5 Cara Meningkatkan Kreativitas Bisnis Saat Pandemi Paling Jitu

Meningkatkan kreativitas bisnis saat pandemi – Salah satu kunci keberhasilan usaha adalah meningkatkan kreativitas. Kreativitas ini tidak hanya dibutuhkan oleh pekerja seni saja namun setiap jenis pekerjaan ini membutuhkan kreativitas. Terutama saat masa pandemi saat ini pelaku usaha atau pebisnis harus bisa beradaptasi dengan perilaku atau pola konsumen yang berubah dibandingkan sebelumnya.

Kalangan industri dituntut kreatif dan juga inovatif, terutama yang ada hubungannya dengan pengembangan maupun proses pemasaran produk yang bertahan saat masa pandemi. Kreativitas ini akan muncul saat kondisi terdesak. Saat wabah melanda Newton sekeluarga terpaksa mengurung di Lincolnshire dan saat itulah Newton bisa menemukan dasar teori gravitasi dan prinsip kalkulus.

Anda tidak harus menciptakan rumus seperti Newton, namun yang dibutuhkan saat ini adalah Anda harus mencari tahu bagaimana cara meningkatkan kreativitas bisnis saat pandemi tersebut. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti berikut ini:

Terus Lakukan Eksperimen

Cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa meningkatkan kreativitas dalam bisnis adalah Anda bisa terus bereksperimen. Kreativitas dan inovasi yang dilakukan secara terus menerus ini bisa memunculkan peluang yang begitu menguntungkan. Jangan takut untuk eksperimen kecil yang mana bisa membuka peluang untuk belajar dari kesalahan dan melakukan eksplorasi kembali.

Contoh dari hal ini adalah Anda akan mengembangkan produk baru, maka lakukan eksperimen terhadap produk yang mana memiliki demand tinggi. Misalnya adalah produk kebutuhan rumah tangga, sanitasi, makanan maupun minuman dan lain sebagainya.

Peka Terhadap Perubahan dan Lingkungan Sekitar

Cara meningkatkan kreativitas bisnis saat pandemi yang bisa dilakukan selanjutnya adalah Anda harus peka terhadap perubahan dan juga lingkungan sekitar. Mulailah untuk peka dengan setiap perubahan yang Anda temui di pasaran dan lingkungan sekitar. Jadikan apapun yang Anda dengar dan rasakan ini sebagai proses pengembangan kreativitas.

Jangan membatasi diri Anda dan mulailah peduli dengan sekeliling Anda. Tidak hanya itu saja cobalah untuk bisa belajar menerima masukan baik itu fakta maupun informasi dari orang yang ada di sekitar Anda. Bahkan untuk informasi yang bertolak belakang sekalipun harus Anda pedulikan. Dengan kepekaan maupun informasi tersebut Anda bisa menemukan ide maupun gagasan baru.

Buku atau Catatan Kecil

Cara meningkatkan kreativitas bisnis saat pandemi yang bisa dilakukan selanjutnya adalah Anda bisa menyiapkan buku catatan kecil. Inspirasi maupun ide ini bisa Anda dapatkan kapan saja dan dimana saja. Dengan menyiapkan buku atau catatan kecil, Anda bisa lebih mudah untuk menampung semua ide yang tiba-tiba ini menghampiri.

Saat Anda melamun, saat Anda sedang jalan, nongkrong dan sebagainya Anda bisa menemukan ide tersebut secara tiba-tiba. Dengan menuliskan ide atau mencatat ide yang datang ini tentu akan memudahkan Anda bisa mengembangkannya pada kemudian hari. Dengan pencatatan ini juga bisa digunakan untuk mengantisipasi ide yang lupa.

Jalin Relasi dengan Orang Kreatif

Relasi atau koneksi ini menjadi hal yang penting dalam bisnis. Semakin luas dan banyak relasi Anda ini maka semakin mudah bagi Anda untuk mendapatkan ide baru. Anda juga mudah untuk mengembangkan bisnis Anda.  Adanya social distancing atau PSBB ini membuat banyak orang yang memanfaatkan sosial media dan bergabung dengan komunitas.

Bergaul dengan orang yang memiliki latar belakang sama ini bisa menambah hasrat apapun passion Anda terhadap hal yang akan Anda geluti tersebut.  Anda bisa memanfaatkan waktu bersama mereka untuk bisa saling bertukar pikiran, menggali maupun menuangkan ide,. Bersama mereka Anda juga bisa menerima kritik dan saran.  Tanpa relasi yang luas Anda akan kesulitan mengembangkan diri dan bisnis.

Niat dan Semangat Tinggi

Apapun jenis bisnis yang akan Anda geluti nanti sebaiknya Anda memiliki niat dan juga semangat yang tinggi. Saat Anda sudah niat dan semangat berbagai macam hambatan dan tantangan yang muncul di depan akan bisa Anda atasi dengan baik. Selain itu Anda harus memiliki semangat yang tinggi untuk bisa mempelajari hal yang baru.

Orang kreatif adalah mereka yang memiliki banyak ide dan bisa diperoleh saat seseorang memiliki pengetahuan. Pengetahuan dan wawasan Anda tentang usaha ini harus ditambah dari waktu ke waktu. Hal yang paling mudah untuk dilakukan untuk bisa menambah ilmu baru adalah membaca, sharing dengan orang lain, mengikuti pelatihan dan juga sejenisnya.

Baca juga : 8 Tips Mengembangkan Bisnis Pariwisata di Masa Pandemi

Semenjak pandemi ini muncul dan mulai meluas ada perubahan perilaku konsumen atau masyarakat yaitu mereka lebih banyak menggunakan cara online dari rumah. Semua barang yang mereka butuhkan ini dibeli dengan online, kemudian barang akan dikirimkan ke rumah menggunakan jasa ekspedisi. Tidak hanya berbelanja saja namun cara online ini dilakukan dalam berbagai aspek kehidupan.

Anda juga bisa mendapatkan pengetahuan atau ilmu baru mengikuti pelatihan melalui webinar yang dilakukan secara virtual. Berbagai komunitas menyelenggarakan webinar di berbagai bidang. Yang menguntungkan adalah tidak jarang pelatihan diselenggarakan secara gratis langsung dari ahlinya. Dengan ikut webinar tersebut Anda bisa mengupgrade kemampuan di bidang usaha yang sedang Anda jalankan.

Demikianlah beberapa cara meningkatkan kreativitas bisnis saat pandemi yang bisa Anda lakukan, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

 

5 Cara Meningkatkan Kreativitas Bisnis Saat Pandemi Paling Jitu | Malik | 4.5