8 Ide Bisnis Pertanian Keuntungan Besar di Tengah Pandemi

Ide bisnis pertanian keuntungan besar – Di tengah sempitnya lapangan pekerjaan akibat pandemi, Anda yang memiliki modal dan juga kecintaan pada tanaman mungkin bisa mulai menjalankan bisnis di bidang pertanian. Bisnis pertanian ini merupakan salah satu bisnis yang bisa dijalankan dalam dua lini sekaligus, yaitu online dan offline.

Ada beberapa ide bisnis pertanian keuntungan besar yang bisa Anda kerjakan, seperti misalnya:

Budidaya Tanaman Hias

Salah satu ide bisnis pertanian keuntungan besar yang bisa Anda geluti adalah budidaya tanaman hias. Seperti yang Anda tahu, saat ini tanaman hias sedang banyak diminati. Meski trend tanaman hias selalu berganti, namun faktanya peminatnya hampir tak pernah surut dari waktu ke waktu.

Hal ini bisa Anda jadikan sebagai ide usaha, apalagi jika Anda memang hobi berkebun dan bertani. Tentu saja selain bisa jadi ide usaha, bisa jadi penyalur hobi yang menyenangkan juga.

Budidaya Sayuran Hidroponik

Gaya hidup sehat mulai banyak dilakoni oleh masyarakat, di sini Anda bisa mengambil keuntungan dengan berbisnis budidaya sayuran hidroponik. Sayuran hidroponik ini dinilai lebih sehat karena dalam proses budidayanya tidak menggunakan bahan kimia.

Selain memasarkan produk secara mandiri, Anda juga bisa menjual sayuran hidroponik ini di minimarket atau supermarket. Yang penting Anda menjamin kualitas sayuran yang akan Anda jual, mulai dari kualitas produk dan juga packaging.

Jual Bibit Tanaman

Ide bisnis pertanian keuntungan besar lainnya yaitu menjual bibit aneka tanaman. Bisa dengan menjual bibit tanaman buah, seperti mangga, durian, jeruk dan sebagainya. Bisa juga dengan menjual tanaman besar untuk diambil kayunya, seperti misalnya bibit mahoni, jati, dan banyak lagi lainnya.

Untuk memperluas area penjualan, Anda bisa melakukan kerja sama dengan Perhutani atau komunitas pencinta alam yang kerap melakukan kegiatan penanaman pohon. Anda bisa menjadi salah satu penyedia bibit tanaman yang mungkin dibutuhkan saat penanaman.

Budidaya Rempah-Rempah

Di tengah pandemi covid-19 ini rempah-rempah menjadi salah satu bahan pangan dan obat yang banyak dicari masyarakat, terutama jahe yang harganya sangat mahal. Jika Anda memiliki modal dan juga lahan pertanian, maak bisnis budidaya rempah-rempah bisa menjadi salah satu ide bisnis pertanian keuntungan besar.

Selain menjual dalam bentuk rempah mentah Anda juga bisa menjualnya dalam bentuk ramuan atau jamu-jamuan yang sudah siap konsumsi.

Budidaya Tanaman Obat

Selain budidaya rempah-rempah Anda juga bisa menjalankan bisnis budidaya tanaman obat. Saat ini mulai banyak kalangan masyarakat yang lebih suka mengkonsumsi obat herbal ketimbang obat kimia, sehingga tanaman obat pun sering jadi incaran.

Beberapa jenis tanaman obat-obatan herbal yang bisa Anda budidayakan misalnya adas, kumis kucing, lidah buaya, daun sirih, dan banyak lagi lainnya.

Jual Pupuk Organik

Semakin tingginya kesadaran masyarakat tentang kesehatan dan juga bahaya bahan-bahan kimia, semakin tinggi pula permintaan masyarakat pada produk pupuk organik. Pupuk jenis ini memang dinilai lebih sehat ketimbang pupuk-pupuk kimiawi. Anda bisa memanfaatkan peluang ini sebagai salah satu ide bisnis pertanian keuntungan besar.

Anda bisa menjual pupuk organik dengan cara membuka kios, atau bisa juga dengan memproduksinya sendiri lalu menitipkan pada kios-kios pupuk.

Bisnis Agroindustri

Bisnis agroindustri ini merupakan bisnis pengolahan hasil dari pertanian. Jika di area tempat tinggal Anda terdapat hasil pertanian yang menonjol namun harganya masih kurang bagus, maka Anda bisa mengolahnya terlebih dahulu menjadi produk yang memiliki nilai jual lebih tinggi.

Sebagai contoh, misalnya kawasan tempat tinggal Anda merupakan daerah penghasil talas. Jika dijual mentah mungkin harganya tidak terlalu bagus. Anda bisa mulai bisnis agroindustri dengan cara mengolah talas ini menjadi berbagai jenis cemilan, misalnya keripik, bolu dan sebagainya. Makanan olahan seperti ini selain bisa dijual di lebih banyak tempat juga bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi.

Membuka Agrowisata

Jika Anda memiliki lahan yang cukup luas di area yang cukup ramai dilalui orang, maka salah satu bisnis yang bisa Anda jalankan adalah agrowisata. Agrowisata ini merupakan paduan antara tempat wisata sekaligus edukasi. Umumnya digunakan untuk pengenalan alam tentang berbagai jenis tumbuhan dan juga hewan peliharaan. Di area agrowisata ini Anda juga bisa sekaligus mengembangkan hidroponik, pembibitan tanaman, rempah, tanaman obat dan sebagainya.

Baca juga : 5 Platform Investasi Perikanan dan Pertanian Terpercaya dan Menguntungkan

Beberapa agrowisata juga dikembangkan dengan fasilitas atraksi petik buah, outbound, penginapan, resto, kegiatan berkuda dan banyak lagi lainnya. Meski membutuhkan modal yang cukup besar, namun bisnis agrowisata ini sifatnya jangka panjang.

Ternyata ada banyak peluang bisnis di bidang pertanian yang bisa mulai Anda jalankan baik dengan modal yang kecil maupun modal yang besar. Beberapa ide bisnis pertanian keuntungan besar di atas dapat menjadi inspirasi bagi Anda yang memang memiliki hobi pada dunia pertanian, namun juga ingin menghasilkan uang darinya.

8 Ide Bisnis Pertanian Keuntungan Besar di Tengah Pandemi | Malik | 4.5
error: Content is protected !!