Permintaan Tinggi, Ini Dia 6 Ide Bisnis Peternakan Modal Kecil Menguntungkan

Bisnis peternakan modal kecil – Bisnis peternakan termasuk bisnis yang menjanjikan. Terlebih lagi saat ini tingkat persaingan bisnis peternakan tidak terlalu ketat karena sedikit peminat. Saat membicarakan tentang peternakan ingatan akan langsung ke besarnya modal yang dikeluarkan padahal untuk menggeluti bisnis peternakan ini Anda tidak harus mengeluarkan modal yang terlalu besar. Ada beberapa bisnis peternakan yang mana bisa digeluti dengan modal yang sedikit  saja.

Jika niat dan bersungguh-sungguh, hasil dari ternak tersebut akan sesuai dengan harapan Anda. Simak beberapa bisnis peternakan modal kecil dengan hasil menjanjikan yang bisa Anda geluti berikut ini:

Ternak Ayam

Tentu Anda sudah tidak asing dengan bisnis satu ini.  Beternak ayam menjadi bisnis peternakan yang potensial dan menjanjikan. Ayam sendiri merupakan salah satu bahan makanan yang paling banyak dibutuhkan. Ayam mengandung protein tinggi dan menjadi salah satu nutrisi yang bisa digunakan untuk mengganti sel-sel tubuh yang rusak.

Selain dagingnya telur dari ayam ini pun bisa dimanfaatkan karena sama-sama mengandung nutrisi yang tinggi. Usaha ternak ayam menjadi usaha yang sangat menjanjikan di masa depan karena Anda bisa mendapatkan dua sumber keuntungan sekaligus disini.

Untuk ternak ayam yang mudah dan tidak terlalu memakan biaya adalah ternak ayam kampung. Ayam ini memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi dibandingkan dengan broiler maupun petelur karena memiliki daya tahan tubuh yang bagus. Anda bisa mengumbar ayam kampung ini karena mereka bisa mencari makanannya sendiri. Anda bisa memberinya sisa makanan keluarga dengan catatan makanan yang diberikan tersebut tidak basi.

Bebek

Bisnis peternakan modal kecil yang bisa Anda geluti selanjutnya adalah ternak bebek. Peluang pasar yang tinggi membuat banyak orang melirik usaha atau bisnis peternakan bebek ini. Peternakan ini modalnya sedikit dan juga menghasilkan. Anda bisa memulai ternak dengan dua pasang bebek saja dimana jika dirawat dan dipelihara dengan baik bebek ini akan mudah beranak pinak.

Yang penting diperhatikan adalah nutrisi dan tempat perkembangbiakan bebek tersebut memadai karena bebek tidak akan bisa tumbuh dan berkembang dengan maksimal jika tempat perkembangbiakannya tidak membuatnya nyaman dan aman.

Ternak Lele

Jika Anda menginginkan beternak dengan modal kecil maka beternak lele ini menjadi jawabannya. Saat ini penyuka dan pecinta lele meningkat. Lele mengandung protein yang tinggi selain itu rasanya yang gurih cocok diolah berbagai macam masakan mulai dari lele goreng, lele crispy, lele bakar, mangut lele, lele panggang dan masih banyak lagi lainnya.

Modal ternak lele sendiri cukup murah dimana Anda bisa merogoh kocek mulai dari 2 juta rupiah saja untuk memulainya. Yang menggiurkan adalah estimasi pendapatan ini bisa mencapai 3 sampai dengan 4 juta per bulan.

Ternak Kambing

Bisnis peternakan modal kecil yang bisa digeluti selanjutnya adalah ternak kambing.  Saat ini hanya sedikit orang yang mau beternak kambing selain karena lahan yang terbatas cara ternaknya juga tidak mudah. Salah sedikit akan menyebabkan kambing beresiko mati, bukannya untung malah Anda akan mengalami kerugian.

Beternak kambing ini memang membutuhkan waktu yang lama namun jangan salah karena keuntungan dari ternak kambing ini sangat menggiurkan. Keuntungan bisa mencapai puluhan juta rupiah setiap kali panen. Semakin banyak kambing yang Anda ternakkan maka semakin banyak keuntungan yang Anda dapatkan.

Peluang usaha atau ternak kambing ini akan semakin meningkat saat musim qurban dimana banyak yang mencari kambing untuk dikurbankan. Tidak hanya dagingnya saja yang bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan namun kotorannya, kulitnya dan kepalanya pun bisa dijual dengan harga yang lumayan.

Ternak Ikan Hias

Bisnis peternakan modal kecil yang bisa Anda geluti selanjutnya adalah ternak ikan hias. Usaha ternak ikan hias ini menjadi yang paling populer di Indonesia.  Semua usia pun sangat menyukai ikan hias ini mulai dari anak-anak sampai dengan dewasa. Ada beberapa jenis ikan hias yang populer karena tinggi peminat seperti ikan lohan, oscar, cupang dan sebagainya. Hal ini akan menjadi peluang bagi Anda yang ingin mencoba membudidayakannya untuk bisnis karena tingginya minat masyarakat akan ikan tersebut saat ini.

Ternak Murai

Bisa dikatakan bisnis peternakan yang menggiurkan dan menguntungkan untuk digeluti adalah ternak murai. Burung murai saat ini sedang hits dan banyak dicari karena memiliki suara kicau yang indah. Anakan murai pun banyak dicari oleh peternak pemula yang ingin mencoba menggeluti bisnis ini. Anakan murai bisa dijual saat berumur 1 bulan dengan harga mulai dari 1,2 juta rupiah. Semakin produktif murai Anda semakin banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Baca juga : 6 Peluang Bisnis Peternakan yang Menjanjikan, Wajib Anda Coba!

Modal yang Anda keluarkan untuk beternak murai ini mulai dari 6 juta rupiah. Untuk sepasang indukan murai Anda bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari 4 juta rupiah, semakin bagus kicau dan panjang ekornya akan semakin mahal murai tersebut. Sisa modal untuk pembuatan kandang dan juga perlengkapan lainnya yang dibutuhkan.

Demikianlah beberapa ide bisnis peternakan modal kecil yang bisa dilakukan dan digeluti karena permintaan yang tinggi, semoga informasi ini bermanfaat dan menginspirasi Anda.

Permintaan Tinggi, Ini Dia 6 Ide Bisnis Peternakan Modal Kecil Menguntungkan | Malik | 4.5