7 Rekomendasi Tools SEO YouTube Terbaik Berbayar dan Gratisan

Tools SEO YouTube terbaik – Pembuatan konten semakin marak. Banyak konten kreator yang berlomba-lomba menarik viewers dan mendapatkan peringkat tertinggi di pencarian. Persaingan yang ketat membuat konten kreator harus tahu bagaimana mengimplementasikan SEO yang baik di YouTube Anda.

Jika Anda kesulitan untuk melakukannya jangan khawatir karena ada beberapa tools yang bisa membantu optimasi SEO YouTube Anda. Tools ini akan membantu performa konten menjadi optimal. Simak beberapa tools SEO YouTube terbaik yang bisa Anda gunakan berikut ini:

Google Trend

Tools SEO YouTube terbaik di peringkat pertama ada Google Trend. Tool ini dibuat oleh Google dan bisa Anda akses secara gratis untuk melakukan riset terkait dengan tren  topik yang sedang banyak dicari sebelum pembuatan konten. Jika Anda memanfaatkan tool ini selain mengetahui topik yang banyak diperbincangkan, tool ini juga bisa membantu Anda memberikan gambaran topik mana yang jauh lebih baik.

Cara penggunaannya hanya tinggal mengetik topik yang ingin Anda cari kemudian melakukan penelusuran YouTube. Anda bisa mempersempit pencarian pada bagian kolom wilayah dan juga waktu.

YouTube Analytic

Posisi kedua ada YouTube Analytic.  Alat ini sangat efektif untuk bisa mengetahui kekuatan dan kelemahan dari saluran YouTube Anda. Dengan menggunakan tool ini Anda bisa mengetahui seberapa banyak audiens dan jua berapa banyak audiens lama yang kembali ke  channel Anda.

Tool ini mampu melihat durasi tontonan, video yang paling banyak ditonton, jumlah subscriber, jumlah views, audiens yang membagikan video dan masih banyak lagi lainnya. Hal penting  yang perlu untuk Anda tahu adalah semakin lama durasi tontonan channel Anda tersebut maka akan semakin bagus di YouTube Analytics ini. Anda tidak perlu ragu saat menggunakannya karena tool ini bisa Anda dapatkan secara gratis.

Serpstat

Merupakan tools SEO YouTube terbaik yang berasal dari Swiss. Fungsinya pun sama dengan Google Trend dimana mampu memeriksa volume keyword namun tools ini terbilang lebih lengkap.

Tool ini menyediakan berbagai fitur mulai dari analisis backlink, research keyword, audit situs, analisis kompetitor dan juga track rank. Anda bisa menemukan kata kunci yang relevan dengan konten video YouTube Anda. Niche potensial akan Anda dapatkan di sini.

VidIQ

Tool vidIQ menyediakan berbagai macam fitur menarik dan mampu membantu Anda dalam mengoptimasi SEO YouTube.  Tool akan berkonsentrasi pada wawasan audiens Anda dimana membantu Anda mengetahui keterlibatan audiens, view per jam, durasi tampilan, memberi tahu berapa besar kemungkinan video Anda masuk ke bagian video yang disarankan.

Karena tool ini sangat canggih sifatnya premium alias berbayar. Tool ini dibanderol dengan biaya mulai dari $ 7,50 untuk sebulan sedangkan untuk profesional biaya yang harus Anda tanggung ini lebih mahal lagi.

TubeBuddy

Sama dengan tool sebelumnya bahwa tool ini merupakan ekstensi dari Chrome. TubeBuddy ini bisa Anda gunakan untuk mengecek SEO Video dan juga data penelitian yang perlu dilakukan. Ada berbagai macam fitur yang bisa Anda dapatkan di TubeBuddy ini yaitu tools suggested tag, tag explorer, dan juga membandingkan thumbnail yang menarik,  generator GIF animasi, export dan backup ke Facebook, dan masih banyak lagi lainnya.

Saat Anda melakukan pencarian kecil di tag explorer, Anda bisa diberikan banyak tag kata yang potensial. Anda akan diberikan pilihan untuk bisa menyalin tag yang digunakan oleh kompetitor Anda. Jika Anda telah membuat daftar kata kunci dengan menggunakan tag explorer dan juga mengidentifikasi kata kunci yang bisa Anda gunakan dalam menentukan peringkat video, tools ini yang akan mengerjakan sisanya.

Karena memang sangat efektif untuk memaksimalkan SEO YouTube maka tool tidak bisa didapatkan secara gratisan. Untuk berlangganan paket premium Anda bisa mengeluarkan biaya mulai dari $9 sampai dengan $39 per bulan dan tergantung dengan kebutuhan Anda.

Lab Tubular

Tools SEO YouTube terbaik yang bisa Anda pilih selanjutnya adalah Lab Tubular.  Tool ini akan membantu Anda untuk melihat saluran YouTube Anda sendiri dan bisa menemukan video terbaik yang pengunjung tonton. Tools ini juga akan memudahkan Anda untuk berkomunikasi dengan pemirsa Anda.

Anda bisa melihat saluran yang ada di sekitar mereka sehingga Anda tahu apa yang sebenarnya mereka minati. Dengan begitu bisa membangun hubungan yang sehat dengan mereka sehingga interaksi jangka panjang bisa tercipta.

Baca juga : 18+ Contoh Bisnis Minim Pesaing Laba Maksimal

Morning Fame

Merupakan alat SEO YouTube khusus undangan yang mana fokusnya di analisis dan penelitian keyword. Kinerja dari tools ini berbeda dengan vidIQ dan TubeBuddy dimana dengan tools ini Anda bisa melakukan riset keyword dengan empat langkah. Saat Anda akan membuat video baru tool ini akan membantu Anda dalam mencari dan memilihkan topik yang tepat untuk video Anda.

Untuk bisa mendapatkan hasil terbaik tentu saja Anda harus memilih tool yang berbayar. Namun jika Anda seorang pemula tidak ada salahnya menggunakan tools SEO YouTube terbaik gratis dimana dari tool ini Anda nantinya bisa belajar bagaimana caranya menggunakan tool premium dan berbayar sehingga ilmu semakin bertambah begitu pula dengan pengalaman Anda.

7 Rekomendasi Tools SEO YouTube Terbaik Berbayar dan Gratisan | Malik | 4.5