Kenali Plus Minus Berbelanja dengan ShopeePayLater?

Plus minus berbelanja dengan ShopeePayLater – Sebagai salah satu marketplace terbesar yang ada di Indonesia, Shopee senantiasa menghadirkan sesuatu yang baru guna memberikan pengalaman berbelanja yang lebih menyenangkan bagi penggunanya. ShopeePayLater menjadi salah satu layanan terbaru yang memudahkan penggunanya untuk melakukan pinjaman uang yang dapat digunakan untuk berbelanja tanpa harus menggunakan kartu kredit.

ShopeePayLater memungkinkan Anda untuk melakukan pembelian suatu barang tanpa harus langsung membayarnya, ini seperti Anda melakukan kredit namun tanpa harus memiliki kartu kredit. Shopee menjadi pihak yang menyediakan uang pembelian, yang selanjutnya harus Anda bayar secara berkala.

Ada beberapa plus minus berbelanja dengan ShopeePayLater yang mesti Anda pahami sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan ini.

Kelebihan Menggunakan ShopeePayLater

Tentunya sebagai pengguna Anda harus memahami berbagai sisi plus minus berbelanja dengan ShopeePayLater agar nantinya tidak menyesal atau salah langkah. Berikut ini adalah beberapa poin plus jika Anda memutuskan untuk  menggunakan ShopeePayLater:

1.      Tetap Bisa Mencicil Meski Tak Punya Kartu Kredit

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ketika akan melakukan pengajuan kredit online biasanya Anda harus memiliki kartu kredit sebagai syarat utamanya. Namun faktanya bahwa tidak setiap orang mampu membuat atau memilikinya.

ShopeePayLater hadir sebagai solusi bagi penggunanya yang tidak memiliki kartu kredit untuk tetap bisa melakukan cicilan kredit dengan jumlah maksimal tertentu.

2.      Proses Kredit yang Cukup Mudah

Berbeda dengan pengajuan pinjaman di bank, ShopeePayLater tidak memerlukan persyaratan yang rumit dan sulit. Anda hanya perlu berstatus sebagai WNI dan sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP). Semua proses pengajuan dilakukan secara online melalui aplikasi Shopee.

Untuk pengajuan pinjaman melalui ShopeePayLater Anda hanya perlu melakukan pengisian data dan juga melakukan verifikasi wajah. Prose pengajuan umumnya akan berlangsung selama maksimal 2×24 jam, namun seringnya proses ini berjalan lebih cepat.

3.      Bisa Jadi Solusi Saat Anda Sedang Terdesak

Sisi plus minus berbelanja dengan ShopeePayLater lainnya adalah layanan ini bisa jadi solusi atau jalan keluar bagi Anda yang sedang dalam kondisi terdesak. Misalnya saja Anda sedang sangat membutuhkan ponsel baru untuk pekerjaan Anda, namun di sisi lan Anda juga belum memiliki dana. Anda bisa menggunakan layanan ShopeePayLater ini untuk melakukan pembelian ponsel dan membayarnya kemudian hari.

4.      Pilih Tanggal Jatuh Tempo Sesuai Keinginan Anda

Pada layanan ShopeePayLater Anda diberikan kesempatan untuk menentukan sendiri tanggal jatuh tempo pembayaran, sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan tanggal gajian Anda. Ada dua pilihan tanggal tiap bulannya, yaitu tanggal 5 dan tanggal 11, Anda hanya perlu memilih diantara salah satunya.

5.      Penerapan Bunga yang Cukup Rendah Jika Dibandingkan Pinjaman Lainnya

Berbeda dengan pinjaman online lainnya, ShopeePayLater rupanya hanya mematok bunga yang cukup rendah yaitu hanya 1% saja. Beberapa bank atau perusahaan pinjaman bahkan bisa mengambil bunga hingga 2-3 %. Dengan bunga 1% saja, semisal Anda mendapatkan limit 6 juta rupiah maka hanya akan dikenakan bunga 60ribu rupiah.

6.      Tidak Ada Potongan untuk Biaya Administrasi

Salah satu sisi plus menggunakan ShopeePayLater adalah Anda tidak akan dikenakan biaya administrasi untuk transaksi yang Anda lakukan. Tentu saja ini adalah hal yang sangat menguntungkan untuk Anda.

7.      ShopeePayLater Merupakan Layanan Resmi

Jika Anda masih ragu untuk menggunakan layanan ini maka kini Anda tak perlu lagi ragu. Layanan yang dikembangkan oleh Shopee ini sudah diawasi oleh OJK jadi tentunya lebih aman.

Setelah mengetahui beberapa plus minus berbelanja dengan ShopeePayLater dari sisi plus, kini Anda juga perlu tahu apa saja kekurangan dari ShopeePayLater ini.

Kekurangan Menggunakan ShopeePayLater

Meskipun banyak memiliki kelebihan, ShopeePayLater juga memiliki beberapa sisi minus, misalnya saja:

1.      Pinjaman yang Tak Bisa Dicairkan

Berbeda dengan layanan pinjaman online lainnya, layanan ShopeePayLater merupakan layanan pinjaman yang tak bisa dicairkan dalam bentuk uang tunai. Pinjaman ini ternyata hanya dapat digunakan untuk transaksi pembelian saja. Itu artinya, Anda harus menggunakan uang pinjaman hanya untuk berbelanja saja bukan untuk kepentingan lainnya.

2.      Hanya Bisa Digunakan di Shopee Saja

Selain hanya bisa digunakan untuk berbelanja online rupanya ShopeePayLater ii juga hanya bisa digunakan di marketplace Shopee saja. Jadi ketika Anda ingin membeli suatu barang yang tidak tersedia di Shopee maka layanan ini pun mungkin akan tidak banyak membantu untuk Anda.

Baca juga : Cara Jualan di Shopee Tanpa Stok Barang, Pemula Wajib Tahu!

3.      Bunga yang Kecil Namun Denda yang Cukup Besar

Bunga yang diberikan ShopeePayLater memang hanya 1%, akan tetapi jika Anda telat membayarnya maka Anda akan dikenakan denda hingga 5%. Cukup besar bukan? Jadi pastikan bahwa Anda selalu membayarnya tepat waktu agar tidak terkena denda.

Itulah beberapa sisi plus minus berbelanja dengan ShopeePayLater, pastikan Anda mempertimbangkannya dengan matang sebelum menggunakannya.

Kenali Plus Minus Berbelanja dengan ShopeePayLater? | Malik | 4.5