6 Teknik Pertanian Modern Terbaru untuk Hasil Panen Maksimal Biaya Minimal

Teknik pertanian modern terbaru – Untuk bisa meningkatkan hasil dan mutu pertanian saat ini petani banyak yang menerapkan teknologi pertanian. Sayangnya saat ini banyak milenial yang enggan untuk menggeluti bisnis pertanian. Alasannya adalah banyak yang menganggap jika bisnis dalam pertanian ini ribet dan sulit. Selain itu angka keberhasilannya sedikit, jika untung pun hasilnya tidak akan sepadan dengan tenaga dan biaya yang dikeluarkan.

Yang menentukan kesuksesan dalam bisnis pertanian adalah alat yang digunakan, semakin canggih akan semakin bagus. Seiring dengan perkembangan teknologi tersebut muncul sistem dan teknologi terbaru dalam bidang pertanian yang bisa Anda maupun petani manfaatkan. Alat dan teknik tersebut mampu membuat bisnis pertanian berjalan dengan lancar dan sukses. Berikut ini adalah teknik pertanian modern terbaru yang bisa Anda pilih dan lakukan:

Traktor

Traktor

Teknik pertanian modern terbaru yang bisa Anda lakukan pertama adalah menggunakan traktor untuk membuat pekerjaan lebih mudah. Traktor ini artinya adalah motor yang menarik atau mendorong. Mesin ini sendiri memiliki fungsi yang beragam seperti membajak, untuk membuat bedengan, menanam, penyiangan, pemberian pestisida sampai dengan memanen.

Salah satu bagian dari mekanisasi pertanian dengan alat atau teknologi ini adalah membuat Anda bisa mengerjakan pekerjaan lebih hemat waktu, biaya, dan juga tenaga. Alat ini juga bisa membantu Anda dalam meningkatkan hasil pertanian.

Bisa dibayangkan jika Anda memiliki lahan berpuluh hektar dan dikerjakan dengan tenaga manusia. Berapa banyak waktu dan biaya yang Anda keluarkan untuk pertanian Anda tersebut. Dari jenis rodanya traktor ini dibedakan menjadi dua yaitu tipe roda dan rantai. Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan Anda.

Drone

Drone pertanian

Drone pertanian

Drone ini tidak hanya digunakan untuk pemetaan saja namun juga sangat bermanfaat untuk bisnis pertanian Anda. Anda bisa menjadikan teknologi ini untuk sebar benih, penyiraman, dan juga sebar pupuk atau granule. Jika area pertanian Anda luas maka teknologi drone ini sangat menghemat waktu dan tenaga Anda. Anda bisa mudah mengontrol laju drone ini melalui remote control. Keuntungannya adalah Anda akan bisa melakukan pekerjaan Anda secara merata seperti penyiraman yang bisa lebih merata ke semua areal tanam sehingga tanaman bisa tumbuh subur dengan baik.

Pengolah Tanah Otomatis

Teknik pertanian modern terbaru yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah mengolah tanah otomatis.  Semakin luas tanah pertaniannya maka semakin lama proses pengolahan tanah tersebut. Untungnya saat ini sudah ada teknik pengolah tanah modern dimana menggunakan bantuan alat atau mesin.

Pengolahan tanah ini sangat penting karena tanah adalah syarat tumbuh bagi tanaman. Secara umum pengolahan ini terbagi menjadi dua fase. Fase pertama adalah membolak balikkan tanah sehingga membuat strukturnya jauh lebih halus dan lembut. Sedangkan kedua adalah mengaduk pupuk dasaran, merapikan bedengan sampai bedengan tersebut siap ditanami.

Agar lebih praktis bisa menggunakan alat sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa menggunakan alat berukuran kecil dan juga yang berukuran besar. Jika tanah Anda luas maka Anda bisa memilih yang ukurannya besar. Alat pengolah tanah yang bisa Anda pilih seperti rotavator, cultivator dan bajak.

Penanam Bibit

Teknik pertanian modern terbaru yang bisa dilakukan selanjutnya adalah penanam bibit modern. Mungkin Anda tidak pernah membayangkan jika ada mesin yang bisa digunakan untuk menanam bibit. Nyatanya hal tersebut benar-benar terjadi. Saat ini sudah ada mesin transplanter yang bisa digunakan untuk menanam bibit otomatis

Anda bisa menggunakan mesin ini untuk menanam padi. Meski luasnya berhektar-hektar pekerjaan menanam bisa selesai dengan mudah. Menurut beberapa sumber, mesin penanam padi ini bisa mampu menanam di lahan satu hektar hanya dalam waktu 3 jam saja. Sangat berbeda jika menggunakan cara tanam konvensional. Selain waktunya lebih lama, hal ini juga bisa membuat biaya yang Anda keluarkan jauh lebih mahal.

Sistem Irigasi

Irigasi saat ini juga bisa dilakukan dengan lebih cepat dan modern. Jika dulu irigasi dilakukan dalam waktu lama maka saat ini irigasi ini bisa dilakukan dengan cara yang lebih cepat. Ada dua sistem irigasi modern yang bisa Anda lakukan dimana yang pertama adalah irigasi tetes. Irigasi ini akan digunakan oleh petani dalam negeri dan juga petani di dalam negeri.

Sistem irigasi tetes ini terbukti mampu memberikan kemudahan bagi petani dan bisa mengaktifkan penggunaan air sehingga air yang digunakan jauh lebih hemat. Memberikan air sedikit demi sedikit dan pelan-pelan ini juga mampu menjaga tingkat kesegaran tanaman. Air yang berupa tetesan ini bisa langsung terkena di akar tanaman. Hal itu akan mencegah air menguap. Yang lebih hebat dan modern adalah bisa dioperasikan dengan pemupukan sehingga jauh lebih efisien.

Baca juga : Ciptakan Keamanan Pangan dengan Teknik Pertanian Hortikultura

Selanjutnya irigasi air curah. Pada umumnya digunakan untuk komoditas wortel, kentang, kol di lereng pegunungan. Teknik irigasi air curah banyak digunakan karena dianggap bisa mengoptimalkan penggunaan air. Memang untuk biaya alat dan juga instalasinya ini cukup mahal namun akan terbayar dengan hasil sebaran air secara merata. Selain itu bisa mengurangi tingkat erosi lahan karena bisa di otomatisasi tekanan dan juga waktunya. Dengan hal ini akan lebih hemat waktu dan tenaga terutama untuk areal yang lebih luas.

Panen Otomatis

Teknik yang terakhir adalah panen otomatis. Jika dulunya panen ini menggunakan tenaga manusia saat ini banyak dilakukan dengan mesin. Mesin panen ini sangat canggih karena bisa memotong, menampung atau merontokkan. Dengan mesin ini proses panen bisa dilakukan lebih cepat dan lebih  murah selain itu hasil gabah yang jauh lebih bersih

Tujuan menerapkan teknik pertanian modern terbaru adalah meningkatkan produktivitas hasil pertanian, berinovasi dengan konsep yang ada dan yang terakhir adalah menciptakan modernisasi di sektor pertanian di Indonesia agar tidak tertinggal dengan bangsa lain, sehingga bisa disimpulkan bahwa saat ini bisnis dalam bidang pertanian ini sangat prospektif sekali untuk dijalani.

6 Teknik Pertanian Modern Terbaru untuk Hasil Panen Maksimal Biaya Minimal | Malik | 4.5