Cara Mensiasati Produk yang Tidak Laku Di Masa Pandemi

Cara mensiasati produk yang tidak laku di masa pandemi – Pandemi Covid-19 yang hingga tahun 2021 ini belum juga usai membawa banyak pengaruh buruk, khususnya dalam perekonomian. Indonesia sendiri resmi mengumumkan resesi, daya beli masyarakat menurun, yang otomatis membuat para pengusaha banyak yang gulung tikar karena minimnya penjualan produk mereka. Belum lagi karena banyaknya usaha yang bangkrut, membuat jumlah pengangguran makin meningkat di negeri ini.

Produk tidak laku

Jika Anda adalah seorang pengusaha, mungkin ini adalah masa yang sulit dan sama sekali tak mudah untuk dilalui. Selain harus menghentikan karyawan, Anda juga harus berhadapan dengan kenyataan bahwa banyak dari produk Anda yang mungkin tak laku di kala pandemi ini. Meski begitu, Anda tak boleh menyerah. Ada beberapa cara mensiasati produk yang tidak laku di masa pandemi, misalnya:

Lakukan Analisis Pada Produk yang Laku dan Tak Laku

Penting bagi Anda untuk mengecek dan menganalisis, produk manakah yang masih cukup diminati pelanggan selama pandemi, dan produk mana yang bahkan hampir tak dilirik lagi. Dengan mengetahui produk mana yang laku dan tak laku, Anda bisa membuat strategi pemasaran agar barang-barang yang tadinya tak laku bisa terjual meski dengan harga yang tak sesuai.

Anda bisa membuat promo misalnya dengan menggabungkan produk yang laku dan tak laku, atau seringnya disebut teknik bundling. Anda bisa menggabungkan barang yang kurang laku dengan barang lain yang marginnya lebih tinggi.

Cobalah Untuk Membuat Berbagai Strategi Penjualan

Cara mensiasati produk yang tidak laku di masa pandemi ini salah satunya adalah dengan membuat strategi penjualan yang lebih menarik bagi pelanggan. Anda bisa membuat taktik pemasaran seperti flash sale, clearance sale, atau seasonal sale. Momen ini biasanya banyak juga ditunggu para pelanggan, dimana umumnya para pemilik usaha akan menjual murah barang-barang mereka yang kurang laku dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir.

Pastikan Bahwa Pelanggan Merasa Aman dengan Produk yang Anda Tawarkan

Di musim pandemi ini, banyak orang yang merasa ragu untuk berbelanja karena khawatir tentang kebersihannya, terutama jika menyangkut makanan, minuman, dan lainnya. Dalam kondisi tersebut Anda bisa mengambil cara promosi yang berbeda. Misalnya memperlihatkan proses pemasakan hingga pengepakan makanan dan minuman yang dijamin bersih, higienis dan steril.

Anda juga bisa melakukan pengumuman melalui akun sosial media bahwa seluruh karyawan Anda telah mematuhi protokol kesehatan dan rutin melakukan cek kesehatan. Cara-cara seperti ini bisa membangun kembali kepercayaan pelanggan yang sempat dibuat panik akibat virus corona.

Bangun Dukungan Untuk Para Pelanggan

Penting bagi Anda untuk berhenti sejenak memikirkan keuntungan, apalagi saat pelanggan Anda juga masih kesulitan dengan kondisi pandemi ini. Untuk menjaga kesetiaan mereka, cobalah untuk membangun dukungan positif bagi mereka. Saat kondisi sudah mulai membaik, mereka kemungkinan besar akan tetap menjadi pelanggan setia Anda. Semua memang tak melulu tentang penjualan, akan tetapi kesetiaan pelanggan tetap nomor satu.

Anda bisa mulai melakukan hal ini dimulai dari perhatian yang kecil, misalnya dengan mengirimkan pesan melalui sosial media atau email. Tanyakan bagaimana kondisi mereka, dan katakan apa saja yang bisa Anda lakukan untuk membantu mereka.

Tetap Lakukan Promosi dan Penjualan

Cara mensiasati produk yang tidak laku di masa pandemi adalah tetap konsisten melakukan penjualan dan promosi. Artinya, Anda tak boleh menyerah karena semua orang juga mengalami kesulitan yang sama dengan Anda. Lakukan promosi yang tepat sasaran di kala pandemi. Misalnya jika Anda adalah seorang pengusaha makanan, maka Anda bisa melakukan promosi produk makanan sehat penguat imun tubuh pada mereka yang harus bekerja di luar rumah.

Anda bisa mensiasati jenis makanan yang kurang laku dengan melakukan sedikit kreasi. Misalnya mengganti bahan makanan organik atau yang lainnya.

Tawarkan Secara Online

Tahukah Anda bahwa selama pandemi ini kebanyakan orang justru berbelanja berbagai kebutuhan secara online? Tak heran, ini karena pemerintah sendiri menghimbau agar orang-orang tak bepergian dan tetap tinggal di dalam rumah.

Cara mensiasati produk yang tidak laku di masa pandemi salah satunya bisa dengan menawarkan produk yang Anda miliki secara online. Berikan jaminan keamanan dan kebersihan produk dari mulai proses produksi, pengemasan hingga pengiriman. Dengan begitu pelanggan akan merasa aman dan mau membeli lagi produk-produk Anda.

Baca juga : 8 Tips Mengembangkan Bisnis Pariwisata di Masa Pandemi

Sudah Coba Menawarkan Produk Secara Offline?

Jika sebelumnya Anda hanya fokus pada jualan online saja, mungkin Anda bisa mencoba cara mensiasati produk yang tidak laku di masa pandemi ini. Cobalah untuk menawarkan produk Anda secara langsung dan offline pada pelanggan. Trik ini bahkan sudah mulai banyak dilakukan oleh brand-brand besar.

Meski mayoritas orang memang lebih banyak berbelanja online di kala pandemi, namun beberapa juga tetap memilih untuk membeli produk secara langsung karena tak perlu menunggu lama.

Bertahan di tengah kondisi pandemi memang tak mudah. Tapi jika Anda yakin, optimis dan bisa menemukan trik pemasaran yang tepat untuk bisnis Anda, maka badai pasti akan bisa berlalu dengan baik. Semoga beberapa cara mensiasati produk yang tidak laku di masa pandemi diatas dapat membantu Anda.

 

Cara Mensiasati Produk yang Tidak Laku Di Masa Pandemi | Malik | 4.5