9 Trik Jitu Cara Memasarkan Usaha Makanan yang Baru Buka

Cara memasarkan usaha makanan yang baru buka – Satu hal penting yang wajib Anda lakukan ketika baru saja membuka usaha makanan adalah melakukan promosi. Dengan strategi pemasaran yang tepat, produk Anda akan cepat dikenali konsumen dan berpotensi memiliki banyak pelanggan setelahnya.

Bagi Anda yang baru saja mulai, berikut adalah beberapa cara memasarkan usaha makanan yang baru buka.

Manfaatkan akun sosial media

Social Media

Social Media

Melakukan promosi tak selalu harus berbayar, Anda bisa memanfaatkan akun sosial media Anda untuk melakukan pemasaran. Dengan begitu, orang-orang yang berteman dan terhubung dengan Anda akan tahu bahwa saat ini Anda sedang merintis usaha makanan.

Anda juga bisa meminta bantuan pada kerabat atau sahabat Anda untuk ikut melakukan promosi melalui akun sosial media mereka. Dengan begitu makin banyak orang yang bisa dijangkau.

Endorse influencer jika ada dana lebih

Salah satu cara memasarkan usaha makanan yang baru buka terutama jika Anda punya cukup banyak modal adalah dengan melakukan endorse produk melalui influencer atau selebgram. Cara ini biasanya cukup ampuh untuk meningkatkan awareness produk makanan Anda di kalangan masyarakat luas.

Tips untuk memilih influencer sebelum melakukan endorse, pastikan bahwa orang yang Anda pilih punya reputasi yang baik dan positif di dunia maya ataupun nyata. Pastikan juga bahwa influencer atau selebgram yang akan Anda pilih punya pengaruh yang besar bagi para pengikutnya. Melihat seberapa banyak dan tinggi trafik di sosial media mereka juga jadi pertimbangan tersendiri.

Sesuaikan juga dengan budget yang Anda miliki, sebab ada banyak influencer yang tariff endorsenya sangat mahal.

Daftarkan usaha makanan ke GoFood

Cara memasarkan usaha makanan yang baru buka selanjutnya adalah dengan mendaftarkan usaha Anda menjadi partner GoFood. Melalui platform ini usaha makanan Anda akan lebih mudah dikenali oleh orang-orang yang berada di sekitar lingkungan tempat usaha Anda dijalankan.

Melalui menu Near Me, New This Week dan Promo, orang-orang mungkin akan melihat toko Anda dan tertarik untuk mencobanya.

Kelebihan yang Anda dapatkan ketika mendaftar menjadi partner GoFood adalah, selain untuk memperluas pasar juga bisa untuk promosi gratis.

Ikuti acara atau pameran besar

Anda juga bisa melakukan promosi usaha makanan Anda dengan cara mengikuti acara atau pameran besar yang diselenggarakan oleh pemerintah atau pihak swasta. Biasanya dalam acara bazar atau pameran akan ada begitu banyak orang yang datang.

Berikan beberapa promo menarik agar bisa meningkatkan minat pengunjung. Pastikan juga bahwa Anda memilih acara yang benar-benar sesuai dengan target pasar usaha Anda.

Gunakan selebaran

Dimasa serna digital seperti saat ini, promosi menggunakan selebaran mungkin sudah tidak begitu relevan. Akan tetapi, beberapa kalangan masyarakat kita juga masih mengandalkan metode ini untuk promosi usaha yang baru dibuka.

Anda juga bisa mencoba cara memasarkan usaha makanan yang baru buka tersebut. Dengan catatan, tidak menggunakan metode ini sebagai cara utama. Pastikan juga pembagian selebaran ini tepat sasaran agar tak banyak yang terbuang dan mubazir.

Jalin kerja sama

Anda mungkin membutuhkan bantuan dari pihak kedua jika ingin memasarkan produk usaha makanan Anda secara lebih luas. Anda bisa menjalin kerja sama dengan pihak pemerintahan, misalnya melalui Dinas UMKM atau Dinas Pariwisata.

Anda juga bisa menjalin kerja sama dengan ahli marketing, atau perusahaan besar untuk meningkatkan awareness produk Anda di masyarakat.

Buat program untuk konsumen loyal

Untuk membangun hubungan yang baik dengan para konsumen yang sudah loyal pada produk makanan Anda, buatlah beberapa program yang menarik untuk mereka. Misalnya Anda menjual makanan cepat saji, Anda bisa memberikan stiker khusus setiap pembelian. Bagi konsumen yang sudah melakukan transaksi 10 kali, stiker yang didapat bisa ditukarkan dengan produk gratis.

Intinya, konsumen akan semakin loyal jika ada nilai plus yang Anda tawarkan dan membawa keuntungan bagi mereka.

Baca juga : Intip Peluang Usaha Makanan Khas Daerah Paling Potensial

Konsisten menjaga kualitas

Penting bagi Anda untuk konsisten dalam menjaga mutu dan kualitas makanan yang Anda produksi. Tanpa ini, semua cara memasarkan usaha makanan yang baru buka yang sudah Anda lakukan mungkin akan jadi sia-sia.

Konsumen akan cenderung setia pada produk Anda jika sejak awal mereka cocok dan senang pada produk Anda. Tapi ketika kualitas rasa berubah, mereka mungkin akan beralih pada pesaing Anda.

Buat jadi lebih elegan

Saat ini banyak konsumen yang lebih menyukai produk-produk yang terlihat bersih dan elegan, termasuk produk makanan. Kebiasaan orang-orang yang suka memotret makanan untuk dijadikan konten sosial media adalah salah satu faktor penyebabnya.

Jika Anda bisa membuat sebuah kemasan yang fotogenik dan elegan, produk Anda berpeluang besar lebih mudah dikenali oleh para calon konsumen.

Mengembangkan usaha makanan di masa sekarang memang cukup menantang. Anda harus jeli dan pintar dalam memilih strategi pemasaran, karena jika tidak tentu saja usaha Anda akan kalah saing dengan lainnya. Beberapa cara memasarkan usaha makanan yang baru buka di atas mungkin bisa jadi ide promosi untuk Anda jalankan.

 

 

9 Trik Jitu Cara Memasarkan Usaha Makanan yang Baru Buka | Malik | 4.5