7 Cara Memulai Bisnis Waralaba Modal Kecil Agar Sukses

Bisnis waralaba modal kecil banyak dicari. Tentu Anda sudah tidak asing dengan bisnis waralaba ini. Bisnis ini memang cukup menjanjikan dan lebih mudah digeluti dibandingkan dengan memulai bisnis dari nol. Membangun bisnis dan juga brand sendiri ini tidak mudah karena produk dan brand Anda belum dikenal oleh masyarakat luas. Selain itu untuk mendapatkan pengakuan dan penilaian masyarakat ini tidak mudah dimana untuk mendapatkannya Anda membutuhkan waktu minimal 2 tahun operasional.

Jika bisnis Anda langsung hits dalam waktu kurang 2 tahun saja masyarakat akan mengenal brand Anda tersebut. Jika tidak langsung hits dan booming Anda akan membutuhkan waktu lama untuk membuat bisnis Anda besar dan menjadi lebih dikenal masyarakat.

Untungnya saat ini ada bisnis waralaba atau franchise dimana Anda bisa menjadi mitra dari brand bisnis yang sudah terkenal. Anda yang tertarik untuk memulai bisnis waralaba modal kecil simak beberapa cara yang bisa Anda lakukan berikut ini:

Lakukan Survei dan Mengumpulkan Informasi

Saat Anda ingin memulai bisnis waralaba modal kecil hal yang paling penting untuk diketahui adalah dengan melakukan survei dan mengumpulkan banyak informasi.  Anda bisa mensurvei bisnis franchise yang sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki supaya bisa menjalankan bisnis tersebut secara maksimal.

Anda tidak perlu repot-repot mencari brand bisnis waralaba yang akan Anda beli karena saat ini banyak sekali pilihannya. Bahkan beberapa artis dan Selebgram membuka peluang kemitraan untuk masyarakat yang ingin berbisnis. Mereka sudah memiliki nama sehingga Anda hanya perlu menjalankan bisnis sebaik-baiknya.

Pelajari Rule dan Skema Bisnisnya

Setiap bisnis waralaba ini pasti memiliki aturan dan juga skema bisnis sehingga diperlukan kecermatan dan ketelitian dalam mempelajari seluk beluk bisnis yang akan Anda jalani tersebut. Anda bisa mengenal lebih jauh brand tersebut, ketentuan pembayaran, memahami apa yang harus dan tidak boleh dilakukan.

Setiap perusahaan ini juga memiliki SOP yang berbeda sehingga tidak bisa menyamaratakan antara satu bisnis franchise dengan franchise lainnya. Hal yang harus Anda perhatikan selanjutnya adalah harus mengetahui pembagian keuntungan. Setiap franchisor ini memiliki aturan pembagian keuntungan yang berbeda, Anda harus mempelajarinya lebih jauh karena berpengaruh terhadap bisnis waralaba Anda kedepannya.

Ikut Pelatihan

Jangan salah, meski hanya waralaba Anda yang ingin mengikuti bisnis ini penting untuk mengikuti pelatihan. Franchisor mengadakan pelatihan ini dengan tujuan agar calon mitra bisa mengikuti dan menjalankan bisnis dengan baik. Mereka akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu supaya Anda maupun franchisee lainnya benar-benar tahu bisnis yang akan dijalankan ini seperti apa.

Setelah tiga tahap tersebut Anda sudah bisa memulai bisnis franchise ini. Pastikan Anda menjalaninya sesuai dengan prosedurnya dan perjanjian yang telah disepakati bersama. Karena telah menjadi mitra maka Anda perlu dan wajib untuk mengikuti berbagai macam program yang telah ditentukan oleh franchisor baik itu program pengembangan bisnis dan lain sebagainya.

Modal

Untuk bisa memulai bisnis waralaba modal kecil penting sekali bagi Anda untuk memperhatikan modal yang dimiliki. Selain membayar dana tanda jadi mitra ke franchisor, ada beberapa dana lainnya yang harus Anda pertimbangkan. Dana tersebut adalah sewa tempat, dana untuk promosi, dana untuk travel dan akomodasi saat mengikuti pelatihan dan lain sebagainya.

Baca juga : Permintaan Tinggi, Ini Dia 6 Ide Bisnis Peternakan Modal Kecil Menguntungkan

Menghitung dan mempertimbangkan modal ini sangat penting karena bisnis tidak bisa berjalan seperti yang diharapkan jika kekurangan modal untuk operasional. Jika modal yang dimiliki kecil pilih bisnis franchise yang pusatnya ada di kota Anda supaya Anda tidak mengeluarkan biaya akomodasi.

Lokasi yang Strategis

Anda yang ingin memulai bisnis waralaba ini penting untuk memilih lokasi yang benar-benar strategis. Tanpa lokasi strategis ini penjualan Anda tidak akan sesuai dengan yang diinginkan. Anda juga harus memilih tempat yang lokasinya di jalur lambat sehingga memudahkan konsumen dalam melakukan pembelian. Jika di jalur cepat untuk menyeberang dan menghampiri outlet Anda susah sehingga banyak yang mengurungkan untuk membeli di outlet Anda.

Lakukan Promosi

Hal yang bisa Anda lakukan selanjutnya untuk memulai bisnis waralaba ini adalah melakukan promosi di sosial media.  Anda bisa membuat akun Instagram bisnis untuk bisnis waralaba yang Anda jalankan tersebut.

Meski akun bisnis franchisor telah mempromosikan outlet mitra mereka namun lebih efektif lagi jika Anda memiliki akun sendiri untuk menjangkau target konsumen Anda. Anda juga bisa bergabung dengan grup yang sesuai dengan bisnis waralaba Anda. Misalnya adalah kuliner Anda bisa bergabung dengan grup kuliner di Facebook.

Berikan giveaway agar semakin banyak yang mengenal outlet Anda dan mendatangkan lebih banyak konsumen. Anda tidak memerlukan modal untuk melakukan promosi di sosial media ini. Buatlah iklan berbayar di sosial media supaya hasilnya maksimal.

Manfaatkan Ojek Online

Supaya bisa mendongkrak penjualan Anda maka bisa memanfaatkan OJOL atau ojek online. Dengan mendaftarkan diri di platform ojek online tersebut para pengguna platform tersebut akan mudah menemukan bisnis Anda dan mudah dalam melakukan pemesanan.

Memulai bisnis waralaba modal kecil ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin berbisnis tapi tidak dimulai dari nol, semakin terkenal brand franchisor Anda akan semakin mudah bagi Anda untuk menarik pelanggan, semoga informasi ini bermanfaat.

7 Cara Memulai Bisnis Waralaba Modal Kecil Agar Sukses | Malik | 4.5