6 Tips Meningkatkan Penjualan Bisnis Kuliner Saat PPKM

Tips meningkatkan penjualan bisnis kuliner saat PPKM – Di awal tahun 2021 masih harus berteman dengan Pandemi Covid-19. Bahkan belum ada tanda-tanda jika pandemi ini akan berakhir. Setiap hari kasus Corona melonjak sangat drastis.  Akibatnya pemerintah memutuskan melakukan PPKM atau Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat untuk memutus rantai penyebaran Corona ini.

Tips meningkatkan penjualan bisnis kuliner saat PPKM

Tips meningkatkan penjualan bisnis kuliner saat PPKM

Dengan adanya kebijakan ini membuat dampaknya ke berbagai sektor, tidak terkecuali bisnis kuliner. Bisnis kuliner dan perhotelan ini menjadi yang paling disorot.  Bisnis kuliner seperti restoran dan warung makan sendiri misalnya, mereka hanya boleh melayani konsumen makan di tempat sampai dengan jam 7 malam saja, sedangkan di atas jam itu harus dibawa pulang dan tidak boleh makan di tempat.

Untuk restoran yang jam bukanya sore tentu kebijakan ini akan sangat berpengaruh terhadap operasional dan performa bisnis tersebut. Untuk memaksimalkan performa bisnis, simak beberapa tips meningkatkan penjualan bisnis kuliner saat PPKM yang bisa dilakukan berikut ini:

Tingkatkan Komunikasi

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menjalin komunikasi dengan konsumen atau pelanggan. Di masa seperti ini orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu di depan komputer maupun di depan laptop.  Mereka akan fokus pada perubahan apa saja yang terjadi saat Covid ini terjadi. Selain itu juga memikirkan apa saja pengaruhnya terhadap ke kehidupan mereka sehingga jarang untuk memikirkan hal-hal lain.

Melihat hal tersebut lakukan komunikasi sering dengan pelanggan dan berikan informasi jam buka, penawaran khusus dan juga opsi pengiriman maupun pengantaran. Jangan hilangkan komunikasi dengan pelanggan karena hal ini akan membuat bisnis tidak berkembang terutama saat pandemi ini.

Pertahankan Pelanggan yang Sudah Ada

Hal yang bisa dilakukan selanjutnya adalah mempertahankan pelanggan tetap. Jangan sampai karena fokus mencari pelanggan baru menjadi melupakan pelanggan lama.  Setiap tempat makan atau bisnis kuliner ini memiliki baris pelanggan yang sudah ada.

Cara pemasaran terbaik yang bisa dilakukan kepada pelanggan tetap adalah menggunakan nomor telepon atau sosial media, selain itu jalin komunikasi yang baik dengan menghubungi nomor telepon pribadi mereka.

Silahkan beritahu bahwa mereka bisa makan di tempat dengan jam operasional baru. Selain itu restoran dengan senang hati melayani jasa pengiriman dan juga pengantaran. Hal ini menjadi cara terbaik untuk melayani pelanggan supaya tetap loyal.

Siapkan Protokol Kesehatan

Pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk menurunkan penyebaran virus Corona. Kebijakan yang diberlakukan adalah menerapkan 3M. 3M tersebut yaitu mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker menjadi kewajiban yang penting untuk diperhatikan.

Jika memutuskan untuk membuka tempat makan saat PPKM ini maka penting bagi untuk tetap mematuhi kebijakan yang diberlakukan pemerintah. Tujuannya agar bisnis tidak mendapatkan peringatan yang mana mempengaruhi reputasi.

Berikan Pemberitahuan

Tips meningkatkan penjualan bisnis kuliner saat PPKM yang bisa dilakukan selanjutnya adalah berikan pemberitahuan.  Hal ini demi kenyamanan bersama baik itu pihak bisnis dan juga pihak konsumen. Pemberitahuan bisa diberikan kepada konsumen yang datang di jam mepet penutupan misalnya saja datang jam setengah tujuh malam. Beritahukan ke mereka jika restoran akan menutup pelayanan makan ditempat pada pukul 7 malam sehingga bisa bertanya apakah akan tetap dimakan di restoran atau dibawa pulang. Pemberitahuan ini menjadi pelayanan yang penting diberikan.

Karena jumlah kasus Covid yang meningkat tajam bahkan kali ini tembus satu juta dalam per hari membuat pemerintah melakukan pengawasan ketat. Banyak Satpol PP dikerahkan untuk merazia tempat-tempat yang tidak mematuhi peraturan. Razia tersebut kebanyakan membuat konsumen menjadi tidak nyaman.

Berikan pula papan berisi pemberitahuan jika tempat makan atau restoran tidak melayani makan ditempat setelah pukul 7 malam, sehingga papan ini akan menjadi perhatian konsumen sejak masuk ke restoran.

Problem Solving yang Bagus

Saat konsumen tidak bisa makan di tempat akan membuat mereka mengajukan protes dan keberatan. Disinilah bisnis harus memiliki problem solving yang bagus. Problem solving yang buruk akan membuat mereka tidak mau datang lagi. Hal ini membuat bisnis tidak mendapatkan tambahan pelanggan namun justru kehilangan pelanggan.

Berikan penjelasan bahwa saat ini sedang PPKM sehingga jumlah pembeli resto hanya bisa mencapai 25% saja dan jamnya dibatasi. Pembeli bisa membawa makanan dan minuman pulang. Selain itu berikan tambahan penjelasan keuntungan tidak makan ditempat untuk mereka misalnya adalah tidak terkena tax and service seperti saat makan di tempat, mendapatkan tambahan beverages untuk pesanan dibawa pulang dan sebagainya.

Buka Lebih Awal dan Inovasi Menu

Untuk resto yang buka sore hari maka ubahlah jam buka lebih awal saat masa PPKM ini. Saat pandemi ini bisnis harus bersifat fleksibel, jangan kaku dengan perubahan yang ada.  Jika menu resto selama ini untuk makan malam saja, mulai ubah dan tambah variasi untuk menu makan pagi atau sarapan dan makan siang.

Baca juga : Tips Mudah Agar Makanan Tidak Cepat Basi Ala Pengusaha Kuliner

Menu makan malam tetap disediakan namun harus disesuaikan dengan permintaan supaya tidak merugi. Menjalankan bisnis yang fleksibel ini tidak hanya dilakukan perusahaan kecil saja namun juga perusahaan besar, sehingga cara ini penting diterapkan dalam bisnis restoran yang dimiliki.

Demikianlah tips meningkatkan penjualan bisnis kuliner saat PPKM yang bisa dilakukan, semoga informasi ini bermanfaat.

6 Tips Meningkatkan Penjualan Bisnis Kuliner Saat PPKM | Malik | 4.5