertanyaan pembeli dengan baik dan jawaban yang membantu. Dengan begitu pembeli akan merasa puas dan mau membeli produk Anda. Itulah juga mengapa pembeli kerap kali memberikan review seperti seller responsif, cepat dan sangat membantu pembeli.

Berikan Penjelasan Jika Ada Kendala

Salah satu bentuk responsible Anda sebagai seller adalah dengan memberikan penjelasan detail apabila terjadi kendala, baik dalam penyediaan barang maupun keterlambatan pengiriman. Tak hanya itu saja, jika memungkinkan tawarkan juga solusi atau jalan keluar terbaik agar pembeli Anda tidak merasa kecewa.

Memberi bonus sedikit reward atas pengertian mereka juga bisa menjadi nilai plus dimata pembeli Anda.

Jangan Lupa Ucapkan Terima Kasih

Ketika pembeli sudah melakukan pembelian produk di toko Anda, jangan lupa untuk selalu mengucapkan terima kasih pada pembeli. Anda bisa menyampaikan rasa terima kasih melalui kartu atau stiker yang bisa dikirimkan bersama dengan paket. Atau jika pembeli melakukan obrolan melalui chat, maka jangan lupa juga untuk mengakhiri percakapan dengan ucapan terima kasih.

Baca juga : Cara Berjualan di Shopee dan Bukalapak untuk Pemula

Bisa dikatakan bahwa nasib toko Anda di Tokopedia sedikit banyak dipengaruhi juga oleh pembeli-pembeli. Memberikan pelayanan yang maksimal dan baika dalah bagian dari upaya agar toko Anda tetap diminati dan semakin banyak dicari pembeli. Beberapa cara mendapatkan rating tinggi di Tokopedia diatas dapat Anda coba terapkan di toko Anda untuk meningkatkan review dan penjualan.

6 Cara Mendapatkan Rating Tinggi di Tokopedia, Harus Anda Coba! | Malik | 4.5
error: Content is protected !!