8 Tips Berbisnis Tanaman Hias Modal Terbatas yang Bisa Anda Lakukan!

Tips berbisnis tanaman hias modal terbatas – Selama masa pandemi masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Selain membuka bisnis rumahan, banyak yang kemudian memiliki hobi baru salah satunya adalah menanam tanaman hias.  Tanaman hias tersebut tidak hanya diletakkan di luar rumah saja namun juga menjadi bagian dari desain interior rumah atau yang biasa disebut dengan indoor jungle.

Melihat kondisi ini bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Untuk memulainya pun tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Bisnis ini juga begitu fleksibel dimana bisa dijalankan oleh pelajar, ibu rumah tangga maupun pekerja kantoran. Yang harus dipastikan bahwa saat akan memulai bisnis ini pebisnis harus memiliki kecintaan terhadap tanaman hias ini. Berikut ini adalah beberapa tips berbisnis tanaman hias modal terbatas yang bisa Anda lakukan:

Ketahui Jenis Tanaman yang Dibudidayakan

Tips pertama adalah Anda harus menentukan jenis tanaman hias yang akan Anda budidayakan. Ada banyak jenis tanaman yang bisa dikembangkan dengan baik. Meski begitu untuk berbisnis tanaman hias ini Anda harus tahu selera pasar. Anda juga harus menentukan fokus jenis tanaman hias yang akan Anda budidayakan. Ada dua jenis tanaman hias yang bisa dibudidayakan yang pertama adalah jenis daun dan yang kedua adalah jenis bunga. Keduanya sama-sama diminati oleh masyarakat.

Kenali Kebutuhan Tanaman

Jika Anda ingin berbisnis tanaman hias modal terbatas namun menghasilkan profit yang menguntungkan maka Anda harus mengenai kebutuhan tanaman. Anda harus tahu apa yang Anda perlukan dan juga dibutuhkan untuk perawatan. Dengan mengetahui hal ini bisa bermanfaat membantu Anda mengontrol proses budidaya dengan baik.

Semakin banyak informasi yang Anda ketahui tentang proses budidaya maka akan semakin maksimal hasil budidaya yang akan Anda dapatkan. Hal ini bisa menjadi keuntungan Anda saat menjalankan bisnis budidaya tanaman hias.

Sediakan Lahan Budidaya

Untuk bisa menjalankan bisnis tanaman hias ini Anda bisa menyediakan lahan budidaya terlebih dahulu.  Anda harus bisa mencari lahan dengan lebar yang sesuai dengan jumlah tanaman yang akan Anda budidayakan. Jika luas lahannya tidak terlalu besar maka Anda harus bisa menyusun tata letaknya dengan baik agar terlihat rapi.

Hindari Hama dan Penyakit

Tips berbisnis tanaman hias modal terbatas adalah dengan menghindari hama dan juga penyakit. Karena berhubungan dengan makhluk hidup akan selalu ada masalah saat menggeluti bisnis ini.  Anda harus mengenali tanda-tanda jika tanaman hias ini terkena serangan hama dan juga penyakit. Penting bagi Anda untuk antisipasi, membasmi hama kemudian melakukan isolasi tanaman.

Budidaya Tanaman Hias Langka

Anda bisa membudidayakan tanaman hias langka. Kelangkaan tanaman tersebut disebabkan oleh beberapa faktor.  Faktor yang paling berpengaruh adalah kesulitan penanaman. Semakin sulit tanaman tersebut ditanam maka semakin mahal harganya. Tanaman tersebut juga sulit untuk dikembangbiakkan sehingga membuatnya menjadi langka.

Merawat Tanaman dengan Baik

Tips berbisnis tanaman hias modal terbatas yang bisa Anda lakukan selanjutnya merawat tanaman dengan baik. Tanpa perawatan yang baik Anda tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal.  Yang harus Anda ketahui adalah tidak semua tanaman perawatannya sama sehingga Anda harus menyesuaikannya dengan jenis tanaman yang Anda tanam. Untuk bisa mendapatkan perawatan terbaik Anda harus memiliki kerja sama yang baik dengan orang yang ada di sekitar Anda.

Tanaman yang tumbuh dan terawat dengan baik ini akan memiliki nilai jual yang lebih mahal dibandingkan yang tidak terawat. Perawatan yang baik akan menghindarkan Anda dari kegagalan. Tentu Anda tidak ingin menderita kerugian karena terlalu banyak tanaman yang mati bukan? Maka dari itu mulailah merawat tanaman dengan baik.

Keamanan

Anda yang ingin berbisnis tanaman hias modal terbatas yang penting dilakukan adalah Anda harus memperhatikan faktor keamanannya. Tanaman hias yang Anda tanam ini akan  menarik pihak lain atau tangan jahil untuk mencurinya. Hal tersebut harus membuat Anda harus ekstra hati-hati dan juga waspada.

Anda juga harus sering memantau keamanan lokasi bisnis tanaman hias Anda karena pencurian bisa terjadi kapan saja. Selain itu Anda harus waspada dengan peliharaan tetangga misalnya seperti ayam dan unggas lainnya, mereka bisa merusak tanaman tanpa sepengetahuan Anda sehingga keindahannya akan berkurang.

Pemasaran atau Promosi

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah melakukan pemasaran atau promosi dengan baik dan benar. Tanpa pemasaran yang optimal akan membuat bisnis Anda tidak bisa berkembang dan berhasil seperti yang Anda harapkan. Anda bisa memasarkan dengan cara online seperti media sosial dan juga membuat website.  

Baca juga : 6 Strategi Pemasaran untuk Usaha Kecil yang Dijamin Ampuh

Untuk bisa membuat bisnis tanaman hias Anda cepat terkenal Anda bisa memberikan harga yang kompetitif dan berikan harga yang bersaing dengan kompetitor. Cara promosi yang terakhir adalah Anda bisa ikut pameran tanaman hias sehingga bisa mengenalkan tanaman Anda ke konsumen yang lebih luas secara langsung.

Demikianlah beberapa tips berbisnis tanaman hias modal terbatas yang bisa Anda lakukan, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

8 Tips Berbisnis Tanaman Hias Modal Terbatas yang Bisa Anda Lakukan! | Malik | 4.5