6 Strategi Jaga Mood Investor Tetap Tinggi Saat Pandemi

Strategi jaga mood investor tetap tinggi di masa pandemi ini penting diperhatikan. Tidak bisa dimungkiri bahwa investor ini memegang peranan yang penting dalam bisnis karena dengan menggunakan dana yang ditanam oleh investor tersebut bisnis bisa berjalan lancar seperti yang diharapkan. Terutama bagi bisnis startup yang sering kekurangan modal untuk operasionalnya.

Di masa pandemi saat ini banyak startup yang sulit untuk melakukan survive karena kehilangan investor. kehilangan investor akan membuat bisnis kesulitan finansial sehingga bisa membuat operasionalnya macet bahkan berhenti sama sekali. Supaya bisa menjaga mood investor tetap tinggi di masa pandemi ada beberapa strategi yang bisa Anda lakukan seperti berikut ini:

Menyiapkan Strategi Pivot Bisnis Jangka Pendek

Strategi jaga mood investor tetap tinggi terhadap bisnis startup Anda adalah tetap berpijak pada visi bisnis yang Anda miliki. Tujuannya adalah untuk menjaga sirkulasi revenue stream di tengah pandemi. Tidak hanya itu saja pivot ini juga bermanfaat untuk menemukan ide-ide inovasi baru agar bisnis Anda menjadi lebih fleksibel.

Contohnya adalah Ismaya Group dimana mereka melakukan penjualan bumbu bahan makanan siap pakai. Hal ini dilakukan untuk menurunkan stock opname pada restoran dan juga inventory. Selain itu bumbu dapur juga digunakan untuk menaikkan runway cashflow dengan melakukan transformasi ke delivery order.

Review Pos Pengeluaran

Strategi jaga mood investor tetap tinggi yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan review pada setiap pos-pos pengeluaran di bisnis Anda. Karena sedang di masa pandemi maka sangat penting bagi bisnis Anda untuk mengurangi pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu dan tidak penting.

Pangkas beberapa pos pengeluaran di bisnis Anda yang dianggap tidak efisien. Anda juga bisa memangkas biaya promosi berlebihan atau menghindari membakar uang yang tidak penting guna untuk meningkatkan efisiensi.

Anda bisa mencermati setiap pos pengeluaran perusahaan. Tentu hal ini bisa Anda lakukan jika perusahaan menggunakan catatan dan laporan keuangan yang tepat dan cepat sehingga informasi real time bisa didapatkan.

Siapkan Skenario yang Beda untuk Rencana Cadangan di Masa Krisis

Anda bisa membuat perkiraan skenario bisnis usaha dalam segala aspek, entah itu untuk jangka panjang pendek maupun untuk jangka panjang. Hal itu bisa membuat perusahan lebih siap terutama dalam menghadapi masa-masa krisis di masa mendatang.

Skenario yang akan dijalankan ini harus memperhatikan berbagai macam aspek maupun pandangan legal yang aman untuk sisi perusahaan. Contoh skenario yang bisa dilakukan adalah merumahkan karyawan, membatalkan kemitraan dan juga menunda pembayaran.

Jika memang sangat terpaksa perusahaan bisa mengurangi gaji karyawan demi membuat beban operasional dan juga pendapatan berada di level rasional. Skenario ini pun harus disepakati oleh berbagai macam pihak terkait.

Transparan

Strategi jaga mood investor tetap tinggi yang bisa dilakukan selanjutnya adalah transparan. Keuangan dalam bisnis Anda harus bersikap transparan hal ini bertujuan agar investor tahu seperti apa kondisi bisnis Anda di masa pandemi ini. Untuk mendukung data yang transparan dan memiliki visibilitas bagus pencatatan keuangan harus baik dan benar selain itu hindari human error yang mana sering terjadi pada laporan keuangan. Semua data harus terintegrasi dengan baik agar memudahkan dalam pencatatan dan analisanya.

Menjalin Hubungan Emosional dan Intelektual

Lakukan strategi satu ini untuk membuat mood investor terhadap bisnis Anda tetap tinggi. Anda bisa menjalin hubungan emosional dan juga intelektual kepada semua investor Anda. Mulailah dengan menjalin percakapan yang bisa membangun hubungan emosional, pastikan masalah bisnis Anda bisa dirasakan oleh investor dan tunjukkan visi maupun rencana perusahaan Anda kedepannya.

Tunjukkan rasa optimisme dan juga semangat Anda di depan investor dan kemukakan strategi-strategi baru apa saja yang bisa bisnis Anda lakukan di masa pandemi ini. Dengan komunikasi yang bagus hubungan antara investor dan perusahaan Anda bisa terjalin dengan baik.

Ajukan Dana yang Diperlukan Pada Rencana Usaha Selanjutnya

Untuk bisa membuat investor tetap mood menanamkan modalnya di bisnis Anda, bisa dengan bersikap realistis dan proyeksi terutama di masa pandemi ini. Saat pandemi seperti saat ini mengajukan pendanaan yang besar bukan menjadi solusi yang baik untuk bisnis Anda.

Baca juga : Jarang Diketahui! Inilah Keuntungan Investasi Tanah Makam

Mengajukan pendanaan terlalu berlebihan akan membuat kepercayaan investor menjadi menurun. Cara ini tidak hanya cocok menjaga mood investor lama agar mau menanamkan modalnya kembali namun juga cocok untuk menarik investor baru yang ingin menanamkan modalnya kepada bisnis Anda.

Anda bisa bertanya kepada diri sendiri atau melihat catatan maupun laporan keuangan berapa dana yang perusahaan Anda butuhkan agar proyek Anda bisa mencapai rencana di tahap berikutnya. Hal ini yang harus Anda cari dan gali saat berkomunikasi atau presentasi di hadapan para investor Anda. Penting juga menggunakan pemikiran yang konservatif dan juga realistis agar penawaran maupun setiap kalimat Anda tampak menarik untuk dipertimbangkan.

Demikianlah beberapa strategi jaga mood investor tetap tinggi yang bisa bisnis Anda lakukan, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

6 Strategi Jaga Mood Investor Tetap Tinggi Saat Pandemi | Malik | 4.5