6 Peluang Bisnis Peternakan yang Menjanjikan, Wajib Anda Coba!

Peluang bisnis peternakan yang menjanjikan – Ada beberapa alasan mengapa bisnis peternakan saat ini menjanjikan dimana salah satunya adalah para millennial yang sudah tidak berminat terhadap bisnis satu ini. Namun jika millennial ingin menggeluti bisnis ini tidak menjadi masalah karena jumlah kompetitor yang sedikit.

Alasan lainnya mengapa bisnis ini potensial adalah kebutuhan akan ternak ini selalu meningkat dari tahun ke tahun sehingga peluang untuk sukses ini sangat besar. Didukung dengan kemajuan teknologi yang berkembang pesat seperti saat ini membuat usaha ternak ini bisa mudah untuk dijalankan. Meski bisnis online saat ini sedang marak namun usaha atau bisnis ternak ini tidak ada matinya.

Bisnis peternakan ini juga bisa berkembang menjadi pesat dan Anda pun mudah untuk mendapatkan modal karena saat ini ada Fintech crowdfunding yang memang khusus usaha peternakan bahkan jika Anda sudah memiliki pengalaman akan mudah bagi Anda untuk mendapatkan modal maupun alat-alat peternakan yang Anda butuhkan. Supaya sukses, berikut ini adalah beberapa peluang bisnis peternakan yang menjanjikan dan bisa Anda geluti:

Ternak Jangkrik

Peluang pertama yang bisa Anda manfaatkan adalah ternak jangkrik. Tentu banyak masyarakat yang setuju jika jangkrik ini merupakan bisnis yang potensial. Jangkrik saat ini banyak dibutuhkan oleh kicau mania. Jangkrik menjadi pakan burung yang paling sering dibutuhkan karena mengandung banyak protein yang banyak dibutuhkan oleh burung. Karena menjadi pakan pokok maka jangkrik ini banyak dicari.

Harga jual jangkrik pun sangat menggiurkan dimana bisa dijual dengan harga mulai dari 35 ribu per ball selain itu perawatannya tidak terlalu lama yaitu dalam sebulan saja Anda sudah bisa memanennya.

Tidak hanya jangkriknya saja namun telurnya pun bisa Anda jual. Yang menguntungkan adalah harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan jangkriknya sendiri. Telur ini dijual ke peternak untuk dibesarkan tanpa telur ini peternak tidak akan bisa membudidayakan jangkrik.

Ternak Belut

Peluang bisnis peternakan yang menjanjikan selanjutnya adalah ternak belut.  Belut ini cukup populer di Indonesia dan banyak yang menyukai belut ini karena memang kaya akan nutrisi yang baik. Untuk budidaya belut ini diperlukan perencanaan dan persiapan yang matang agar budidaya berhasil dan tidak mengalami kegagalan.

Untuk bisa membudidayakan belut ini Anda perlu menyiapkan kolam seperti sawah atau tembok dan juga bisa sawah semi permanen dimana kedalamannya 1 sampai dengan 2,5 meter. Lama pemeliharaan belut ini lebih lama dibandingkan dengan jangkrik yaitu 3 sampai dengan 4 bulan lamanya.

Kroto

Jika jeli dalam membaca peluang tentu sepakat jika kroto menjadi peluang bisnis peternakan yang potensial karena banyak yang membutuhkannya. Kroto juga dibutuhkan untuk membuat burung kicau lebih aktif selain itu membuatnya lebih produktif karena bisa merangsang hormon burung tersebut.

Baca juga : 7 Cara Budidaya Kroto Dengan Media Paralon Agar Hasilnya Melimpah

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk budidaya kroto ini dimana bisa dari alamnya secara langsung namun juga bisa ternak dari budidaya. Beternak dari alam ini artinya Anda akan mencari bibit kroto di pohon kemudian Anda bisa memanen dengan menggunakan galah.

Kambing Etawa

Peluang bisnis peternakan yang menjanjikan dan bisa Anda geluti selanjutnya adalah bisnis kambing etawa. Bisnis ini menggiurkan karena produk susu kambing etawa tersebut banyak dibutuhkan karena memiliki banyak khasiat.  Bisnis peternakan ini sangat cocok digeluti karena sangat sesuai dengan iklim di Indonesia. Satu ekor kambing ini dipercaya bisa menghasilkan susu sebanyak satu sampai dengan dua liter per harinya dimana harga susu tersebut dibanderol paling murah 75 ribu rupiah.

Tidak hanya susunya saja namun kambing etawa tersebut juga bisa dijadikan sebagai bisnis dimana Anda bisa menjualnya dengan harga mulai dari 4 juta rupiah, untuk pejantan harga yang dibanderol bisa jauh lebih tinggi dan mahal.

Ternak Kelinci

Anda yang mencari peluang bisnis peternakan yang menjanjikan bisa menggeluti bisnis peternakan kelinci. Alasan mengapa bisnis ini potensial adalah banyak yang membutuhkan daging ini untuk kesehatan. Alasan lainnya adalah karena rasa dagingnya yang unik dimana empuk dan manis sehingga membuat siapapun menjadi tertarik untuk memakannya lagi dan lagi.

Daging kelinci menjadi kuliner yang unik sehingga banyak orang tertarik untuk mencobanya.  Tidak hanya dagingnya saja yang bisa dijual, Anda juga bisa menjual anakan kelincinya. Anakan yang bisa dijual yaitu kelinci dengan usia diatas 2 bulan. Jika Anda ingin menjual kelinci pedaging maka Anda bisa menunggunya sampai umurnya 3,5 bulan karena bobotnya sudah mencapai 3 kilogram.

Cacing

Peluang usaha ternak yang terakhir adalah cacing. Bisnis ini tidak boleh dianggap sebelah mata karena omsetnya menjanjikan dimana harga jualnya bisa mencapai 85 ribu per kilogramnya. Cacing akan siap dipanen saat berumur 40 sampai dengan 50 hari dari awal pembibitan. Bibit ini bisa didapatkan di sawah maupun di para petani.

Baca juga : Sering Dicari untuk Pakan Burung, Begini Cara Budidaya Orong-Orong

Dengan mengetahui peluang bisnis peternakan yang menjanjikan Anda bisa meraih kesuksesan, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

 

 

6 Peluang Bisnis Peternakan yang Menjanjikan, Wajib Anda Coba! | Malik | 4.5