6 Ide Bisnis Pertanian dengan Untung Besar Paling Menjanjikan

Bisnis pertanian dengan untung besar – Saat pandemi banyak orang yang kehilangan pekerjaan, bahkan mengalami penurunan pendapatan karena kondisi yang belum stabil. Terlebih lagi Covid belum ada tanda-tanda hilang dan pergi dari muka bumi ini. Banyak yang kemudian menggeluti bisnis untuk bisa mendapatkan penghasilan. Banyak yang kemudian menggeluti bisnis sampingan dan ada juga menjadikan bisnis tersebut sebagai mata pencaharian utama.

Dari semua sektor, bisnis di bidang pertanian yang stabil. Bisnis ini banyak dibutuhkan terutama di saat pandemi seperti saat ini. Pertanian digunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari sehingga jika Anda ingin menjadikan pertanian ini sebagai bisnis maka peluang untuk sukses sangat besar sekali.

Untuk bisa sukses tentu saja Anda harus memilih pertanian yang menguntungkan dan memiliki banyak peminat. Berikut ini adalah beberapa ide bisnis pertanian dengan untung besar yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan:

Pupuk Organik

Pupuk menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat yang sedang bercocok tanam. Ide bisnis berjualan pupuk organik ini pun cukup menjanjikan karena banyak dibutuhkan. Ada berbagai macam pupuk yang bisa Anda racik untuk setiap tanaman yang berbeda.

Pupuk organik tentunya berbeda dengan pupuk untuk tanaman hias. Di perkotaan harga pupuk organik cukup tinggi. Anda bisa meraup omzet sampai dengan puluhan juta per bulan jika Anda bisa memasarkan produk tersebut.

Untuk bisa berbisnis pupuk pertanian organik dengan sukses Anda bisa mengetahui peluang pasar terlebih dahulu. Jenis pupuk organik seperti apa yang banyak dibutuhkan sehingga Anda akan lebih mudah memasarkannya. Kemudian harus tahu siapa sasaran konsumen Anda.

Budidaya Rempah

Rempah-rempah menjadi kebutuhan pokok bagi semua orang demi bisa menciptakan kuliner yang lezat. Bermacam-macam rempah bisa Anda budidayakan sebagai ide bisnis yang bagus. Pasalnya banyak permintaan ekspor dari negara tetangga yang berminat terhadap rempah-rempah Indonesia ini.

Yang paling penting adalah Anda harus menjaga kualitas dari rempah-rempah yang akan Anda budidayakan terutama yang akan Anda ekspor ke negara tetangga. Selain itu Anda bisa mencari tahu jenis rempah yang akan Anda budidayakan ini, tidak hanya pasar lokal namun juga pasar internasional. Dengan mengetahui selera pasar ini Anda jadi mudah untuk memasarkannya.

Jasa Konsultan Pertanian

Bisnis pertanian dengan untung besar yang bisa Anda geluti selanjutnya adalah jasa konsultan pertanian. Ide bisnis ini cocok bagi Anda yang pernah belajar tentang ilmu pertanian di perkuliahan. Anda bisa membuka jasa konsultasi untuk membantu para petani meningkatkan hasil dan juga kualitas panen. Terutama bagi petani di pedesaan yang memiliki informasi terbatas soal ilmu pertanian.

Masalah yang sering dialami petani adalah kurang memahami seperti apa ilmu bercocok tanam yang tepat dan juga efisien. Dengan membuka jasa konsultasi ini Anda bisa menawarkan produk atau alat pertanian yang jauh lebih modern, canggih dan praktis.

Untuk bisa sukses dalam menggeluti bisnis, Anda bisa mematok tarif yang tidak terlalu mahal, selain itu bisa menjalin hubungan kerja sama dengan beberapa toko pertanian yang kredibel dan sudah terjamin kualitasnya.

Semakin tepat konsultasi yang Anda berikan maka semakin bagus untuk bisnis Anda. Bisnis Ada akan cepat terkena ke seluruh kalangan petani sehingga bisa mendatangkan pelanggan yang jauh lebih banyak lagi.

Memasarkan Mesin dan Alat Pertanian

Bisnis pertanian dengan untung besar yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah menjadi pemasar mesin maupun alat pertanian. Bisnis jual beli mesin dan peralatan tani ini memiliki prospek yang menjanjikan. Tingginya kebutuhan akan makanan pokok harus imbang dengan kualitas hasil pertanian yang meningkat. Hal tersebut membuat banyak petani membutuhkan mesin dan alat pertanian untuk membantu pertanian mereka lebih maksimal.

Karena saat pandemi maka Anda harus memberikan harga produk yang tepat. Jangan sampai menawarkan mesin dan alat dengan harga yang terlalu mahal karena mereka tidak akan tertarik dalam membelinya.  Jika memang harganya mahal untuk pembelian cash Anda bisa membuat pembelian dengan sistem kredit.

Penting bagi Anda untuk membuat pembukuan dengan rapi dan berbasis komputerisasi agar tidak rancu maupun salah menerapkan sistem kredit.  Anda juga bisa menggunakan software keuangan yang user friendly dan mudah digunakan.

Pengepul Padi

Mungkin terlihat sepele namun berbisnis pengepul padi ini bisa meraup keuntungan yang besar. Anda bisa mengumpulkan padi kering dari petani lokal lebih dahulu. Setelah itu Anda bisa menjual kembali ke pabrik penggilingan dengan harga yang lebih tinggi. Alternatif lain yang bisa Anda lakukan adalah menjual padi yang digiling ke perusahaan Bulog.

Berbisnis Sawi Hijau

Bisa dikatakan sawi hijau ini menjadi bisnis pertanian dengan untung besar. Sayuran sawi hijau ini memiliki prospek yang bagus. Anda juga bisa panen lebih cepat dalam waktu sebulan saja.  Kelebihan lainnya adalah harga bibit yang terbilang murah dan budidayanya yang cukup mudah sehingga bisa mudah Anda praktekkan.

Baca juga : Cara Menanam Sayuran Hidroponik Dengan Botol Bekas AgarOptimal

Permintaan akan sawi hijau ini juga cukup tinggi di pasaran sehingga bisnis ini akan menjanjikan. Anda bisa memberikan harga yang kompetitif supaya banyak konsumen yang membeli di tempat Anda.

Beberapa bisnis pertanian dengan untung besar diatas bisa Anda jadikan sebagai pilihan Karen terbukti menghasilkan, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

6 Ide Bisnis Pertanian dengan Untung Besar Paling Menjanjikan | Malik | 4.5
error: Content is protected !!