7 Strategi Digital untuk Bertahan di Masa Pandemi

Strategi digital untuk bertahan di masa pandemi – Pandemi virus Covid-19 ini tidak hanya mengancam kesehatan saja namun juga mengancam ekonomi global bahkan di Indonesia. IMF memprediksi jika ekonomi dunia akan terus merosot sampai dengan 3 persen banyaknya. Selain itu dampak yang paling terasa ada di sektor bisnis maupun dalam sektor industri. Meski begitu ada bisnis yang mengalami pertumbuhan positif tidak semuanya negatif.

Strategi Digital bisnis

Pandemi juga menyebabkan perubahan perilaku konsumen dimana hal ini memaksa sektor bisnis untuk melakukan adaptasi dan perubahan. Pemicu perubahan tersebut dikarenakan adanya social distancing selama Covid-19. Supaya bisa terus eksis ada beberapa strategi digital untuk bertahan di masa pandemi yang bisa untuk Anda lakukan berikut ini:

Membuat Produk yang Relevan dan Cermat

Strategi digital untuk bertahan di masa pandemi pertama yang bisa dilakukan membuat produk yang relevan dan juga cermat. Anda bisa membuat produk yang memang sesuai dengan kondisi pandemi seperti saat ini. Jika Anda bisa memanfaatkan peluang dan membuat produk yang relevan bisnis Anda bisa bertahan.

Anda berbisnis di bidang industri fashion maka Anda bisa menjual fashion sekaligus dengan maskernya. Anda juga bisa berjualan jilbab yang langsung dengan masker. Jilbab masker ini banyak dibutuhkan bagi muslimah yang sering lupa dalam menggunakan masker atau yang ingin praktis dalam menggunakan masker. Bagi yang menggeluti bisnis kuliner maka Anda bisa beralih ke produk yang lebih relevan seperti frozen food dan sebagainya.

Kantor Virtual

Jika Anda selama ini masih memiliki kantor fisik dengan sewa yang mahal maka Anda bisa beralih ke layanan virtual. Anda bisa menggunakan jasa kantor virtual dan memanfaatkan layanan virtual lainnya. Dengan hal ini Anda bisa memangkas pengeluaran bisnis Anda sampai dengan 50%.

Tetap Terhubung dengan Konsumen Anda

Strategi digital untuk bertahan di masa pandemi yang bisa bisnis Anda lakukan adalah dengan tetap terhubung ke konsumen Anda.  Dengan banyaknya orang yang berdiam diri di rumah ini banyak yang selalu menggenggam smartphone mereka atau selalu terhubung ke internet. Anda bisa memanfaatkannya untuk berkomunikasi dengan konsumen Anda. Komunikasi yang tidak baik ini akan menyebabkan konsumen menjadi enggan dan canggung saat harus menjalin komunikasi kembali dengan Anda.

Pastikan Bisnis atau Produk Anda Mudah Ditemukan di Internet

Strategi yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah memastikan jika bisnis atau produk Anda tersebut bisa ditemukan di internet. Masyarakat saat ini masih bisa membeli barang atau jasa meski melalui rumah. Anda harus memastikan jika kehadiran bisnis Anda ini tetap signifikan.

Digital Marketing

Tingkat persaingan yang tinggi membuat Anda harus tahu bagaimana bisa mengalahkan kompetitor Anda. Saat ini pun banyak pebisnis yang kemudian mengandalkan cara online untuk menjalankan bisnis mereka.

Agar Anda selangkah lebih maju dari kompetitor Anda hal yang bisa dilakukan adalah dengan mengandalkan digital marketing. Pemasaran secara offline saja tidak cukup namun Anda bisa melakukan cara digital marketing. Pemasaran digital ini bisa Anda lakukan dengan beberapa cara seperti berikut ini:

  1. CMS dengan Fitur Otomatisasi Marketing

CMS atau Content Management System ini bisa membantu Anda untuk mengelola dan juga melakukan editing konten digital. Sistemnya berbasis website kemudian bisa diintegrasikan dengan bisnis Anda. Sistem ini akan memudahkan bisnis Anda dalam pengelolaan aset konten digital maupun kalender editorial.

  1. SEO dan Web Analytics

SEO menjadi salah satu strategi pemasaran digital yang bisa Anda lakukan. SEO dan web analytics menjadi tools yang wajib Anda miliki setelah memiliki konten berbasis digital. Inbound marketer ini sangat tergantung dengan strategi SEO yang bisnis Anda jalankan. Jika strateginya tepat mampu menarik pemirsa yang tepat melalui mesin pencarian, sedangkan website analytic ini digunakan untuk memahami dan juga lebih mengoptimalkan promosi iklan Anda.

  1. Platform Email dan Inbound

Yang bisa Anda lakukan selanjutnya agar digital marketing Anda bisa berjalan dengan baik adalah memanfaatkan platform email dan juga inbound. Keduanya haruslah saling berkaitan karena keduanya mampu menciptakan hal yang positif dan efektif untuk bisnis Anda. Selain itu tools ini bisa membantu Anda dalam merespons dan juga menjalin komunikasi yang baik dan lancar dengan konsumen.

Manfaatkan Iklan PPC

PPC singkatan dari Pay Per Click. SEO memang menjadi investasi jangka panjang untuk bisnis Anda namun hal ini lebih memakan waktu. Jika bisnis Anda baru dan ingin segera mendapatkan hasil maka bisa menggunakan iklan PPC sepertihalnya Google Adword, Facebook Ads dsb.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Digital Marketing yang Harus Anda Tahu

Update

Jangan melempem dan kendor. Terus semangat untuk memperbarui aset digital yang Anda miliki. Selalu update portofolio aset digital Anda baik dari website maupun sosial media. Anda bisa menyajikan konten yang berhubungan dengan bisnis Anda. Hal ini bisa membantu Anda bersaing dengan kompetitor Anda.

Lakukan adaptasi di saat kondisi pandemi seperti saat ini. Adaptasi terbaik adalah dengan beralih ke teknologi digital. Lakukan beberapa strategi digital untuk bertahan di masa pandemi di atas untuk membuat nafas bisnis Anda menjadi lebih baik.

7 Strategi Digital untuk Bertahan di Masa Pandemi | Malik | 4.5