10+ Contoh Usaha kecil-kecilan yang Bisa Dijalankan dari Rumah

Contoh usaha kecil-kecilan yang bisa dijalankan dari rumah – Kondisi ekonomi sedang makin sulit. Banyak gelombang PHK terjadi, pengangguran meningkat dan lapangan pekerjaan pun makin sempit. Anda pun harus mengambil langkah lain untuk tetap bisa produktif menghasilkan pundi uang setiap waktu, meski dari rumah sekalipun.

Bagi Anda yang secara kebetulan baru saja kehilangan pekerjaan, atau hanya ibu rumah tangga biasa yang tidak bekerja kantoran, tak perlu bersusah hati. Ada banyak contoh usaha kecil-kecilan yang bisa dijalankan dari rumah untuk membantu keuangan keluarga. Beberapa diantaranya:

Laundry kiloan

Laundry

Berbekal mesin cuci, setrika dan pewangi, Anda bisa memanfaatkan waktu di rumah dengan membuka usaha jasa laundry kiloan. Walaupun Anda tak punya mesin cuci, mencuci baju dengan cara manual pun tak jadi masalah. Meskipun Anda harus siap merasa lebih lelah.

Jual pulsa dan paket data

bisnis pulsa

bisnis pulsa

Tidak perlu lahan dan peralatan khusus, Anda bisa mencoba berjualan pulsa dan paket data di rumah. Seperti yang Anda tahu, saat ini konsumsi pulsa dan paket data di masyarakat Indonesia sangatlah tinggi, bahkan bagi kalangan keluarga ekonomi menengah ke bawah. Untuk itu, contoh usaha kecil-kecilan yang bisa dijalankan dari rumah ini cukup menggiurkan.

Penjahit pakaian

Anda punya bakat menjahit? Jika iya, maka ini bisa menjadi peluang usaha kecil-kecilan yang cukup mungkin dilakukan di rumah. Selain menerima pesanan jahitan, Anda juga bisa memproduksi beberapa pakaian lalu menjualnya.

Jual makanan dan minuman ringan

Banyaknya anak-anak di lingkungan sekitar rumah bisa jadi lahan hijau untuk usaha penjualan makanan dan minuman ringan. Mulai dari jajanan ringan, gorengan, siomay, bakso mini, jus dan lainnya.

Jika lingkungan sekitar rumah Anda memungkinkan, cobalah untuk menjual makanan dan minuman ringan yang lebih sehat.

Cuci motor

Lahan sepetak di halaman rumah bisa jadi tempat yang cocok untuk menghasilkan pundi-pundi uang bagi Anda. Jasa pencucian motor bisa jadi salah satu contoh usaha kecil-kecilan yang bisa dijalankan dari rumah tanpa butuh modal yang besar.

Budi daya ikan hias

Di masa pandemi seperti ini, peminat ikan hias cukup meningkat tajam. Peluang ini bisa Anda manfaatkan untuk membuka usaha budidaya ikan hias di rumah. Beberapa jenis ikan yang biasanya banyak diburu diantaranya ikan cupang, ikan mas koki, dan ikan louhan.

Servis elektronik

Membuka jasa servis elektronik juga bukan ide yang buruk untuk dicoba. Tapi Anda harus yakin bahwa kemampuan Anda dibidang ini cukup mumpuni. Pasalnya barang elektronik termasuk barang yang cukup sensitif pada kerusakan. Jangan sampai elektronik yang Anda perbaiki justru semakin rusak.

Jasa les privat

Usaha jasa les privat bagi anak-anak sekolah bisa dibilang sangat berpotensi untuk berkembang dimasa sekarang ini. Mengingat saat ini banyak orang tua yang kerepotan melakukan pembelajaran daring di rumah, maka banyak dari mereka yang akhirnya memilih menggunakan jasa guru les privat. Lakukan survey terlebih dahulu tentang besaran honor yang biasa dibebankan pada orang tua murid agar harga yang Anda tawarkan tidak terlalu mahal atau murah.

Jasa potong rambut atau salon

Anda mungkin bisa memanfaatkan ruang tamu atau ruang depan di rumah untuk membuka salon kecil-kecilan di rumah. Selain menyediakan jasa potong rambut, Anda juga bisa menambahkan layanan lain seperti smoothing, rebonding, mewarnai rambut dan sebagainya.

Baca juga : 9 Trik Jitu Cara Memasarkan Usaha Makanan yang Baru Buka

Ternak jangkrik

Ternak jangkrik

Semakin banyaknya pecinta burung sebenarnya justru membuka laan usaha baru untuk Anda yang punya bakat dalam ternak. Salah satu contoh usaha kecil-kecilan yang bisa dijalankan dari rumah adalah ternak jangkrik, yang merupakan makanan penting bagi berbagai jenis burung.

Anda pun tak perlu menyediakan banyak tempat, karena ternak jangkrik ini bisa dilakukan halaman depan atau samping rumah.

Baca juga : Intip 5 Budidaya Hewan Ternak Menguntungkan di Lahan Sempit

Pom mini

Contoh usaha kecil-kecilan yang bisa dijalankan dari rumah ini cukup berpotensi jika lokasi rumah Anda berada di tepi jalan raya, atau setidaknya di tepi jalanan gang besar. Jika dalam sehari Anda bisa menjual bensin 50 liter saja, keuntungan yang bisa diraup juga cukup besar.

Angkringan

Anda bekerja di siang hari, tapi tetap ingin produktif di malam hari? Salah satu ide usaha rumahan yang mungkin bisa Anda coba adalah angkringan. Tak perlu lahan yang luas, Anda sudah bisa menjajakan jualan Anda. Mulai dari nasi kucing, gorengan, berbagai jenis sate dan minuman.

Carilah lokasi yang strategis, di mana banyak tukang ojek atau orang yang berlalu lalang agar usaha Anda banyak dikunjungi pembeli.

Keahlian apapun yang Anda miliki sebenarnya bisa menjadi kesempatan untuk memulai usaha rumahan, tentu saja jika Anda jeli dalam melihat peluang. Beberapa contoh usaha kecil-kecilan yang bisa dijalankan dari rumah di atas mungkin bisa jadi ide yang bisa segera Anda eksekusi untuk mendapat penghasilan tambahan.

 

 

10+ Contoh Usaha kecil-kecilan yang Bisa Dijalankan dari Rumah | Malik | 4.5