Persaingan Ketat, Begini Cara Membuat Konten YouTube yang Menarik Banyak Subscriber!

Cara membuat konten YouTube – Menjadi seorang pembuat konten di YouTube bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menggiurkan.  Bahkan banyak orang yang berminat untuk menjadi seorang konten kreator ini. Namun yang harus dipahami disini adalah persaingan bisnis dari content creator YouTube ini sangat ketat. Hanya yang idenya unik dan kontennya menarik saja yang mendapatkan penghasilan.

Penghasilan atau pendapatan dari seorang konten kreator sendiri. Pendapatan yang pertama adalah melalui iklan yang ditampilkan di sela-sela video. Yang kedua berasal dari endorsement brand yang ingin mengenalkan produk barang maupun jasanya melalui video. Karena saat ini pengguna YouTube sudah semakin besar maka tidak mengherankan jika endorsement ini juga semakin besar.

Membangun bisnis YouTube dari nol memang tidak mudah. Anda harus fokus mencurahkan tenaga, pikiran, waktu dan juga mengembangkan ide Anda untuk bisa membuat konten yang menarik agar jumlah penonton semakin meningkat. Selain itu membuat jumlah like dan komentar video semakin banyak kemudian diikuti peningkatan jumlah subscriber.  Berikut ini adalah beberapa cara membuat konten YouTube yang menarik banyak subscriber:

Tentukan Tujuan

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah tentukan tujuan. Apa tujuan Anda ingin berkomunikasi dengan audience atau meningkatkan brand awareness atau peningkat penjualan? Jika sudah tahu tujuannya akan mudah bagi Anda untuk membuat konten tersebut. Anda bisa mudah menentukan riset, konsep, editing sampai dengan promosi.

Misalnya saja adalah Anda ingin berkomunikasi dengan audience maka hal yang bisa Anda lakukan adalah membuat konten yang lebih interaktif. Di alam konten tersebut, itu Anda bisa bertanya kepada audiens. Selain itu Anda bisa mengajak berinteraksi ke pembicara maupun ahli dalam bidang tertentu.

Untuk bisa mencapai tujuan Anda harus memperhatikan apa yang menjadi target audiens karena audiens ini yang akan menentukan seperti apa konsep video Ada, bahasa yang digunakan dan lain sebagainya.

Riset dan Rencana Matang

Cara membuat konten YouTube selanjutnya adalah lakukan riset dan juga rencana yang matang.  Anda harus melakukan riset seperti apa tren konten dan riset kata kunci. Anda juga bisa kepi dengan pihak kompetitor. Tentunya supaya lebih mudah dalam melakukan riset Anda harus menggunakan tools untuk mengetahui tren yang sedang populer saat ini.

Untuk pihak kompetitor Anda bisa memperhatikan bagaimana mereka menggunakan video sebagai strategi promosi. Tidak hanya itu saja Anda juga bisa melihat jenis konten yang dimilikinya apakah tutorial, testimonial maupun yang lainnya. Selain itu Anda bisa mencari tahu apa yang mereka gunakan dalam konten tersebut. Apakah video mereka untuk interaksi atau untuk meningkatkan penjualan.

Anda bisa meniru jika hasil mereka bagus. Selain itu Anda bisa memulai mengerjakan konten menggunakan storyboard terlebih dahulu. Anda bisa membuat outline gambar dan video yang.  Dengan pembuatan konsep tersebut Anda bisa jadi tahu adegan yang ada di dalam video sehingga proses pembuatan video akan lebih cepat dan tepat.

Edit Video

Cara membuat konten YouTube selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan edit video. Lengkapi video yang akan Anda buat dengan elemen yang membuat tampilan video semakin menarik. Misalnya saja adalah Anda bisa memberikan teks berupa alamat website atau media sosial. Selain itu Anda bisa melengkapinya dengan suara moderator untuk mengantarkan cerita, musik latar belakang yang mendukung.

Tentu saja untuk membuat hasil editan video yang Anda buat smooth harus menggunakan aplikasi edit video pro. Namun jika tidak bisa gunakan aplikasi edit video yang free. Sayangnya aplikasi edit video ini memiliki watermark sehingga akan membuat keindahan dan nilai video Anda menjadi berkurang.

Upload dan SEO

Cara membuat konten YouTube menarik selanjutnya adalah Anda bisa melakukan upload dan juga optimasi SEO YouTube. Optimasi yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyisipkan kata kunci yang tepat di beberapa tempat. Kata kunci bisa Anda letakkan pada bagian deskripsi, pada judul maupun tag konten YouTube Anda.

Baca juga : SEM vs SEO Mana yang Bagus Untuk Promosi Bisnis?

Sama seperti dengan konten artikel, jika Anda menerapkan SEO yang bagus maka video Anda bisa muncul pada bagian atas halaman pencarian YouTube. Keuntungan yang bisa didapatkan adalah Anda bisa memperoleh peluang klik lebih banyak sehingga peluang mendapatkan viewer bisa lebih banyak. Jika tujuan video Anda adalah untuk brand awareness maka dengan menerapkan SEO akan menguntungkan karena penjualan Anda akan semakin meningkat.

Lakukan Promosi

Hal terakhir membuat promosi. Semakin banyak yang mengenal dan mengikuti channel Anda akan semakin bagus. Konten yang sudah Anda upload ke YouTube ini jangan dibiarkan begitu saja karena viewer jalan ditempat dan tidak akan ada perubahan.

Persaingan yang ketat membuat Anda tidak bisa berdiam diri saja karena saat ini harus berlomba-lomba merebut hati audiens. Jika tidak dipromosikan konten Anda akan tertinggal atau tertimbun oleh konten yang lainnya.

Ada banyak promosi yang bisa Anda lakukan seperti promosi gratis dari YouTube selain itu Anda bisa membuat playlist dan iklan di sosial media. Untuk hasil efektif Anda bisa iklan berbayar sehingga bisa menjaring banyak pemirsa.

Demikianlah beberapa cara membuat konten YouTube yang bisa menarik banyak subscriber, penonton, like dan juga komentar, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Persaingan Ketat, Begini Cara Membuat Konten YouTube yang Menarik Banyak Subscriber! | Malik | 4.5
error: Content is protected !!