3 Manfaat Saran dan Kritik Konsumen untuk Bisnis yang Penting Anda Ketahui!

Perusahan harus bisa bersikap terbuka terhadap saran dan kritik, karena ada banyak manfaat saran dan kritik konsumen untuk bisnis.  Tidak ada manusia yang sempurna begitu pula dengan bisnis. Manusia maupun bisnis membutuhkan saran dan kritik yang membangun untuk membuat semuanya menjadi lebih baik lagi. Tidak ada bisnis yang sempurna sehingga saran atau masukan dan kritik sangat dibutuhkan.

kritik dan saran

Jangan terjebak di zona nyaman dan merasa bisnis yang dijalankan sudah memiliki performa yang bagus sehingga tidak menyadari kekurangan bisnis dan berbagai macam perubahan yang telah terjadi. Tidak sedikit perusahaan besar harus gulung tikar karena terjebak di zona nyaman sehingga mereka terlambat dalam melakukan berbagai macam perubahan. Dengan saran dan kritik konsumen untuk bisnis mampu bisa membuat perusahaan Anda berkembang menjadi lebih baik. Simak manfaat saran dan kritik konsumen untuk bisnis berikut ini:

Pemicu Semangat

Manfaat saran dan kritik konsumen untuk bisnis yang pertama sebagai pemicu semangat. Saran dan kritik konsumen akan membuat bisnis Anda menjadi lebih kuat. Segala sesuatu hal yang tidak membunuh Anda akan menjadikan Anda menjadi lebih kuat, seperti kritik dan saran. Jika disikapi dengan sikap terbuka akan menjadi pemicu dan pemantik semangat yang sangat luar biasa.

Mendukung Bisnis Anda

Banyak yang tidak menyadari jika sebenarnya kritik dan saran menjadi salah satu bentuk dukungan terhadap bisnis Anda. Mengkritik  menjadi hal yang menantang, tidak semua orang bisa memberikan kritik karena tidak memiliki cukup keberanian. Bisa dikatakan bahwa menerima dan memberikan kritik menjadi hal yang sama-sama menantang.

Jika dilihat lebih jeli kritik dan masukan yang diberikan konsumen merupakan bentuk dukungan. Mereka peduli dengan bisnis yang Anda jalankan. Konsumen ingin bisnis Anda menjadi lebih maju dengan memberikan kritik maupun masukan. Penting bagi Anda untuk menghargai setiap kritik maupun masukan yang konsumen berikan.

Menjadikan Bisnis Naik Kelas

Manfaat saran dan kritik konsumen untuk bisnis yang terakhir adalah menjadikan bisnis menjadi naik kelas atau level.  Perusahaan selama ini hanya memikirkan operasional bisnis saja, bahkan waktu yang dimiliki perusahaan pun habis hanya untuk mengurus hal yang berhubungan dengan operasional bisnis sehingga perusahaan tidak memiliki banyak waktu hanya untuk sekedar bercermin atau menilai sudah sampai mana level bisnis Anda.

Dengan saran dan kritik yang diberikan Anda akan sangat terbantu dalam mengetahui berapa nilai produk yang dimiliki bisnis Anda. Anda juga tahu keunggulan produk dan layanan apa saja yang harus diperbaiki kedepannya dalam bisnis Anda dan sebagainya. Masukan yang berharga tersebut akan membantu bisnis Anda naik level.

Cara Menghadapi Kritik dan Saran

Tidak semua perusahaan bisa menghadapi berbagai macam kritik dan saran, bahkan perusahan besar pun ada yang tidak suka menerima kritikan yang justru bersikap membangun. Hal tersebut menandakan bahwa belum semua perusahaan siap dengan kritikan dan masukan. Berikut adalah cara tepat menghadapi saran dan kritik yang bisa Anda lakukan:

  1. Bukan Serangan Pribadi

Manusia memiliki hati juga emosi dimana sering bereaksi ketika menerima kritik maupun saran dari pihak yang lainnya. Oleh sebab itu saat menerima saran maupun kritik banyak yang langsung bereaksi seperti marah, tidak senang dan sebagainya. Jika Anda menerima kritik dan masukan Anda harus bersikap tenang karena kritik maupun saran tersebut bukan serangan pribadi. Anda harus terbuka saat menerima kritik juga masukan setelahnya.

  1. Menunjukkan Empati

Cara menghadapi kritik dan saran dari konsumen selanjutnya adalah tunjukkan rasa empati. Tidak akan ada asap jika tidak api sehingga Anda harus bersikap terbuka terhadap saran maupun kritik tersebut, konsumen memberikan kritik dan saran karena ada hal yang kurang nyaman sebelumnya.

Tunjukkan rasa empati dengan memposisikan diri Anda sebagai konsumen, minta maaflah dan jalin komunikasi baik dengan konsumen. Ucapkan terima kasih atas kritik dan saran yang diberikan dimana hal tersebut menjadi nilai yang luar biasa di mata konsumen.

  1. Action

Yang tidak kalah penting adalah bisnis Anda harus melakukan action terhadap kritik dan saran yang diberikan. Berikan solusi dengan segera karena action yang banyak ditunggu-tunggu oleh konsumen Anda.

Baca juga : Pengertian Bisnis Afiliasi: Definisi, Contoh, Kelebihan dan Kekurangan

Demikianlah manfaat saran dan kritik konsumen untuk bisnis yang penting untuk Anda ketahui, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

3 Manfaat Saran dan Kritik Konsumen untuk Bisnis yang Penting Anda Ketahui! | Malik | 4.5
error: Content is protected !!