Intip 4 Peluang Bisnis Pertanian Masa Kini yang Potensial

Peluang bisnis pertanian masa kini – Tidak hanya dunia teknologi saja yang terus mengalami perkembangan namun dunia pertanian pun juga mengalami perkembangan yang signifikan. Dengan adanya dukungan informasi yang mudah dijangkau akan membuat bisnis pertanian akan semakin mudah dijalankan.  

Di saat pandemi seperti saat ini bisnis pertanian yang dianggap paling stabil dibandingkan dengan yang lainnya. Indonesia sendiri memiliki iklim tanah yang subur dan sangat tepat untuk mendukung keberhasilan berbagai macam jenis pertanian.

Saat ini jumlah penduduk semakin meningkat, hal tersebut membuat kebutuhan semakin banyak sehingga produk pertanian belum memenuhi permintaan pasar. Oleh sebab itu peluang bisnis di bidang pertanian ini masih terbuka dengan lebar. Bagi Anda yang menggeluti bisnis pertanian, simak beberapa peluang bisnis pertanian masa kini yang bisa Anda geluti berikut ini:

Pertanian Organik

Peluang bisnis pertanian masa kini yang bisa Anda jadikan sebagai bisnis potensial adalah pertanian organik.  Hasil pertanian organik ini jauh lebih diminati karena lebih menyehatkan. Sesuai dengan namanya pertanian organik ini tidak menggunakan pestisida dan juga bahan kimia yang mana dalam jangka panjang bisa menimbulkan masalah bagi kesehatan tubuh.

Kesadaran masyarakat akan kesehatan ini semakin meningkat sehingga mereka lebih banyak memilih menggunakan sayuran organik yang lebih sehat terutama saat memasak untuk buah hati tercinta. Karena lebih sehat maka tidak mengherankan jika harga dari sayuran organik ini jauh lebih mahal dibandingkan dengan sayuran biasa.

Bisnis Tanaman Hias

Peluang bisnis pertanian masa kini yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah bisnis tanaman hias. Sektor pembangunan yang terus meningkat juga bisa berpengaruh terhadap permintaan tanaman hias yang semakin tinggi. Pembangunan rumah tinggal yang semakin marak tersebut membuat permintaan tanaman hias semakin tinggi. 

Saat pandemi seperti saat ini akan membuat banyak masyarakat yang semakin hobi menggeluti bisnis tanaman hias. Tidak hanya perumahan biasa saja namun pembangunan gedung maupun kantor bertingkat, perhotelan sampai dengan proyek taman kota ini juga membuat permintaan semakin meningkat.

Selain produk tanaman, jasa untuk menata taman ini juga tidak kalah menguntungkan terutama di wilayah perkotaan. Banyak masyarakat yang tidak memiliki waktu luang untuk menata taman sehingga meminta orang lain untuk melakukannya. Selain itu tidak semua orang memiliki keterampilan dalam menata taman sehingga banyak yang membutuhkan jasa penataan taman ini.

Pembibitan Tanaman

Anda yang memiliki area lahan tidak terlalu luas bisa menggeluti bisnis pembibitan tanaman. Bibit ini menjadi peluang bisnis pertanian masa kini yang bisa Anda pilih. Bisnis ini akan sangat menguntungkan saat digeluti. Alasannya adalah bibit tanaman ini akan banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Bibit tanaman ini hanya membutuhkan polybag saja di dalam halaman rumah bisa Anda jadikan sebagai tempat untuk menanam.

Anda bisa menjual bibit tanaman dengan harga jual yang tinggi seperti bibit pohon jati, jati emas, cengkeh, cendana dan lain sebagainya. Anda juga bisa menjual bibit sayuran super yang banyak dibutuhkan ibu-ibu rumah tangga. Alasan harus super karena sudah banyak kompetitor yang menjual bisnis ini.

Bibit super akan lebih tahan terhadap hama dan penyakit sehingga hasilnya akan jauh lebih bagus. Agar bisa sukses dengan bisnis ini, sesuaikanlah bibit yang akan ditanam dengan lokasi pembibitan tersebut. Ada bibit yang cocok ditanam di dataran rendah, tinggi dan sebagainya.

Hidroponik

Peluang bisnis pertanian masa kini yang bisa Anda geluti selanjutnya adalah hidroponik. Pertanian dengan sistem hidroponik ini bisa menempati posisi paling diminati dibandingkan dengan agrobisnis lainnya. Bukan tanpa sebab karena sistem ini paling fenomenal dan memberikan kesempatan kepada siapa saja yang ingin mendapatkan keuntungan dalam bidang pertanian.

Jika dulu anggaran ini hanya dilakukan di pedesaan dengan lahan yang luas, sistem hidroponik ini bisa mematahkan anggapan tersebut. Dengan lahan yang terbatas ini Anda sudah bisa menjalankan bisnis hidroponik ini. Hidroponik ini merupakan sistem menanam tanaman yang mana tidak menggunakan media tanah saat penanamannya. Media tanam tanaman hidroponik ini bisa diganti dengan berbagai macam media tanam seperti air, rockwool dan sebagainya.

Supaya hasilnya menjadi maksimal maka penting untuk menjaga sirkulasi ditambahkan dengan berbagai macam nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tanaman baik itu buah-buahan, sayuran dan sebagainya. Hidroponik ini menjadi lebih irit karena memang disusun secara vertikal menggunakan paralon dan dengan cara bertingkat.

Karena merupakan teknik pertanian modern maka target pasar dari sayuran hidroponik ini untuk kalangan menengah ke atas dengan harga jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan pertanian konvensional. Saat Anda akan menggeluti bisnis ini pastikan jika Anda sudah memiliki gambaran siapa yang akan menjadi target market Anda selain itu cara promosinya bagaimana, dengan hal ini Anda bisa melakukan promosi dengan lebih maksimal.

Peluang bisnis pertanian masa kini masih terbuka dengan lebar, Anda bisa memilih yang sesuai dengan keinginan Anda, semoga informasi ini bermanfaat.

Intip 4 Peluang Bisnis Pertanian Masa Kini yang Potensial | Malik | 4.5
error: Content is protected !!