Pentingnya Feedback dari Konsumen Dalam Bisnis, Pebisnis Wajib Tahu!

Belum banyak pebisnis yang menyadari pentingnya feedback dari konsumen dalam bisnis. Dalam menjalani bisnis atau usaha Anda harus memahami ada banyak jalan berliku yang harus dilewati untuk meraih kesuksesan. Masalah yang muncul sebaiknya segera dicari solusi yang terbaik bukan malah menghindarinya. Dengan berbagai macam masalah yang timbul membuat skill dan mental pebisnis terasah dengan baik.

Pentingnya Feedback bisnis

Salah satu masalah yang harus dipahami adalah komentar juga feedback dari konsumen. Jika pebisnis mengabaikan feedback tersebut bukan tidak mungkin jika nantinya akan menjadi masalah serius yang mana bisa mengancam bisnis Anda.

Pengertian Feedback

Sebelum mengetahui pentingnya feedback dari konsumen dalam bisnis ada baiknya jika Anda tahu pengertian feedback dari konsumen lebih dahulu.  Feedback dari konsumen adalah opini atau pendapat yang diberikan konsumen atau pelanggan terhadap barang atau jasa yang telah digunakan.

Melalui feedback yang mereka berikan Anda sebagai pebisnis bisa mendapatkan solusi terbaik untuk mengatasi masalah yang muncul, selain itu juga membuatnya tidak menumpuk. Masalah yang tidak terselesaikan dengan baik akan mengancam perkembangan bisnis. Mengetahui customer feedback sangat penting karena menjadi kunci utama bagi perusahaan dalam melakukan pengembangan produk yang dimilikinya.

Anda bisa mengumpulkan feedback dari konsumen lebih dahulu sebelum produk Anda diluncurkan ke pasaran. Dengan feedback yang diberikan perusahaan Anda bisa melakukan berbagai macam evaluasi juga penyempurnaan lebih dahulu. Feedback pelanggan bisa dikumpulkan kemudian disaring untuk dievaluasi dan ditindaklanjuti.

Perusahaan perlu mencari tahu feedback dari konsumen dan mencari tahu apa saja kekurangan yang harus diperbaiki oleh perusahaan. Degan feedback dari konsumen perusahan bisa tahu hal apa saja yang harus ditingkatkan di dalam produknya. Dengan perbaikan dan evaluasi tersebut bisnis Anda bisa lebih baik bahkan memiliki daya saing yang lebih kuat dibandingkan dengan produk dari kompetitor.

Tips Menyaring Feedback dari Konsumen

Simak beberapa tips menyaring feedback dari konsumen yang penting untuk Anda perhatikan berikut ini:

  1. Lakukan Survei

Ada beberapa perusahaan yang menyadari pentingnya feedback konsumen dalam bisnis. Untuk meningkatkan bisnis menjadi lebih baik lagi perusahaan bisa melakukan survei kecil-kecilan. Survei dilakukan untuk mengukur atau mengetahui bagaimana tingkat kepuasan konsumen dalam sebuah brand.

Melalui survei perusahaan mampu mengetahui volume yang mana berhubungan dengan kebutuhan, preferensi sampai dengan persepsi dalam produk atau jasa. Survei menjadi kunci agar konsumen mendapatkan kenyamanan yang jauh lebih tinggi. Survei juga digunakan sebagai alat dalam melakukan identifikasi masalah yang sering dirasakan pelanggan.

Survei yang dilakukan misalnya menggunakan basis kuantitatif, feedback pelanggan yang bisa dilihat dari hasil persentasenya. Perusahaan bisa melihat persentase jumlah responden yang menggunakan produknya selain itu bisa melihat seberapa banyak pelanggan menggunakan produk dari milik kompetitor.

  1. Melalui Sosial Media

Di era digital sehingga sangat disayangkan sekali jika perusahaan tidak memanfaatkan kehadiran teknologi tersebut. Perusahaan bisa melihat feedback dari konsumen melalui media sosial. Selain itu perusahaan bisa menyaring berbagai macam ulasan yang ditulis oleh pelanggan di kolom komentar suatu produk.

Komentar di sosial media dianggap lebih nyata atau real karena audiens memberikan komentar sesuai dengan keadaan atau kondisi. Tidak hanya itu saja mereka juga tidak diberikan pertanyaan oleh tim riset sehingga feedback yang diberikan akan terasa lebih autentik. Komentar tersebut juga bisa menjadi bahan evaluasi yang dilakukan oleh perusahaan.

  1. User Interview

Untuk menyaring feedback dari konsumen bisa dengan user interview sehingga perusahaan Anda bisa mendapatkan umpan balik dari pelanggan tanpa harus mengeluarkan biaya maupun waktu yang banyak.

Perusahaan bisa menggunakan metode seperti guerilla testing yaitu sejenis user interview yang mana bisa membawa prototipe maupun desain produk di tempat umum. Setelah itu perusahaan meminta ulasan sejumlah konsumen maupun individu yang sudah mencobanya.

Baca juga : 5 Rekomendasi Produk Herbisida Paling Ampuh

User interview bisa membuat perusahaan mampu memunculkan berbagai macam ide baru yang mana bisa meningkatkan kualitas produk. Jika memiliki budget lebih perusahaan mampu melakukan wawancara lebih dalam dengan cara home visit sehingga informasi yang didapatkan lebih detail dan akurat.

Jangan pernah mengabaikan pentingnya feedback dari konsumen dalam bisnis karena tanpa feedback perusahaan akan berjalan stagnan dan sulit berkembang, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Pentingnya Feedback dari Konsumen Dalam Bisnis, Pebisnis Wajib Tahu! | Malik | 4.5
error: Content is protected !!